x

Piala Thomas 2022: Hati-hati Indonesia, Ada Peran Sosok Menakutkan ini yang Bawa India ke Final

Minggu, 15 Mei 2022 09:27 WIB
Penulis: Miranti | Editor: Prio Hari Kristanto
Indonesia wajib berhati-hati karena ada peran sosok legenda bulutangkis Denmark, Mathias Boe, yang turut antarkan India melesat ke final Piala Thomas 2022.

INDOSPORT.COM – Indonesia wajib berhati-hati karena ada peran sosok legenda bulutangkis Denmark, Mathias Boe, yang turut antarkan India melesat ke final Piala Thomas 2022.

Diketahui, Mathias Boe adalah salah satu mantan penggawa ganda putra bulutangkis Denmark sekaligus eks rival Kevin Sanjaya/Marcus Gideon. Dia  memutuskan pensiun pada April 2020 lalu.

Baca Juga

Pascapensiun, Mathias Boe menjajal karier kepelatihan pada Januari 2021 dengan bergabung sebagai pelatih ganda putra di pelatnas Asosiasi Bulutangkis India (BAI).

Kemudian, usia gagal mengantarkan Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty meraih medali Olimpiade Tokyo 2020, Mathias Boe mundur dari jajaran kepelatihan India.

Kini, pada April 2022, usai setahun lebih dari pengunduran dirinya, Mathias Boe kembali dipinang oleh BAI untuk menjadi pelatih di pelatnas bulutangkis India menggantikan Flandy Limpele.

Baca Juga

Kehadiran Mathias Boe dalam jajaran kepelatihan India, nampaknya membawa angin segar ketika timnya sukses menciptakan kejutan demi kejutan di hajatan kejuaraan beregu putra Piala Thomas 2022.

Usai menumbangkan tim kuat Malaysia di perempat final, giliran Denmark yang tumbang 3-2 dari tangan India di babak semifinal Piala Thomas yang berlangsung Jumat (13/05/22).

Hasil itu mencatatkan sejarah bagi India yang baru pertama kalinya melesat ke final di kejuaraan beregu putra Piala Thomas 2022.

Baca Juga

India akan ditantang oleh juara bertahan Indonesia di partai final yang akan berlangsung pada Minggu (15/05/22) di Impact Arena, Bangkok, Thailand.

Indonesia sendiri mencatatkan diri sebagai negara tersukses dengan 14 gelar juara di hajatan Piala Thomas. Meski demikian, kehadiran Mathias Boe rasanya cukup membuat Indonesia ketar-ketir.


1. Peran Penting Mathias Boe bagi India

Peran penting legenda bulutangkis Denmark, Mathias Boe, melatih tim nasional India.

Ya, meski tim putra Indonesia unggul secara materi pemain dan catatan sejarah, namun saat ini India sedang memenangkan momen untuk menciptakan sejarah di Piala Thomas 2022.

Lagipula, para pebulutangkis India tampil tanpa beban dengan kekompakan yang akhirnya membuat pelatih baru mereka, Mathias Boe, memberikan apresiasi secara khusus.

Baca Juga

Terlebih saat di semifinal Piala Thomas 2022 kemarin, Mathias Boe harus bersikap professional saat timnya melawan negaranya, Denmark.

“Kemarin (di semifinal Piala Thomas 2022), sangat spesial bagi saya bermain menantang mantan rekan, teman, pelatih, dan negara saya. Mereka melantunkan Yudas pada saya.”

“Saya membalas mereka dengan memenangkan pertandingan. Saya benar-benar berharap orang-orang kembali ke rumah (Denmark), dan memahami tentang pencapaian ini,” tulis Mathias Boe di instagram.

Baca Juga

Jadi menjelang partai final Piala Thomas 2022 menghadapi Indonesia, kini tim putra India tengah dalam kepercayaan diri untuk meraih juara.

Terlebih sudah ada Mathias Boe yang memang secara khusus didatangkan ke India demi merebut trofi kejuaraan bergengsi, termasuk Piala Thomas 2022. Bahkan dikabarkan, India menggelontorkan dana fantastis demi Mathias Boe. 

Melansir laman Mykhel, Target Olympic Podium Scheme (TOPS) atau program dari Kementerian dan Pemuda India bahkan menyetujui tunjangan untuk Mathias Boe 7 lakh (sekitar Rp131,98 juta) per bulan.

Baca Juga

“Dia (Mathias Boe) sangat baik dalam menganalisis permainan dan memberi tahu kami dengan tepat bagaimana memperbaiki kesalahan, “ puji pebulutangkis ganda putra India, Satwiksairaj Rankireddy.

“Harapannya, (Mathias Boe) akan membantu kami di BAC dan Piala Thomas 2022,” pungkas ucap Satwiksairaj Rankireddy.


2. Pemain India buat Denmark Frustrasi

Selain Mathias Boe, sosok Srikanth Kidambi juga layak diwaspadai Indonesia jelang final Piala Thomas 2022.

Selain Mathias Boe, sosok Srikanth Kidambi juga layak diwaspadai Indonesia jelang final Piala Thomas 2022. Konsistensinya di ajang ini sangat membuat frustrasi beberapa lawannya.

Pebulutangkis Denmark ranking tiga dunia, Anders Antonsen, bahkan sangat dibuat frustrasi oleh Srikanth Kidambi saat mereka bersua di babak semifinal Piala Thomas 2022, Jumat (13/5/22).

Momen frustrasi Anders Antonsen berawal saat dia harus menelan kekalahan 18-21 di game pertama atas Srikanth Kidambi.

Tampil  di bawah tekanan, membuat Anders Antonsen bangkit di game kedua. Sayangnya, inkonsistensi Anders Antonsen lagi-lagi menjadi boomerang bagi tunggal Denmark itu.

Pada game ketiga saat kedudukan 18-21, 21-12, 14-21, Anders Antonsen sampai melempar raket saking frustasinya karena pengembalian bolanya menyangkut net.

Baca selengkapnya: Detik-detik Anders Antonsen Mendadak Buang Raket di Semifinal Piala Thomas vs India

Piala ThomasIndiaMathias BoeBulutangkisBerita BulutangkisTim Bulutangkis Indonesia

Berita Terkini