x

Lama Tak Juara, Novak Djokovic Langsung Cetak Sejarah Lewat Italian Open

Senin, 16 Mei 2022 17:19 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Novak Djokovic baru saja memenangkan Italian Open 2022 di Roma. Foto: Julian Finney/Getty Images.

INDOSPORT.COM - Novak Djokovic kembali menggebrak turnamen tenis setelah lama tidak terdengar kabarnya. Kini, ia tampil sebagai juara Italian Open di Roma.

Petenis asal Serbia tersebut tampil di partai final menghadapi Stefanos Tsitsipas dan memenangkan duel tersebut dengan skor 6-0, 7-6(5).

Baca Juga

Hebatnya lagi, Novak Djokovic bahkan tidak kehilangan satu set pun selama perjalanannya di ajang  Internazionali BNL d’Italia ini.

Selepas pertandingan, ia pun tidak bisa menutupi rasa kebahagiaannya. Apalagi, setelah sekian lama tidak mencicip gelar juara di turnamen besar.

“Tidak ada yang lebih baik dari ini. Saya memainkan set sempurna hari ini, bahkan tidak kehilangan satu pun sepanjang turnamen,” ucapnya seperti dikutip dari laman resmi ATP.

Baca Juga

“Saya selalu memercayai prosesnya ketika mulai berlatih di lapangan tanah liat,” ucap peraih 20 gelar Grand Slam tersebut.

Kemenangan Novak Djokovic di Roma merupakan ajang comeback yang menggembirakan setelah ia kalah dari Alejandro Davidovich Fokina di Monte Carlo Masters beberapa waktu lalu.

Sempat sedikit terseok-seok saat memasuki musim turnamen tanah liat, Novak Djokovic mengaku kondisinya mulai membaik setelah bermain di Madrid Open.

Baca Juga

“Saya pikir, secara fisik saya benar-benar merasa sangat baik sejak Madrid [Opn] dan seterusnya,” ujarnya.

“Saya merasa, masalah fisik yang saya hadapi di Monte Carlo dan Serbia sudah berlalu,” tambahnya lagi.


1. Versus Para Petenis Big 3

Novak Djokovic baru saja memenangkan Italian Open 2022 di Roma. Foto: Julian Finney/Getty Images.

Dengan kemenangan di Internazionali BNL d’Italia ini, Novak Djokovic makin mengukuhkan namanya sebagai salah satu petenis top papan atas dunia.

Salah satunya, mengungguli Rafael Nadal dan Roger Federer untuk total raihan gelar Grand Slam, ATP Masters 1000, dan ATP Finals atau medali emas Olimpiade.

Baca Juga

Menurut informasi yang dimuat di laman ATP, Novak Djokovic saat ini telah mengantongi 63 gelar yang disebut dengan istilah Big Title itu dengan rincian 20 Grand Slam, 38 ATP Masters 1000, dan 5 ATP Finals.

Roger Federer memiliki 20 Grand Slam, 6 ATP Finals, dan 28 ATP Masters 1000 - total 54 gelar. Sementara itu, Rafael Nadal telah meraih 21 Grand Slam, 1 medali emas Olimpiade, dan 36 ATP Masters 1000 - total 58 gelar.

Selain itu, melaju sampai final Internazionali BNL d’Italia alias Italian Open 2022 juga menjadikan Novak Djokovic pemain kelima sepanjang sejarah Open Era yang berhasil mencatatkan 1000 kemenangan dalam kariernya.

Baca Juga

Angka impresif tersebut ia capai setelah mengalahkan Casper Ruud di semifinal dan memastikan tiket ke partai puncak.

Lalu, Italian Open 2022 juga menjadi kemenangan keenamnya di turnamen yang digelar di kota Roma ini.

Gelar yang pertama, ia raih pada tahun 2008, kemudian dilanjut pada 2011, 2014, 2015, 2020, dan sekarang 2022.

Baca Juga

Meski dari raihan trofi ia masih kalah dari Rafael Nadal sang Raja Tanah Liat, yang sudah 10 kali juara Italian Open, Novak Djokovic tetap mencatat sejarah sebagai salah satu pemain yang paling banyak tampil di final.

Ia dan Rafael Nadal sudah sama-sama melangkahkan kaki di partai puncak turnamen ini sebanyak 12 kali.


2. Juara Tertua dan Tatap French Open

Novak Djokovic kini menatap French Open setelah jadi juara di Italia. Foto: Daniel Pockett/Getty Images.

Selain prestasi, Novak Djokovic juga mencatatkan namanya di catatan sejarah sebagai petenis tertua yang menjadi juara di Roma.

Seperti diwartakan Sportsnaut, usianya ketika menang di final kemarin adalah 34 tahun 11 bulan 23 hari.

Baca Juga

Tatap French Open

Usai kemenangan di Italian Open 2022, Novak Djokovic pun menatap gelaran French Open dengan penuh optimisme.

Semangatnya tentu akan menggebu-gebu lantaran harus mempertahankan gelar juara yang ia raih di edisi sebelumnya, 2021.

Keberhasilan di Italian Open pun menjadi bekal yang apik baginya untuk berlaga di French Open yang berlabel turnamen Grand Slam.

Baca Juga

“Tidak ada yang lebih baik dari ini, menuju Roland-Garros dengan menggenggam gelar di tangan,” katanya seperti dikutip dari laman ESPN.

Turnamen Grand Slam French Open 2022 dijadwalkan bergulir pada 22 Mei hingga 5 Juni mendatang. Sejauh ini, Rafael Nadal masih yang terbaik di ajang ini dengan raihan 13 gelarnya.

Sementara itu, Novak Djokovic yang bersatatus kampiun tahun lalu baru menang dua kali sepanjang sejarah kariernya di dunia tenis.

Baca Juga

Dua gelar tersebut, selain 2021 di mana ia menekuk Stefanos Tsitsipas di final, juga diraih pada 2016 lalu. Ketika itu, Novak Djokovic menekuk salah satu petenis ternama dunia, Andy Murray.

Apakah Novak Djokovic akan kembali merengkuk kesuksesan lagi di French Open? Apalagi, sang Raja Tanah Liat Rafael Nadal saat ini kembali dirundung masalah kebugaran.

Grand SlamNovak DjokovicTenisBerita Tenis

Berita Terkini