x

Hasil Thailand Open: Shesar Rhustavito Gagal Comeback atas Lee Zii Jia, Indonesia Absen di Semifinal

Jumat, 20 Mei 2022 19:09 WIB
Penulis: Izzuddin Faruqi Adi Pratama | Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
Indonesia gagal mengirim wakil di semifinal nomor tunggal putra Thailand Open 2022, seusai kekalahan yang dilami Shesar Hiren Rhustavito dari Lee Zii Jia.

INDOSPORT.COM - Indonesia gagal mengirim wakil di semifinal nomor tunggal putra Thailand Open 2022, seusai kekalahan yang dilami Shesar Hiren Rhustavito dari Lee Zii Jia.

Pada partai perempat final yang digelar pada Jumat (20/05/22) malam WIB, Vito tunduk dari wakil Malaysia lewat pertarungan tiga set dengan skor 21-10, 14-21, dan 21-16.

Baca Juga

Beban yang ditanggung oleh Vito memang berat karena ia adalah satu-satunya wakil Indonesia yang tersisa di tunggal putra Thailand Open kali ini.

Tommy Sugiarto sudah tumbang lebih dulu sejak putaran kedua. Ditambah lagi dua unggulan utama, Anthony Sinisuka Ginting dan Jonatan Christie, juga mengundurkan diri.

Baca Juga

Zii Jia sendiri bukan lawan yang mudah untuk Vito karena atlet nomor enam dunia tersebut sebelum ini total sudah mengalahkannya di tiga kesempatan berbeda dari total tujuh kali berhadapan.

Set pertama benar-benar menjadi milik Lee Zii Jia dan bahkan Shesar Hiren Rhustavito sampai sempat tertinggal 14-3.

Baca Juga

Setelah itu distribusi skor menjadi lebih merata namun pada akhirnya Vito tetap tunduk dengan skor yang cukup jauh 21-10.

Barulah di set kedua Vito menunjukkan kemampuannya yang asli dan bahkan sempat membuat Zii Jia kerepotan setengah mati.


1. Gim Kedua dan Ketiga

Pebulutangkis tunggal putra Indonesia, Shesar Hiren Rhustavito. Foto: PBSI

Sejak permulaan gim kedua, Lee Zii Jia dan Shesar Hiren Rhustavito sudah saling berbalas pukulan keras dan jelang interval keduanya sempat sama kuat 10-10.

Akan tetapi, kemudian pada akhirnya andalan negeri jiran yang lagi-lagi memasuki rehat dengan keunggulan di tangan.

Baca Juga

Setelah itu Zii Jia bisa unggul 13-10 namun justru disalip Vito 13-17. Gim kedua kemudian dikunci Vito dengan skor 14-21.

Seolah kian panas, Vito kemudian tancap gas dalam-dalam di gim pamungkas. 2-7 sang atlet 28 tahun memimpin di awal set dan kemudian masuk interval dengan posisi kokoh 4-11.

Baca Juga

Vito masih sempat dominan bahkan hingga papan skor menunjukkan angka 10-15 namun setelah itu ia mulai goyah dan Zii Jia memanfaatkan momen dengan baik. 

Tujuh poin beruntun bisa dikantongi Zii Jia dan Vito hanya diberi kesempatan sekali untuk menambah angka.

Baca Juga

Pada akhirnya set ketiga ditutup dengan kedudukan 21-16 untuk kemenangan Lee Zii Jia atas Shesar Hiren Rhustavito.

Lagi-lagi nomor tunggal putra harus mengecewakan bulutangkis Indonesia lagi layaknya tunggal putri di Thailand Open 2022.


2. Fajar/Rian Bertahan di Thailand Open

Pasangan ganda putra Indonesia, Fajar Alfian dan Muhammad Rian Ardianto. Foto: PBSI

Berikut adalah hasil pertandingan Thailand Open 2022, antara Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto vs Keiichiro Matsui/Yoshinori Takeuchi, Jumat (20/5/22).

Bermain di Impact Arena, Bangkok, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto bisa mengandaskan Keiichiro Matsui/Yoshinori Takeuchi dengan skor 21-14, 19-21, 21-4.

Hasil ini memastikan wakil ganda putra Indonesia itu melaju ke babak semifinal Thailand Open 2022. Laga ini sebetulnya tidak mudah, Matsui/Takeuchi adalah pemain agresif yang telah memulangkan Wahyu Nayaka Arya Pangkaryanira/Ade Yusuf Santoso, Kamis kemarin.

Pertarungan Fajar/Rian sudah sengit sejak menit awal. Sempat bermain imbang 2-2, lalu tiga kesalahan beruntun dari Matsui/Takeuchi membuat Indonesia unggul 5-2.

Selanjutnya, laga berjalan mudah bagi Fajar/Rian yang sudah menemukan formula paling efektif untuk menumbangkan Matsui/Takeuchi. Mereka semakin unggul 8-5.

Baca selengkapnya: Hasil Thailand Open 2022: Libas Ganda Jepang dengan Skor 21-4, Fajar/Rian ke Semifinal

Shesar Hiren RhustavitoLee Zii JiaThailand OpenThailand Open 2022

Berita Terkini