x

Catatan Ganda Putra Indonesia di 2022: 4 Pasangan Sudah Juara, Kevin/Marcus dan Ahsan/Hendra Nihil

Minggu, 22 Mei 2022 23:44 WIB
Editor: Yosef Bayu Anangga
Raihan medali emas Leo/Daniel di SEA Games 2021 memastikan 4 ganda putra Indonesia berbagi gelar di 2022. Menariknya, Kevin/Marcus dan Ahsan/Hendra masih nihil.

INDOSPORT.COM – Raihan medali emas Leo/Daniel di SEA Games 2021 memastikan 4 ganda putra Indonesia berbagi gelar di 2022. Menariknya, Kevin/Marcus dan Ahsan/Hendra masih nihil.

Cabang bulutangkis SEA Games 2021 di Hanoi, Vietnam, baru saja merampungkan final di nomor perorangan pada Minggu (22/05/22).

Baca Juga

Tim bulutangkis Indonesia sukses mengumpulkan 2 medali emas yakni di ganda putri dan ganda putra.

Di ganda putri, pasangan Apriyani Rahayu/Siti Fadia mengalahkan unggulan kedua asal Thailand, Benyapa Aimsaard/Nuntakarn Aimsaard.

Apriyani/Fadia yang baru menjalani debut sebagai pasangan anyar sukses meraih emas usai memenangi duel dengan 21-17 21-14.

Baca Juga

Sementara itu, di ganda putra, medali emas sejatinya sudah diamankan seiring terjadinya All Indonesian Final.

Namun, akhirnya medali emas itu menjadi milik Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin yang mengalahkan Pramudya Kusumawardana/Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan.

Leo/Daniel yang menjadi unggulan kedua, sukses mengalahkan Pramudya/Yeremia sang unggulan pertama dengan 21-17 21-19 dalam waktu 47 menit.

Baca Juga

Kemenangan Leo/Daniel pun menghadirkan catatan unik di sektor ganda putra bulutangkis Indonesia.

Pasalnya, kini tercatat ada 4 ganda putra Indonesia yang sudah meraih masing-masing satu gelar juara di sepanjang tahun 2022 ini.


1. 4 Gelar dari 4 Pasangan

Ganda Putra Bulutangkis Indonesia, Bagas Maulana/Muhammad Shohibu Fikri dan Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan saat berada di podium juara All England 2022

Torehan gelar ganda putra Indonesia di tahun 2022 ini dibuka oleh pasangan muda Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri.

Berstatus non unggulan, Bagas/Fikri melaju dengan menyingkirkan sejumlah unggulan termasuk Ong Yem Sin/Teo Ee Yi (8) di babak kedua dan Takuro Hoki/Yugo Kobayashi (3) di perempat final.

Baca Juga

Kemudian di partai puncak, Bagas/Fikri mengalahkan seniornya yakni Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan yang menjadi unggulan 2.

Torehan itu kemudian diikuti oleh Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto yang sukses merebut gelar di Swiss Open 2022.

Pada perjalanannya, Fajar/Rian menyingkirkan dua unggulan Malaysia yakni Aaron Chia/Soh Woi Yiik (2) dan Goh Sze Fei/Nur Izzuddin (8) di semifinal dan final.

Baca Juga

Fajar/Rian sejatinya nyaris menambah gelar karena sukses lolos ke final Korea Open dan Thailand Open, tapi kalah di Korea dan mundur di Thailand.

Berikutnya, ada Pramudya Kusumawardana/Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan yang turut merebut gelar juara. Pramudya/Yeremia meraihnya di Badminton Asia Championship 2022.

Baca Juga

Meski berstatus sebagai pemain non unggulan, Pramudya/Yeremia justru berhasil menjadi juara dengan mendepak 4 unggulan. Di babak kedua, mereka mengalahkan unggulan 6 Ong/Teo dan diikuti mengalahkan unggulan 4 Hoki/Kobayashi di perempat final.

Kemudian di semifinal mereka mendepak Fajar/Rian yang berstatus unggulan 4, diikuti menyingkirkan Aaron/Soh yang menjadi unggulan 5.

Gelar terbaru pun kini datang dari Leo/Daniel  yang baru saja merebut emas di SEA Games 2021, mengalahkan Pramudya/Yeremia.


2. Ahsan/Hendra dan Kevin/Marcus Malah Nihil

Ganda putra Indonesia, Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon mengembalikan smash kepada lawan di Indonesia Open 2021

Menariknya, pembagian gelar merata yang dialami ganda putra Indonesia ini justru tak melibatkan dua pasangan terbaik Tanah Air saat ini, Kevin Sanjaya/Marcus Gideon dan Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan.

Sepanjang tahun 2022 ini, prestasi terbaik Kevin/Marcus adalah mencapai semifinal di All England 2022, di mana mereka dikalahkan Bagas/Fikri yang kemudian menjadi juara.

Setelah itu, pasangan ini belum tampil lagi karena Marcus Gideon cedera dan baru akan comeback pada Indonesia Masters bulan depan.

Sementara itu, prestasi terbaik Ahsan/Hendra adalah mencapai final All England 2022 di mana mereka dikalahkan Bagas/Fikri.

Dari sana, The Daddies kemudian tersingkir di babak pertama Swiss Open, dan mencapai semifinal dan perempat final di Korea Open dan Thailand Open.

Baca selengkapnya: 

Fajar Alfian/Muhammad Rian ArdiantoMohammad Ahsan/Hendra SetiawanKevin Sanjaya/Marcus GideonBulutangkisLeo Rolly Carnando/Daniel MarthinBerita BulutangkisPramudya Kusumawardana/Yeremia Erich Yoche RambitanSEA Games 2021Bagas Maulana/Muhammad Shohibul FikriSwiss OpenAll England 2022Badminton Asia Championships 2022

Berita Terkini