x

Usai Salip Anthony Ginting, Lee Zii Jia Diyakini Legenda Malaysia Tembus Ranking 1 Dunia

Kamis, 26 Mei 2022 12:52 WIB
Penulis: Martini | Editor: Nugrahenny Putri Untari
Lee Zii Jia salip Anthony Sinisuka Ginting di ranking BWF. Foto: Adrian DENNIS/AFP/Shi Tang/Getty Images.

INDOSPORT.COM - Usai menyalip Anthony Sinisuka Ginting di peringkat lima tunggal putra dunia, Lee Zii Jia diyakini Lee Chong Wei suatu saat nanti akan tembus ranking satu dunia. 

Sebagaimana diketahui, BWF merilis update ranking terbaru usai Thailand Open 2022. Anthony Sinisuka Ginting yang absen di gelaran tersebut, tidak mendapatkan poin.

Baca Juga

Sementara itu, Lee Zii Jia yang sukses menjadi juara di Thailand Open 2022, akhirnya bisa mengumpulkan banyak poin dan berhasil mengudeta takhta milik Anthony Ginting.

Lee Zii Jia naik ke posisi lima, sedangkan Anthony Ginting turun ke peringkat enam.

Tak pelak, masyarakat Malaysia bersuka cita atas pencapaian ini, khususnya bagi mantan pemilik ranking satu dunia, Lee Chong Wei.

Baca Juga

Sang legenda bulutangkis Malaysia itu yakin Lee Zii Jia suatu saat akan mencapai posisi yang pernah ia dapatkan dulu, menjadi pemain tunggal putra peringkat satu dunia.

"Jika melihat performanya saat ini, baginya masuk tiga besar dunia bukanlah masalah, bahkan peluang menjadi pemain nomor satu dunia juga ada," ucap Lee Chong Wei.

"Saya melihat performanya kian meningkat, permainannya juga semakin matang dan Lee Zii Jia jadi lebih sabar," lanjut Lee Chong Wei, dinukil dari Berita Harian.

Baca Juga

Menurut Lee Chong Wei, salah satu hal yang membuat penampilan Lee Zii Jia kian melejit, yakni ketika ia keluar dari Pelatnas dan memutuskan untuk berjalan mandiri.

"Beberapa turnamen terakhir kita bisa melihat dia sangat antusias. Setelah dia meninggalkan BAM, saya yakin dia tahu apa yang dia inginkan," ungkap Lee Chong Wei.


1. Lee Chong Wei Bicara Target Lolos Olimpiade

Lee Chong Wei beberkan tips agar Lee Zii Jia bisa melangkah ke Olimpiade Paris. Foto: Naomi Baker/Getty Images.

Dengan prestasi Lee Zii Jia menyalip posisi Anthony Sinisuka Ginting dan menembus lima besar tunggal putra terbaik dunia, maka tiket Olimpiade nyaris jadi miliknya.

Namun, legenda bulutangkis Malaysia, Lee Chong Wei, berharap Lee Zii Jia konsisten sampai nanti, tidak hanya saat Anthony Ginting absen bermain karena cedera.

Baca Juga

"Hanya saja, yang terpenting sekarang adalah bagaimana dia mempertahankan performa itu hingga dimulainya babak kualifikasi dan kemudian Olimpiade 2024."

Sekadar informasi, kualifikasi menuju Olimpiade Paris 2024 akan digelar mulai 1 Mei 2023 hingga 28 April 2024 mendatang.

"Saya pikir lolos ke Olimpiade tidak lagi menjadi masalah," kata Lee Chong Wei.

Baca Juga

"Tetapi yang harus dia pikirkan adalah mendapatkan posisi sebagai pemain pilihan. Penting untuk meningkatkan peluangnya meraih medali," lanjutnya.

Sejak memutuskan keluar dari Pelatnas Bulutangkis Malaysia, Lee Zii Jia serius berkarier secara mandiri. Bahkan, ia juga memiliki tim latihan khusus di Dubai.

Baca Juga

Lee Zii Jia menunjuk pelatih asal Indonesia, Indra Wijaya untuk mendampinginya, juga didukung oleh fisioterapi, Sandra Fiedler.

"Dia memiliki tim pendukung yang baik, dan saya yakin mereka akan membantu Zii Jia dalam persiapannya untuk Olimpiade 2024," ucap Lee Chong Wei menutup wawancara.


2. Indra Wijaya, Sosok di Balik Kesuksesan Lee Zii Jia

Ada peran Indra Wijaya di balik kesuksesan Lee Zii Jia. Foto: Naomi Baker/Getty Images.

Indra Wijaya, pelatih yang mendampingi Lee Zii Jia, juga yakin anak asuhnya bisa meraih prestasi lebih tinggi di kancah dunia, setelah kemenangan di Thailand Open 2022 lalu.

"Saya senang melihat kemenangan ini. Dia menunjukkan kedewasaannya saat dihadapi situasi sulit," ungkap Indra via situs The Star.

Indra berharap, Lee Zii Jia tetap tampil konsisten saat berlaga di ajang terdekat, yakni Indonesia Masters, Indonesia Open, dan Malaysia Open 2022 mulai bulan Juni.

"Dia akan bermain di Indonesia Open dan Malaysia Open. Kami akan membiarkannya menikmati permainan," pungkas Indra.

Baca selengkapnya: Alasan Pelatih Asal Indonesia Dampingi Lee Zii Jia di Jalur Independen: Dia Keras Kepala

Lee Chong WeiMalaysiaAnthony Sinisuka GintingOlimpiade 2024Indra WijayaAnthony GintingBulutangkisLee Zii JiaBerita Bulutangkis

Berita Terkini