x

Juara Thailand Open, Pelatih Indonesia Beri Wejangan Berkelas untuk Lee Zii Jia

Senin, 23 Mei 2022 13:40 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Isman Fadil
Lee Zii Jia di podium Thailand Open 2022. Foto: Instagram@badmintonwithu

INDOSPORT.COM – Pelatih bulutangkis asal Indonesia, Indra Wijaya, memberikan wejangan kepada muridnya Lee Zii Jia yang baru saja memenangkan gelar juara Thailan Open 2022.

Lee Zii Jia memenangkan gelar Thailand Open 2022 usai mengalahkan wakil China, Li Shi Feng dalam permainan tiga set 17-21, 21-11, 23-21, di partai final, Minggu (22/05/22) kemarin.

Baca Juga

Menghadapi juara Youth Olimpic Li Shifeng, tunggal putra asal Malaysia itu sempat kehilangan kendali saat kalah di gim pertama 21-17 dalam waktu 21 menit.

Namun, Lee Zii Jia berusaha kembali fokus untuk memenangkan poin-poin awal untuk unggul 11-5 pada interval.

Li Shi Feng sendiri terlihat berusaha mempersempit jarak skor menjadi 8-11, namun Lee Zii Jia tak mengendurkan serangannya untuk memenangkan set kedua 21-11.

Baca Juga

Di set penentuan, Li Shi Feng masih berada di atas angin, Lee Zii Jia justru menunjukkan sikap tidak menyerah dan mulai bangki dari 16-18 untuk mennyamakan skor 19-19.

Pada 19-20, Lee menyelamatkan match-point melalui pertahanan gilanya untuk memaksa deuce.

Pebulutangkis Malaysia itu kemudian mengklaim matchpoint saat Li Shi Feng salah mengira kok yang dipukul Lee Zii Jia ke garis kananannya justru mendarat masuk.

Lee akhirnya berhasil mengaumkan selebrasi kemenangan saat dia berlutut usai memastikan kemenangan 23-21 pada set ketiga.

Baca Juga

Ini merupakan gelar kedua yang diraih Lee Zii Jiia setelah memenangkan gelar juara Asia di ajang Badminton Asia Championships di Manila awal bulan ini.

Lee Zii Jia menjadi orang Malaysia ketiga, setelah Yong Hock Kin (2001) dan Hafiz Hashim (2005), yang memenangkan gelar Thailand Open sejak dimulainya turnamen pada tahun 1984.


1. Wejangan Indra Wijaya untuk Lee Zii Jia

Lee Zii Jia di podium Thailand Open 2022. Foto: Instagram@badmintonwithu

Pebulutangkis peringkat enam dunia itu memang dalam performa yang luar biasa. Dirinya tidak kalah dalam satu pertandingan pun sejak tiba di Bangkok untuk Piala Thomas dua pekan lalu.

Namun, Indra Wijaya selaku pelatih berpesan agar Lee Zii Jia tetap bersikap membumi dan bersiap menempuh perjalanan yang lebih sulit di masa mendatang.

Baca Juga

“Ini tidak pernah menjadi lebih mudah, tetapi sebaliknya ketika Anda ingin menjadi yang terbaik. Lawan-lawan Lee Zii Jia akan lebih sulit untuk dikalahkan,” ujar Indra Wijaya dilansir dari News Strait Times.

“Kuncinya di sini tetaplah rendah hati, bekerja kerjas dan lakukan selangkah demi selangkah. Ingatlah, jadwal turnamen sangat padat, dan tidak mudah untuk tetap berada di puncak dalam waktu lama,” lanjutnya.

Indra Wijaya memaparkan bahwa muridnya tersebut hanya memiliki waktu kurang lebih dua pekan untuk beristirahat dan mempersiapkan turnamen berikutnya.

Baca Juga

Lee Zii Jia dijadwalkan ambil bagian di ajang Indonesia Open yang akan berlangsung 14-19 Juni mendatang.

“Besok kami akan kembali ke Kuala Lumpur, istirahat sejenak sebelum mempersiapkan Indonesia Open (14-19 Juni),” tukas Indra Wijaya.

Lebih lanjut, Indra Wijaya juga mengatakan bahwa kesuksesan Lee Zii Jia sejauh ini tidak bisa lepas dari dukungan tim yang dibentuk sejak sang pebulutangkis hengkang dari BAM.

“Anda hampir tidak mungkin berada dalam kondisi terbaik sepanjang waktu, mengingat jadwal turnamen yang ketat,” sambung Indra Wijaya.

Baca Juga

“Di belakang Zii Jia dan saya, ada tim pekerja keras dan orang-orang yang berdedikasi, yang melakukan segala yang mereka bisa untuk menjaga Zii Jia dalam kondisi terbaik. Semua ini tidak akan mungkin terjadi tanpa mereka,” tambah Indra.

Tim profesional Lee Zii Jia terdiri dari mantan fisioterapis Institut Olahraga Nasional Sandra Fiedler, mantan pelatih fisik BA dari Malaysia Lim Joe Heang, asisten pelatih dan pemain Liew Daren, dan kakak perempuan Zii Jia, Lee Zii Yii, sebagai manajer.


2. Ranking Dunia Lee Zii Jia Meroket

Pebulutangkis tunggal putra Lee Zii Jia (Malaysia) dan Anthony Sinisuka Ginting (Indonesia).

News Strait Times memperkirakan bahwa kemenangan di Impact Arena, Bangkok, kemarin membuat posisi Lee Zii Jia bisa menembus lima besar dunia pada ranking dunia BWF.

“Dengan kekuatan besar datang tanggung jawab besar. Seperti halnya atlet yang terbang tinggi, Lee Zii Jia diperkirakan akan menembus lima besar dunia untuk pertama kalinya dalam pekan ini,” tulis media ini.

Seperti diketahui, Lee Zii Jia saat ini menduduki posisi keenam pada ranking dunia tunggal putra versi BWF. Dia mengantongi 87.778 poin, selisih 100  angka dari andalan Indonesia, Anthony Sinisuka Ginting.

Dengan gelarnya di Thailand Open ini, maka Lee Zii Jia dipastikan akan meraup poin maksimal yang bisa menggusur posisi Anthony Ginting dari lima besar dunia.

Ini menjadi tugas berat bagi Anthony Ginting yang harus berjuang mati-matian di turnamen berikutnya demi bisa mengembalikan posisinya di lima besar setelah direbut Lee Zii Jia.

Baca Selengkapnya: Anthony Ginting Lewat! Media Malaysia Klaim Ranking Lee Zii Jia Meroket usai Juara Thailand Open

MalaysiaBulutangkisLee Zii JiaBerita BulutangkisThailand Open 2022

Berita Terkini