x

Anthony Ginting Lewat! Media Malaysia Klaim Ranking Lee Zii Jia Meroket usai Juara Thailand Open

Senin, 23 Mei 2022 12:53 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Isman Fadil
Kemenangan Lee Zii Jia di Thailand Open diklaim bisa membuat rangking tunggal putra asal Malaysia itu meroket tajam. Posisi Anthony Sinisuka Ginting terancam.

INDOSPORT.COM – Kemenangan Lee Zii Jia di ajang Thailand Open diklaim bisa membuat rangking tunggal putra asal Malaysia itu meroket tajam. Tentunya ini menjadi ancaman serius bagi Anthony Sinisuka Ginting.

Lee Zii Jia memenangkan gelar Thailand Open 2022 usai mengalahkan wakil China, Li Shi Feng dalam permainan tiga set 17-21, 21-11, 23-21, di partai final yang berlangsung Minggu (22/05/22) kemarin.

Baca Juga

Menghadapi juara Youth Olimpic Li Shifeng, Lee Zii Jia sempat kehilangan kendali saat kalah di gim pertama 21-17 dalam waktu 21 menit.

Namun, Lee Zii Jia berusaha kembali fokus untuk memenangkan poin-poin awal untuk unggul 7-2 di gim kedua. Lee Zii Jia kemudian memegang keunggulan 11-5 pada interval.

Li Shi Feng sendiri terlihat berusaha mempersempit jarak skor menjadi 8-11, namun Lee Zii Jia tak mengendurkan serangannya untuk memenangkan set kedua 21-11.

Baca Juga

Di set penentuan, Li  Shi Feng agresif menyerang Lee Zii Jia dan menjauh 8-4 dan 11-4. Hingga akhirnya Lee Zii Jia merebut tiga poin beruntun untuk mempersempit jarak 7-11.

Saat Li Shi Feng masih berada di atas angin, Lee Zii Jia justru menunjukkan sikap tidak menyerah dan mulai bangki dari 16-18 untuk mennyamakan skor 19-19.

Pada 19-20, Lee menyelamatkan match-point melalui pertahanan gilanya untuk memaksa deuce.

Baca Juga

Pebulutangkis Malaysia itu kemudian mengklaim matchpoint saat Li Shi Feng salah mengira kok yang dipukul Lee Zii Jia ke garis kananannya justru mendarat masuk.

Lee akhirnya berhasil mengaumkan selebrasi kemenangan saat dia berlutut usai memastikan kemenangan 23-21 pada set ketiga.


1. Lee Zii Jia Lampui Ranking Anthony Ginting

Pebulutangkis tunggal putra Indonesia, Anthony Ginting di laga final Piala Thomas 2022. Foto: PBSI

Ini adalah kemenangan pertama Zii Jia atas Shi Feng.  Sebelum Thailand Open, Lee Zii Jia kalah sekali dari Shi Feng.

Selain itu, ini merupakan gelar kedua yang diraih Lee Zii Jiia setelah memenangkan gelar juara Asia di ajang Badminton Asia Championships di Manila awal bulan ini.

Baca Juga

Lee Zii Jia menjadi orang Malaysia ketiga, setelah Yong Hock Kin (2001) dan Hafiz Hashim (2005), yang memenangkan gelar Thailand Open sejak dimulainya turnamen pada tahun 1984.

Dengan hasil ini, Lee Zii JIa membawa pulang hadiah uang US$27.000 atau berkisar 400 juta rupiah, sementara Li Shi Feng mengantongi US$13.680 atau berkisar 200 juta rupiah.

News Strait Times memperkirakan bahwa kemenangan di Impact Arena, Bangkok, kemarin membuat posisi Lee Zii Jia bisa menembus lima besar dunia pada ranking dunia BWF.

Baca Juga

“Dengan kekuatan besar datang tanggung jawab besar. Seperti halnya atlet yang terbang tinggi, Lee Zii Jia diperkirakan akan menembus lima besar dunia untuk pertama kalinya dalam pekan ini,” tulis media ini.

Seperti diketahui, Lee Zii Jia saat ini menduduki posisi keenam pada ranking dunia tunggal putra versi BWF. Dia mengantongi 87.778 poin, selisih 100  angka dari andalan Indonesia, Anthony Sinisuka Ginting.

Dengan gelarnya di Thailand Open ini, maka Lee Zii Jia dipastikan akan meraup poin maksimal yang bisa menggusur posisi Anthony Ginting dari lima besar dunia.

Baca Juga

Ini menjadi tugas berat bagi Anthony Ginting yang harus berjuang mati-matian di turnamen berikutnya demi bisa mengembalikan posisinya di lima besar setelah direbut Lee Zii Jia.


2. Tatap Indonesia Open 2022

Pebulutangkis tunggal putra Lee Zii Jia (Malaysia) dan Anthony Sinisuka Ginting (Indonesia).

Selanjutnya, kedua pebulutangkis ini akan ambil bagian di ajang Indonesia Masters (7-12 Juni) dan Indonesia Open (14-19 Juni) di Istora Senayan, Jakarta.

Lee Zii Jia sendiri memang sedang dalam performa yang luar biasa. Dirinya tidak kalah dalam satu pertandingan pun sejak tiba di Bangkok untuk Piala Thomas dua pekan lalu.

Dibandingkan dengan Lee Zii Jia, performa Anthony Ginting belakangan memang tengah jadi sorotan lantaran hampir selalu kalah di setiap pertandingan di sepanjang tahun 2022.

Performa Ginting baru mulai membaik dalam dua babak terakhir di Piala Thomas 2022, di mana dia berhasil mengalahkan Kento Momota di semifinal namun kalah dari wakil India Lakshya Sen di partai final.  

MalaysiaAnthony Sinisuka GintingBulutangkisLee Zii JiaBerita BulutangkisThailand Open 2022

Berita Terkini