x

Cuma Jeda Sepekan, Deretan Pebulutangkis yang Juara Beruntun di Indonesia Masters dan Indonesia Open

Senin, 13 Juni 2022 15:14 WIB
Editor: Yosef Bayu Anangga
Usai Indonesia Masters 2022, jagad bulutangkis langsung diramaikan Indonesia Open 2022. Berikut deretan atlet yang sukses juarai 2 turnamen itu secara beruntun.

INDOSPORT.COM – Usai Indonesia Masters 2022, jagad bulutangkis langsung diramaikan Indonesia Open 2022. Berikut deretan atlet yang sukses juarai 2 turnamen itu secara beruntun.

Dunia bulutangkis baru saja mengakhiri gelaran Indonesia Masters 2022. Ajang BWF World Tour Super 500 itu menghasilkan 3 juara dari China, dan masing-masing satu dari Indonesia dan Denmark.

Baca Juga

Tiga nama dari China adalah Zhengh Si Wei/Huang Ya Qiong (ganda campuran), Chen Yu Fei (tunggal putri), dan Chen Qing Chen/Jia Yifan (ganda putri).

Sementara itu dari Indonesia adalah Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto di ganda putra, sedangkan Victor Axelsen menjuarai tunggal putra sebagai wakil Denmark.

Dua hari usai final Indonesia Masters 2022 pada Minggu (12/06/22) lalu, dunia bulutangkis akan dilanjutkan dengan gelaran Indonesia Open 2022. Ajang berlevel BWF World Tour Super 1000 itu akan dimulai Selasa (14/06/22).

Baca Juga

Indonesa Masters dan Indonesia Open sendiri sejatinya terbilang jarang digelar dalam 2 pekan beruntun seperti tahun ini. Indonesia Masters awalnya lebih kerap digelar bulan Januari, sedangkan Indonesia Open di Juli.

Namun, kekacauan kalender turnamen bulutangkis akibat pandemi Covid-19 membuat pada tahun 2021 lalu, ajang tersebut digelar beruntun pada 16-21 November dan 23-28 November.

Ketika itu, dua ajang itu digelar di Bali tepatnya di Bali International Convention Center, meski digelar tanpa penonton umum

Baca Juga

Skema gelaran beruntun Indonesia Masters dan Indonesia Open pada 2021 lalu pun menghasilkan catatan unik, di mana ada 2 pebulutangkis yang berhasil merebut gelar secara berurutan di kedua turnamen tersebut, yakni dengan juara di Masters dan juara lagi sepekan kemudian di Open.

Bukan tidak mungkin, akan ada juara Indonesia Masters 2022 pekan lalu yang mencatatkan prestasi sama, dengan menjuarai Indonesia Open 2022. Lantas, siapa saja pemain yang di 2021 lalu juara beruntun di Indonesia Masters dan Open? Berikut ulasannya:


1. Dechapol Puavaranukroh/Sapsiree Taerattanachai

Dechapol Puavaranukroh/Sapsiree Taerattanachai (thailand).

Nama pertama di daftar elite ini adalah ganda campuran Thailand Dechapol Puavaranukroh/Sapsiree Taerattanachai, atau yang lebih akrab dikenal sebagai Bass/Popor.

Tahun lalu, Dechapol/Sapsiree sukses memenangi Indonesia Masters 2021, yang dilanjutkan dengan memenangi Indonesia Open 2021 sepekan kemudian.

Baca Juga

Bass/Popor yang menjadi unggulan pertama menjalani langkah di Indonesia Masters dengan lancar.

Dari babak pertama hingga semifinal, mereka bahkan hanya kehilangan satu set ketika bermain rubber dengan Chen Tang Jie/Peck Yen Wei (Malaysia) di babak kedua.

Di babak final mereka bertemu wakil Hong Kong, Tang Chun Man/Tse Ying Suet. Namun, bahkan unggulan 7 itu pun tak terkutik sehingga Bass/Popor  menang dua set dengan skor besar 21-11 21-12.

Baca Juga

Berstatus unggulan pertama, langkah Bass/Popor di Indonesia Open 2021 terbilang mulus. Mereka bahkan selalu menang straight game di babak pertama hingga perempat final.

Langkah mereka baru sedikit terhambat di semifinal, ketika mereka butuh 3 game untuk menyingkirkan wakil Korea, Ko Sung-hyun/Eom Hye-won 21-17 18-21 21-14.

Di partai final, Bass/Popor bertemu dengan unggulan ketiga asal Jepang, Yuta Watanabe/Arisa Higashino. Namun, Watanabe/Higashino pun tak berkutik dan kalah dua set langsung.

Baca Juga

Meski demikian, Dechapol Puavaranukroh/Sapsiree Taerattanachai dipastikan gagal mengulangi prestasi itu di tahun 2022 ini.

Pasalnya, meski berpeluang menjadi  juara di Indonesia Open 2022, mereka gagal di Indonesia Masters 2022 dengan langsung tersingkir di babak pertama.


2. Kevin Sanjaya/Marcus Gideon

Ganda putra Indonesia, Kevin Sanjaya/Marcus Gideon.

Pebulutangkis kedua yang berada dalam daftar ini adalah ganda putra andalan Indonesia yakni Kevin Sanjaya/Marcus Gideon.

Turun sebagai unggulan pertama di Indonesia Masters 2021, Kevin/Marcus meluncur mulus dari babak pertama hingga perempat final dengan tak kehilangan satu set pun.

Baca Juga

Mereka menang straight game secara berturut-turut atas Choi Son-gyu/Kim Won-ho, Lucas Corvee/Ronan Labar, dan Pramudya Kusumawardana/Yeremia Rambitan.

Langkah mereka baru tersendat di semifinal, ketiga harus bermain 3 set untuk menyingkirkan non unggulan asal Malaysia, Ong Yew Sin/Teo Ee Yi 18-21 21-17 21-11.

Di final, Kevin/Marcus secara mengejutkan kalah telak dari Takuro Hoki/Yugo Kobayashi 11-21. Namun, mereka bangkit dan memenangi set kedua dan ketiga untuk menyegel trofi juara.

Baca Juga

Sementara itu, langkah Kevin Sanjaya/Marcus Gideon di Indonesia Open 2021 terbilang lebih terjal meski sama-sama menjadi unggulan pertama.

Bagaimana tidak, mereka bahkan selalu bermain tiga set sejak dari babak pertama hingga perempat final.

Namun, memasuki semifinal Kevin/Marcus mulai kembali ke performa terbaik dan menang dua set langsung atas Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty.

Baca Juga

Di final, mereka kembali bertemu Takuro Hoki/Yugo Kobayashi yang sebelumnya menjadi lawan di Indonesia Masters. Bedanya, kali ini Kevin/Marcus menang 2 set langsung.

Sayangnya, sama seperti Bass/Popor, Kevin/Marcus juga tak bisa mengulangi prestasi itu tahun ini karena di Indonesia Open 2022 mereka gagal juara.

Indonesia MastersKevin Sanjaya/Marcus GideonBulutangkisDechapol Puavaranukroh/Sapsiree TaerattanachaiBerita BulutangkisIndonesia Masters 2021Indonesia Open 2021Indonesia Masters 2022Indonesia Open 2022

Berita Terkini