x

Yeremia Dihantam Cedera ACL, Pebulu Tangkis Cantik Jepang beri Wejangan Ampuh

Minggu, 19 Juni 2022 13:35 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Prio Hari Kristanto
Pebulu tangkis ganda putri Jepang, Sayaka Hirota, memberikan wejangan ampuh untuk Yeremia Rambitan yang baru saja dihantam cedera ACL di Indonesia Open 2022. Foto: Herry Ibrahim/INDOSPORT

INDOSPORT.COM – Pebulu tangkis ganda putri Jepang, Sayaka Hirota memberikan wejangan ampuh untuk Yeremia Rambitan yang baru saja dihantam cedera ACL saat tanding di Indonesia Open 2022.

Yeremia Rambitan merupakan pemain Tanah Air yang baru saja mengalami cedera dan menjadi salah satu momen emosional yang berlangsung di Indonesia Open 2022 di Istora Senayan, Jakarta.

Baca Juga

Pasangan Pramudya Kusumawardana kala itu terjatuh saat pertandingan melawan pasangan Malaysia, Aaron Chia/Soh Wooi Yik, di babak perempat final Indonesia Open 2022.

Yeremia sempat mendapat dua kali pertolongan medis dan memilih melanjutkan pertandingan. Sayang setelah unggul 20-17, Pramudya/Yeremia akhirnya kalah 20-22.

Cedera Yeremia terjadi karena posisi kaki yang tidak stabil saat akan mengambil bola di depan net, sehingga ia tak mampu lagi bertahan dan berdiri pun sulit.

Baca Juga

Seusai pertandingan, Herry IP selaku pelatih ganda putra Pelatnas PBSI mengonfirmasi hasil MRI, di mana Yeremia Rambita mengalami cedera ACL.

“Dari hasil MRI pada Jumat malam lalu, ACL-nya robek sekitar 50 persen. Untuk cedera seperti itu, masa pemulihannya biasanya lama, minimal sekitar enam bulan," kata Herry IP.

Kabar ini juga dikonfrimasi oleh Grace Joselini Corlensa Setiawan selaku dokter PBSI, yang mengatakan Yeremia sudah menjalani tes MRI dan mengalami cedera lutut kiri. Cedera Yeremia diperkirakan membutuhkan masa pemulihan selama 3 hingga 6 bulan.

Baca Juga

Lebih lanjut dr. Grace mengatakan sejauh ini Yeremia tidak akan mendapatkan tindakan operasi. Tim dokter PBSI sepakat, Yeremia akan diterapi dulu sambil terus melakukan pemeriksaan lanjutan.

Di sisi lain, Yeremia juga mendapatkan wejangan dari Sayaka Hirota yang juga pernah mengalami cedera ACL dalam kariernya.


1. Saran dari Sayaka Hirota untuk Yeremia Rambitan

Ganda putri Jepang, Yuki Fukushima/Sayaka Hirota

Melansir dari Antara, Sayaka Hirota memberikan pesan semangat dan saran kepada Yeremia Rambitan agar fokus memulihkan cederanya dan tidak terburu-buru untuk kembali ke lapangan.

Pasangan Yuki Fukushima itu juga pernah mengalami cedera lutut anterior cruciate ligament (ACL) pada tahun lalu, namun tetap memaksakan diri untuk tampil di Olimpiade Tokyo 2020.

Baca Juga

Hirota pun mencuri perhatian lantaran dia bermain dengan menggunakan penyangga lutut atau knee braces di kaki kanannya.

Kondisi itu hampir serupa dengan yang dialami pemain ganda putra Yeremia, yang mendapati cedera lutut saat menghadapi pasangan Malaysia Aaron Chia/Soh Wooi Yik pada babak perempat final Indonesia Open 2022, Jumat (17/6/22).

Hal ini pun membuat Sayaka Hirota memberikan pesan kepada Yeremia Rambitan, agar tak terburu-buru ingin comeback dan fokus saja dengan proses pemulihan.

"Jangan terlalu terburu-buru. Kalau sedang dalam proses penyembuhan, jangan ingin cepat-cepat bertanding karena yang tahu badan kita kan kita sendiri," ujar Sayaka Hirota.

"Pelan-pelan saja nanti juga akan datang waktunya," tambah pasangan Yuki Fukushima tersebut.

Sekadar informasi, Sayaka Hirota mendapati cedera ACL pada Juni 2021 dan baru melakukan operasi pada Agustus.

Baca Juga

Proses pemulihan yang dia jalani memaksa Hirota/Fukushima harus absen dari turnamen selama satu tahun sebelum melakukan comeback di All England 2022.

Mantan ganda putri nomor satu dunia, Yuki Fukushima/Sayaka Hirota, untuk pertama kalinya lolos ke final pertamanya setelah satu tahun dan akan memperebutkan gelar juara Indonesia Open 2022 bersama dengan rekan senegaranya yang juga juara bertahan, Nami Matsuyama/Chiharu Shida.


2. 5 Pebulu Tangkis yang Diterpa Cedera ACL

Ganda putra Indonesia, Pramudya Kusumawardana/Yeremia Rambitan.

Tak hanya Yeremia Rambitan, berikut 5 pebulu tangkis Indonesia yang juga pernah mengalami cedera ACL. Ada yang pulih,  tapi ada pula yang pensiun dini.

Nasib pilu dialami oleh pebulutangkis ganda putra Indonesia, Yeremia Rambitan, saat tampil di babak perempat final Indonesia Open 2022, Jumat (17/06/22).

Seperti diketahui, di babak tersebut Pramudya Kusumawardana/Yeremia Rambitan berhadapan dengan wakil Malaysia, Aaron Chia/Soh Wooi Yik.

Baca selengkapnya: Tak Hanya Yeremia Rambitan, 5 Pebulutangkis Indonesia yang Pernah Cedera ACL

Berita BulutangkisYuki Fukushima/Sayaka HirotaYeremia Erich Yoche Yacob RambitanIndonesia Open 2022

Berita Terkini