x

Malaysia Open 2022: Tumbangkan Ranking 1 Dunia Akane, Gregoria Mariska Kaget Bukan Main

Selasa, 28 Juni 2022 11:59 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Prio Hari Kristanto
Tunggal putri Indonesia, Gregoria Mariska, mengaku kaget usai berhasil menumbangkan ranking 1 dunia Akane Yamaguchi di Malaysia Open. Foto: PBSI

INDOSPORT.COM – Tunggal putri Indonesia, Gregoria Mariska Tunjung, mengaku kaget usai berhasil menumbangkan ranking 1 dunia Akane Yamaguchi di Malaysia Open.

Gregoria Mariska Tunjung tampil sebagai wakil Indonesia pertama yang bermain di babak 32 besar Malaysia Open 2022, Selasa (28/06/22). Dia menghadapi unggulan pertama, Akane Yamaguchi dari Jepang. 

Baca Juga

Tunggal putri peringkat 30 dunia tersebut berhasil menyingkirkan Akane Yamaguchi lewat dua set langsung dengan skor 21-14, 21-14 dalam tempo 27 menit saja. 

Kemenangan Gregoria atas Akane ini tentunya menjadi sebuah kejuatan di hari pertama turnamen Malaysia Open 2022. Pasalnya, Akane yang difavoritkan juara justru takluk di tangan Gregoria yang berstatus non-ungulan.

Usai pertandingan, Gregoria mengatakan bahwa dia cukup terkejut dengan hasil pertandingan itu sendiri. Namun, dia mengaku bahwa Akane sedang tidak tampil maksimal di laga ini.

Baca Juga

“Saya juga tidak menyangka Akane bermain di bawah levelnya. Di beberapa turnamen terakhir pun saya melihat walau dia tidak juara tapi kalahnya juga selalu tiga gim,” ujar Gregoria dilansir dari rilis resmi PBSI.

“Tapi (saya) berpikirnya, kalau pun menang hari ini pasti harus dengan usaha yang lebih dengan main tiga gim.”

Berhasil melaju ke babak 16 besar dengan menumbangkan Akane, Gregoria tetap merasa bersyukur karena dirinya mampu bermain lepas.

Kemenangan ini tentunya membuat kepercayaan dirinya bertambah dua kali lipat menatap babak berikutnya.

Baca Juga

"Puji Tuhan hari ini main lepas, tapi mungkin ada sedikit keuntungan karena lawan di gim pertama belum bisa maksimal. Jadi tidak bisa memberikan saya tekanan,” sambung Gregoria.

“Dia akhirnya tidak bisa berkembang permainannya. Lalu dengan kemenangan yang saya raih di gim pertama, di gim kedua saya lebih percaya diri," pungkasnya.


1. Gregoria Mariska Kalahkan Akane 2 Set

Akane Yamaguchi langsung tersingkir dari Malaysia Open 2022 usai dikalahkan Gregoria Mariska di babak pertama. Foto: Herry Ibrahim/INDOSPORT

Bertanding di Axiata Arena, Gregoria memang terlihat tak menunjukkan rasa takut sejak awal meski lawannya, Akane, dikenal punya kemampuan ajaib dan mematikan.

Terbukti sejak gim pertama, Gregoria Mariska langsung tancap gas dan memimpin keunggulan atas tunggal putri Jepang. Gregoria unggul di interval pertama dengan skor jauh yakni 11-4.

Baca Juga

Bermain bersih, namun Srikandi Indonesia tersebut tak mau lengah. Greoria terus tampil dominan dengan skor yang masih jauh yakni 17-7.

Akane sempat hendak mengejar dengan menambah poin menjadi 19-12. Namun Gregoria mampu menjegal perlawanan dari Akane dan memenangkan gim pertama dengan skor 21-14.

Memasuki gim kedua, duel alot pun terjadi hingga kedudukan sempat sama kuat 7-7. Akan tetapi, Gregoria yang tampil on fire mampu berbalik keunggulan di interval kedua 11-7.

Baca Juga

Gregoria sejatinya sempat lakukan kesalahan-kesalahan sendiri, namun Akane yang terlihat lesu sejak awal pertandingan memberi pengaruh besar bagi Gregoria untuk tetap percaya diri.

Terus unggul dengan skor 17-10, Gregoria memanfaatkan kesalahan lawan dan perlahana mulai mendominasi. Akane sendiri tak berhenti lakukan perlawanan demi mengejar skor jadi 17-14.

Baca Juga

Namun bermain sabar menjadi kunci bagi Gregoria, di mana ia akhirnya kembali terus mendulang poin demi poin. Akhirnya, dia mampu memenangkan gim kedua dengan skor 21-14 atas Akane .


2. Gregoria Mariska Sukses Akhiri 'Kutukan'

Pebulutangkis tunggal putri Indonesia, Gregoria Mariska Tunjung di Indonesia Masters 2022. Foto: PBSI

Kemenangan ini juga membuat Gregoria Mariska mengakhiri kutukan setelah menelan delapan kekalahan beruntun dari Akane Yamaguchi.

Gregoria Mariska terakhir mengalahkan Akane Yamaguchi ialah saat bertanding di tim putri Asian Games 2018 dengan skor 21-16, 9-21 dan 21-18.

Selain itu, Gregoria menjadi pemain Indonesia kedua yang berhasil mengatasi permainan Akane Yamaguci di turnamen besar tahun ini.

Pemain pertama yang sukses membuat Akane bungkam yakni tunggal putri menjanjikan, Bilqis Prasista, yang mengalahkan andalan Jepang itu di Piala Uber 2022.

Selanjutnya, Gregoria Mariska akan bertanding melawan pemenang antara He Bing Jao (China) vs Wang Zhi Yi (China) di babak 16 besar Malaysia Open 2022.

JepangAkane YamaguchiGregoria MariskaBulutangkisBerita BulutangkisMalaysia Open 2022

Berita Terkini

Berita Terpopuler