x

Rafael Nadal Mundur dari Wimbledon 2022, Sempat Main 5 Set dengan Kondisi Cedera

Jumat, 8 Juli 2022 12:12 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Indra Citra Sena
Harapan Rafael Nadal untuk mengakhiri kalender Grand Slam 2022 dengan kemenangan harus berakhir setelah petenis asal Spanyol itu memutuskan mundur dari Wimbledon Foto: REUTERS/Pascal Rossignol.

INDOSPORT.COM – Harapan Rafael Nadal untuk mengakhiri kalender Grand Slam 2022 dengan kemenangan harus berakhir setelah petenis asal Spanyol itu memutuskan mundur dari babak semifinal Wimbledon.

Rafael Nadal, yang memenangkan Australian Open pada Januari dan French Open pada Juni lalu, berharap bisa menambah koleksi Grand Slam 2022 dengan tampil di babak semifinal Wimbledon.

Baca Juga

Dirinya dijadwalkan berhadapan dengan petenis asal Australia Nick Kyrgios, yang menang 6-4, 6-3, 7-6(5) di laga perempat final lainnya melawan Cristian Garin.

Akan tetapi, Nadal memutuskan untuk mundur dari semifinal melawan Nick Kyrgios di Wimbledon yang rencananya akan digelar hari Jumat (08/07/22).

Nadal diketahui mengalami cedera robek pada otot perut yang dia alami saat bertanding di babak perempat final melawan Taylor Fritz pada Kamis kemarin.

Baca Juga

“Sayangnya, seperti yang bisa Anda bayangkan jika saya di sini, saya harus mundur dari turnamen,” kada Nadal dilansir dari The Sportreview.

“Seperti yang dilihat semua orang kemarin, saya mengalami sakit perut. Saya tahu ada sesuatu yang tidak beres di sana, seperti yang saya katakan kemarin. Ya, itu dikonfirmasi. Saya mengalami robekan pada otot di perut,” lanjutnya.

“Saya berpikir sepanjang hari tentang keputusan yang harus diambil, tetapi saya pikir itu tidak masuk akal untuk melanjutkan,” tambahnya.

Baca Juga

Sehari sebelumnya, Rafael Nadal menjalani babak perempat final Wimbledon melawan Taylor Fritz. Laga yang menguras tenaga itu berakhir dengan Nadal menang 3-6, 7-5, 3-6, 7-5, 7-6( 10-4) dengan durasi empat jam 20 menit.

Dia merasa ada sesuatu yang tidak beres dan memburuk di pertengahan set kedua. Alhasil, Nadal meminta timeout medis agar dia bisa meminum obat anti peradangan dan penghilang nyeri.


1. Nadal Gagal Sapu Bersih Gelar Grand Slam 2022

Rafael Nadal tumbangkan Novak Djokovic di perempat final French Open 2022. Foto: REUTERS/Pascal Rossignol.

Nadal sendiri mampu bangkit untuk memenangkan set kedua, namun di set kedua Fritz mampu membalikkan keadaan.

Nadal pun harus berjuang keras melalui dua set berikutnya untuk memastikan semifinal kedelapan dalam tie-break terakhir.

Baca Juga

“Itu adalah pertandingan yang sulit melawan pemain hebat," kata Nadal usai kemenangan tersebut dilansir dari ATP Tour.

“Tubuh saya baik-baik saja, tetapi di bagian perut sepertinya ada masalah, jujur ​​saja,” aku pemenang 22 gelar Grand Slam ini.

“Saya harus menemukan cara untuk melakukan servis sedikit berbeda, kalau dipikir-pikir saya mungkin saya tidak akan bisa menyelesaikan pertandingan, tetapi saya tidak tahu. Energi lapangan membantu saya (memenangkan laga ini),” lanjutnya.

Baca Juga

Cedera perut ini adalah yang terbaru dari serangkaian masalah cedera yang dialami Nadal. Sebelumnya, dia sempat mengalami cedera tekanan fraktur di final Indian Wells, di mana dia kalah dari Fritz.

Nadal juga harus mengatasi nyeri kaki dengan mengonsumsi obat-obatan di sebagian besar pertandingan French Open di Roland Garros yang dia jalani bulan lalu.

Baca Juga

Dengan Nadal mundur dari semifinal Wimbledon, maka dia dipastikan gagal menjadi orang orang pertama sejak Rod Laver pada 1969 yang menyesaikan tahun kalender Grand Slam dengan tiga gelar Australian Open, French Open dan Wimbledon.


2. Kyrgios Catat Sejarah di Wimbledon 2022

Petenis Australia, Nick Kyrgios mencatat sejarah baru di Wimbledon 2022

Selain itu, ini membuat Nick Kyrgios yang berusia 27 tahun menjadi petenis Australian pertama yang mencapai final tunggal putra di All Englanf Club sejak Mark Philippoissis pada 2003.

Kyrgios akan menghadapi unggulan teratas Novak Djokovic yang mengincar gelar keempat berturut-turut dan ketujuh secara keseluruhan di lapangan Wimbledon, atau harapan tuan rumah Cameron Norrie di final hari Minggu.

Duel antara Novak Djokivic vs Camern Norrie di semifinal Wimbledon 2022 dijadwalkan digelar hari Jumat (08/07/22).

Rafael NadalGrand SlamWimbledonNick KyrgiosTenisBerita Tenis

Berita Terkini