x

Ditantang Fajar/Rian di Malaysia Masters, Rekor Buruk Chia/Soh Jadi Kutukan Tiada Akhir?

Sabtu, 9 Juli 2022 12:34 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Aaron Chia dan Soh Wooi Yik dihantui rekor buruk jelang jumpa Fajar Alfian dan Muhammad Rian Ardianto di Malaysia Masters 2022.

INDOSPORT.COM - Pasangan ganda putra Malaysia, Aaron Chia/Soh Wooi Yik, akan menghadapi wakil Indonesia, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, di Malaysia Masters 2022.

Dua pasangan ini dijadwalkan bentrok di putaran semifinal yang rencananya digelar hari ini, Sabtu (09/07/22) mulai siang waktu setempat.

Baca Juga

Namun jelang pertandingan melawan Fajar/Rian, Chia/Soh dibayangi catatan buruk yang membuat mereka masih betah puasa gelar hingga tahun ini.

Terakhir kali, mereka gagal menjadi juara di kandang sendiri setelah terhenti di semifinal Malaysia Open 2022.

Adalah ganda Jepang, Takuro Hoki/Yugo Kobayashi, yang menjadi pembawa mimpi buruk Chia/Soh kala itu.

Baca Juga

Kini kembali berlaga di hadapan publik Malaysia, Chia/Soh tentu tidak ingin membuang kesempatan lagi.

Hanya saja, rentetan hasil buruk yang diraih setiap berlaga di putaran empat besar tahun ini bisa jadi noda tersendiri dalam perjalanan Chia/Soh menyongsong semifinal Malaysia Masters 2022.

Bahkan sebelum Malaysia Open, keduanya sudah gagal tiga kali setiap berjuang di putaran semifinal tahun ini.

Baca Juga

Jika menarik sedikit ke belakang sebelum Malaysia Open, Chia/Soh bernasib apes ketika berpartisipasi di Indonesia Open 2022.

Di semifinal, mereka dikandaskan oleh pasangan ganda putra China, Liu Yu Chen/Ou Xuan Yi, 21-18, 21-13.


1. Kutukan Aaron Chia/Soh Wooi Yik

Aaron Chia dan Soh Wooi Yik dihantui rekor buruk jelang jumpa Fajar Alfian dan Muhammad Rian Ardianto di Malaysia Masters 2022.

Hasil serupa pun juga terjadi di Thailand Open 2022, di mana Chia/Soh tersingkir di semifinal, kali ini oleh Fajar/Rian.

Pasangan Indonesia menang dua gim 21-19, 21-14 lewat pertandingan yang berlangsung selama 34 menit.

Baca Juga

Fajar Rian juga sempat memutus langkah Chia/Soh sebelum Thailand Open 2022, tepatnya saat dua pasangan ini berlaga di Swiss Open 2022.

Bertanding di semifinal, Chia/Soh takluk 20-22, 21-13, 8-12. Dengan ini, lengkap sudah catatan empat kekalahan mereka setiap berlaga di semifinal sebagai pasangan pada tahun 2022.

Jangankan sering gagal di semifinal turnamen tahun 2022, sepak terjang Aaron Chia/Soh Woii Yik yang sudah lama puasa gelar juga membuat Rexy Mainaky selaku direktur kepelatihan ganda putra BAM angkat bicara.

Baca Juga

Sebagai informasi, Aaron Chia/Soh Wooi Yik belum pernah meraih satu pun gelar juara di seri BWF sejak dipasangkan pada 2017 lalu.

Padahal, Rexy Mainaky mengaku sudah melakukan segala upaya untuk menghapus kutukan tersebut. Salah satunya ialah melatih mental anak didiknya dengan mengunjungi psikolog.

Rexy Mainaky juga mengatakan BAM telah bekerja sama dengan National Sports Institute (ISN), yang sebelumnya juga mengadopsi pendekatan melalui psikolog untuk memperkuat mental para pemain.

Baca Juga

Akan tetapi, entah mengapa sindrom selalu kalah di semifinal maupun final masih saja menghantui hingga sekarang.

“Saya pikir ini (masalah) lebih ke mental, bukan soal teknik permainan,” ujarnya seperti diwartakan laman Bernama.


2. Head to Head

Aaron Chia dan Soh Wooi Yik dihantui rekor buruk jelang jumpa Fajar Alfian dan Muhammad Rian Ardianto di Malaysia Masters 2022.

Namun melempemnya penampilan Aaron Chia/Soh Wooi Yik yang masih betah puasa gelar ini tidak hanya dirasakan oleh publik dan Rexy Mainaky.

Bahkan pemainnya sendiri turut merasakan adanya ‘kutukan’ mereka kerap gagal saat berlaga di 4 besar, entah itu final maupun semifinal, termasuk tahun ini.

Baca Juga

“Saya kecewa karena membuat begitu banyak kesalahan. Tampaknya itu terjadi setiap kali kami berada di babak semifinal, jadi peristiwa ini harus dihentikan,” kata Aaron Chia, dilansir dari Bernama.

Apakah ‘kutukan’ Aaron Chia/Soh Wooi Yik ini akhirnya bisa kandas di Malaysia Masters 2022? Mari kita tunggu saja.

Head to Head Chia/Soh Melawan Fajar/Rian

Menurut statistik, keduanya sudah berjumpa lama kali sebelum Malaysia Masters 2022, dengan Chia/Soh memegang rekor keunggulan 3-2.

Baca Juga

Tahun 2022 adalah panggungnya Fajar/Rian atas Chia/Soh lantaran berhasil memborong kemenangan di Thailand Open dan Swiss Open.

Namun sebelum 2022, pertemuan dua pasangan ini hanya terjadi pada tahun 2019, di mana Chi/Soh memegang keunggulan mutlak 3-0 atas Fajar/Rian.

China Open 2019

Di ajang ini, Chia/Soh dan Fajar/Rian berjumpa cukup cepat di putaran kedua dan memenangkan laga dengan skor 13-21, 21-18, 21-16.

Baca Juga

All England 2019

Berjumpa di semifinal. Chia/Soh berhasil melaju ke partai puncak setelah menang 12-21, 22-20, 21-19. Namun di final mereka dikandaskan Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan 11-21, 21-14, 21-12.

Malaysia Masters 2019

Chia/Soh unggul atas Fajar/Rian di putaran kedua dengan gim sengit 26-24, 21-15. Malaysia Masters 2019 pun satu dari sekian turnamen apes sang ganda Malayisa karena mereka harus angkat kaki di semifinal.

Fajar Alfian/Muhammad Rian ArdiantoBulutangkisAaron Chia/Soh Wooi YikBerita BulutangkisMalaysia Masters 2022

Berita Terkini