x

Termasuk Apriyani/Siti Fadia, 12 Wakil Indonesia Mundur dari Taipei Open 2022

Selasa, 19 Juli 2022 07:21 WIB
Penulis: Martini | Editor: Isman Fadil
Pasangan ganda putri Indonesia Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti juara Singapore Open 2022, Minggu (17/07/22). Foto: PBSI

INDOSPORT.COM - Termasuk Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti, 12 wakil Indonesia memutuskan mundur dari gelaran Chinese Taipei Open 2022, 19-24 Juli 2022.

Baru saja menjuarai Singapore Open 2022 pada Minggu (17/7/22), Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti justru mundur dari gelaran Chinese Taipei Open Super 300.

Baca Juga

Jawara Singapore Open lainnya, Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin juga memutuskan menarik diri dari Chinese Taipei Open 2022.

Pasalnya, kedua pasangan muda ini sedang diganggu cedera. Fadia mengalami masalah di tumitnya sejak di Malaysia, sementara itu, Leo masih merasakan sakit di pinggangnya.

"Kita menarik keikutsertaan Apriyani/Siti Fadia dan Leo/Daniel dari Taipei Open 2022," ungkap Rionny Mainaky, Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PP PBSI.

Baca Juga

"Untuk Apriyani/Siti Fadia, kakinya Fadia ada sedikit kendala sejak di Malaysia."

"Dan Leo, bagian pinggang yang baru sembuh kembali terasa sakit, jadi kami putuskan untuk fokus penyembuhan dulu."

Selain Apriyani/Siti Fadia dan Leo/Daniel, PBSI juga menarik keikutsertaan beberapa pemain dari ajang dengan level BWF Super 300 itu. Setidaknya, 12 wakil yang mundur.

Baca Juga

Alasannya, karena ada pelatih dan pemain yang sakit, apalagi mereka baru melakoni lima turnamen beruntun di Asia Tenggara.

Mulai dari Indonesia Masters, Indonesia Open, Malaysia Open, Malaysia Masters, dan Singapore Open. Sementara jarak dari Singapura ke Chinese Taipei cukup jauh.


1. Pertimbangan Protokol Kesehatan

Pebulutangkis tunggal putri Indonesia, Komang Ayu Cahya Dewi. Foto: PBSI

Setelah Singapore Open 2022 tuntas pada Minggu (17/7/22), Chinese Taipei Open 2022 langsung digelar pada Selasa (19/7/22). Ada sedikit waktu bagi pemain untuk persiapan.

Masalahnya, jarak dari Singapura ke Taipei memakan banyak waktu, apalagi protokol kesehatan di Taipei sangat ketat, kontingen Indonesia tidak mau mengambil resiko itu.

Baca Juga

Maka dari itu, 12 atlet Merah Putih yang tampil di Singapore Open 2022, langsung ditarik dari keikutsertaannya di Taipei Open 2022.

"Jadi, kita menarik semua pemain dari Taipei, yang sempat tampil di Singapore Open, karena ada pemain dan juga pelatih yang sakit," ungkap Rionny Mainaky lagi.

Apalagi, saat di Singapore Open lalu, ada atlet Malaysia yang terpapar Covid-19. Jadi, menurut PBSI, akan lebih baik para atlet Indonesia karantina di Jakarta saja.

Baca Juga

"Di Taipei, protokol kesehatan masih sangat ketat. Ada karantina, sistem bubble dan tes antigen setiap hari," jelas Rionny Mainaky.

"Bila terpapar, karantina harus di rumah sakit. Kita tidak mau mengambil resiko."

Rionny menambahkan, tim yang kembali dari Singapura akan menjalani tes PCR dan karantina sesampainya di Indonesia, untuk memastikan semuanya aman dari Covid-19.

Baca Juga

Walau begitu, tim Indonesia bukan tanpa wakil di Chinese Taipei Open 2022. Ada tiga wakil Merah-Putih yang akan bertanding.

Mereka adalah Ikhsan Leonardo Imanuel Rumbay, Christian Adinata (tunggal putra) dan Komang Ayu Cahya Dewi (tunggal putri) yang sudah tiba sejak Jumat (15/7/22) lalu.


2. Pemain yang Mundur dari Chinese Taipei Open 2022

Pasangan ganda putra Indonesia, Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin di laga Final Songapore Open 2022, Minggu (17/07/22). Foto: PBSI

Tunggal Putra
1. Chico Aura Dwi Wardoyo

Tunggal Putri
1. Putri Kusuma Wardani

Ganda Putra
1. Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin

Ganda Putri
1. Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti
2. Ribka Sugiarto/Febby Valencia Dwijayanti Gani
3. Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi
4. Melani Mamahit/Tryola Nadia
5. Jesita Putri Miantoro/Lanny Tria Mayasari
6. Meilysa Trias Puspitasari/Rachel Allessya Rose

Ganda Campuran
1. Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari
2. Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati
3. Zachariah Josiahno Sumanti/Hediana Julimarbela

*Beberapa pemain andalan seperti Anthony Sinisuka Ginting, Fajar Alfian/M. Rian Ardianto, dll, memang tidak didaftarkan ke Chinese Taipei Open 2022.

Chinese TaipeiBulutangkisLeo Rolly Carnando/Daniel MarthinBerita BulutangkisRionny MainakyApriyani Rahayu/Siti Fadia Silva RamadhantiChinese Taipei Open 2022

Berita Terkini