x

Indonesia Harus Waspada! Jepang Latihan Ekstrem Demi Bidik Emas Kejuaraan Dunia 2022

Rabu, 27 Juli 2022 05:50 WIB
Penulis: Miranti | Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Bakal jadi tuan rumah, para atlet Jepang seperti Kento Momota hingga Chiharu Shida, latihan ekstrem demi bidik medali emas Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2022.

INDOSPORT.COM – Bakal jadi tuan rumah, para atlet Jepang seperti Kento Momota hingga Chiharu Shida, latihan ekstrem demi bidik medali emas Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2022.

Sekadar informasi, Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2022 akan segera berlangsung pada 22-28 Agustus di Tokyo Metropolitan Stadium.

Baca Juga

Kejuaraan Dunia Bulutangkis mengadopsi sistem undangan pemain. Jika pemain dan federasi yang diundang setuju, maka mereka memenuhi syarat untuk berpartisipasi.

Sebagai tuan rumah dengan kualitas bertabur bintang, tentu saja Jepang membidik hasil maksimal di ajang Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2022.

Apalagi dua jagoannya berstatus sebagai juara bertahan, yaitu Akane Yamaguchi (tunggal putri) dan Takuro Hoki/Yugo Kobayashi (ganda putra).

Baca Juga

Jadi untuk menyambut ajang yang juga dikenal sebagai BWF World Championship tersebut, Asosiasi Bulutangkis Jepang (NBA)  menerapkan segala persiapan ekstrem demi bidik hasil maksimal.

Tentu saja hal itu menjadi salah satu ancaman berat bagi para atlet dari negara lain, seperti Indonesia, Malaysia, Denmark, China, Korea Selatan, dan masih banyak lagi.

Dilansir dari media Aiyuke, tim nasional bulutangkis Jepang sejak 23 Juli 2022 lalu, telah mengadakan kamp pelatihan khusus Kejuaraan Dunia 2022 di Prefektur Kumamoto.

Baca Juga

Latihan di pantai mengawali sesi kamp yang dipenuhi kerja keras. Disebutkan bahwa Kento Momota hingga Chiharu Shida melakukan latihan fisik lebih sekitar 2 jam di bawah terik matahari.

Latihan gerak kaki yang paling membutuhkan waktu, sehingga para pemain terlihat bercucuran keringat menerjang panas matahari.


1. Kento Momota: Ini Kerja Keras

Chiharu Shida mengungkapkan latihan ekstrem yang dijalaninya jelang Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2022.

Usai menjalani kamp pelatihan di Kumamoto dari 23 Juli-30 Juli 2022, Kento Momota, Chiharu Shida, dan kawan-kawan juga akan kembali ke pelatnas bulutangkis Jepang (NBA) pada 8-20 Agustus.

Artinya, jelang Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2022 mendatang, para atlet Jepang memang disentralkan pada satu titik, demi memperfokus diri.

Baca Juga

Kento Momota, Juara Dunia 2018-2019 tersebut pun mengaku bahwa dia sangat bekerja keras untuk bisa menyelesaikan menu pelatihan ekstrem di kamp.

“Saya tahu bahwa kamp pelatihan ini sangat keras. Fokus untuk pelatihan fisik, jadi saya mencoba untuk meminimalkan istirahat. Pelatihan di pantai sangat ekstrem, karena saya hampir tidak bisa mengistirahatkan kakiku,” ucap Kento Momota.

“Namun saya mencoba yang terbaik, tak menyerah. Jiika saya bisa melewati hal-hal sulit dengan tekad yang kuat, saya pikir saya bisa mengatasinya dengan percaya diri bahkan di pertandingan sebenarnya,” lanjut Kento Momota.

Baca Juga

Senada dengan Kento Momota,  ganda putri Jepang, Chiharu Shida, juga mengatakan bahwa persiapan yang dilakukannya cukup ekstrem demi Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2022.

“Saya pernah mengalami pelatihan serupa saat sebelumnya, taoi saya sudah lama tidak mengulanginya lagi. Sangat sulit (latihan ini) karena cuaca yang panas,” ucap Chiharu Shida.

“Saya seorang pemain belakang. Saya tidak lebih tinggi dan lebih kuat dari yang lain. Jadi saya harus berolahraga dan saya ingin mengambiol kesempatan ini untuk kembali berolahraga,” sambungnya.

Baca Juga

Selain Akane Yamaguchi dan Hiroyuki Endo/Yuta Watanabe, Jepang sendiri memiliki banyak atlet bertabur bintang yang berpeluang menjadi peraih emas Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2022.

Seperti halnya Nozomi Okuhara (tunggal putri), Kento Momota (tunggal putra),  Nami Matsuyama/Chiharu Shida (ganda putri), hingga Yuta Watanabe/Arisa Higashino (ganda campuran).


2. Wakil Indonesia di Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2022

Sebagai salah satu rival sengit Jepang, Indonesia akan mengirimkan perwakilan terbaik di ajang Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2022 mendatang.

Sebagai salah satu rival sengit Jepang, Indonesia akan mengirimkan perwakilan terbaik di ajang Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2022 mendatang.

Melansir dari akun @Ina_Badminton di Instagram, sejauh ini hanya sektor tunggal putra dan ganda putra yang hampir melengkapi empat kuota undangan Kejuaraan Dunia Bulutangkis.

Saat ini, sudah memasuki undangan fase 2, ada pula beberapa wakil Indonesia yang sudah lolos fase 1 dan ada pula yang memutuskan menolak undangan tersebut.

Dari sektor tunggal putra, pebullutangkis ranking. 6 dunia Anthony Sinisuka Ginting dan no. 8 dunia Jonatan Christie dipastikan lolos fase 1.

Artinya, kedua pemain ini telah menerima undangan BWF untuk tampil di Kejuaraan Bulutangkis Dunia karena peringkatnya sudah masuk top player.

Baca selengkapnya: Update Wakil Indonesia Lolos Kejuaraan Dunia Bulutangkis: Minions Comeback, Fadia/Ribka ‘Rujuk’
 

JepangKento MomotaBulutangkisBerita BulutangkisNippon Badminton Association (NBA)Kejuaraan Dunia BulutangkisBWF World ChampionshipsNami Matsuyama/Chiharu ShidaKejuaraan Dunia Bulutangkis 2022

Berita Terkini