x

Update Wakil Indonesia Lolos Kejuaraan Dunia Bulutangkis: Minions Comeback, Fadia/Ribka ‘Rujuk’

Selasa, 26 Juli 2022 10:10 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Isman Fadil
Update wakil Indonesia yang lolos Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2022, Kevin Sanjaya/Marcus Gideon comeback sedangkan Siti Fadia/Ribka Sugiarti 'rujuk' kembali.

INDOSPORT.COM – Berikut ini pengkinian daftar wakil Indonesia yang dipastikan lolos Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2022, di mana Kevin Sanjaya/Marcus Gideon akan comeback sedangkan Siti Fadia/Ribka Sugiarto kembali ‘rujuk’.

Sebagai informasi, Kejuaraan Dunia Bulutangkis (BWF World Championship) 2022 akan segera berlangsung pada 22-28 Agustus di Tokyo Metropolitan Stadium.

Baca Juga

Kejuaraan Dunia Bulutangkis mengadopsi sistem undangan pemain. Jika pemain dan federasi yang diundang setuju, maka mereka memenuhi syarat untuk bermain.

Indonesia yang telah mengoleksi 23 emas  dalam sejarah Kejuaraan Dunia Bulutangkis tentunya diharapkan bisa menurunkan skuad penuhnya di ajang ini.

Akan tetapi, hingga saat ini, skuad Kejuaraan Dunia Bulutangkis masih belum final mengingat beberapa wakil belum memutuskan menerima undangan BWF.

Baca Juga

Melansir dari akun @Ina_Badminton di Instagram, sejauh ini hanya sektor tunggal putra dan ganda putra yang hampir melengkapi empat kuota undangan Kejuaraan Dunia Bulutangkis.

Saat ini, sudah memasuki undangan fase 2, ada pula beberapa wakil Indonesia yang sudah lolos fase 1 dan ada pula yang memutuskan menolak undangan tersebut.

Dari tunggal putra, pemain no. 6 dunia Anthony Sinisuka Ginting dan no. 8 dunia Jonatan Christie dipastikan lolos fase 1.

Artinya, kedua pemain ini telah menerima undangan BWF untuk tampil di Kejuaraan Bulutangkis Dunia karena peringkatnya sudah masuk top player.

Baca Juga

Shesar Hiren Rhustavito juga menyusul Ginting dan Jonatan sebagai wakil Indonesia yang lolos fase 1. Shesar sendiri saat ini menduduki ranking 26 dunia.

Sementara Tommy Sugiarto yang menempati peringkat 35 dunia nampaknya belum memutuskan menerima undangan BWF fase 2.


1. Gregoria Cari Teman, Siti Fadia/Ribka Sugiarto Rujuk

Pebulutangkis tunggal putri Indonesia Gregoria Mariska Tunjung masih jadi satu-satunya wakil yang lolos ke Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2022. Foto: PBSI

Di sektor tunggal putra, pasangan no. 1 dunia Kevin Sanjaya/Marcus Gideon dipastikan akan comeback setelah dua bulan absen karena Marcus masih dalam tahap pemulihan pasca-operasi tulang kaki.

Minions – julukan Kevin/Marcus – akan ditemani duo Daddies Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan dan pasangan yang tengah on fire tahun ini, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto.

Baca Juga

Sementara itu, juara All England 2022, Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri, berstatus undangan fase 2 karena peringkatnya masih di posisi ke-20.

Dari sektor tunggal putri, Gregoria Mariska Tunjung yang menempati peringkat 26 dunia dipastikan lolos fase 1 . Namun Gregoria masin mencari teman untuk tampil di Kejuaraan Dunia.

Pasalnya, tiga tunggal putri andalan nasional lainnya memutuskan menolak yakni Fitriani (45), Putri Kusuma Wardani (48), dan Ruselli Hartawan (51).

Untuk Putri KW sendiri, dirinya menolak karena disinyalir berbentrokan dengan kesibukannya menjalani pendidikan polisi wanita (polwan).

Baca Juga

Namun, pihak PBSI menyatakan tengah mengupayakan agar Putri KW tetap tampil di Kejuaraan Dunia Bulutangkis (BWF World Championship 2022).

Untuk sektor ganda putri, Siti Fadia yang tengah menikmati momentum apik terpaksa berpisah sementara dengan pasangan barunya,  Apriyani Rahayu.

Siti Fadia akan kembali berpasangan dengan Ribka Sugiarto untuk Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2022 pada bulan Agustus nanti.

Baca Juga

Sedang Apriyani Rahayu harus absen dalam kejuaraan tersebut menyusul dengan keputusan Greysia Polii untuk gantung raket.

Rujuknya Siti Fadia/Ribka Sugiarto ini tak lepas dari undangan yang sudah mereka terima sejak bulan Maret lalu sebelum keduanya berpisah jalan.

Menemani Siti Fadia/Ribka, ada Nita Violina Marwah/Putri Syaikah yang menempati peringkat 45 dunia.


2. Daftar Wakil Indonesia yang Lolos Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2022

Juara Singapore Open 2022, Anthony Sinisuka Ginting akan tampil di Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2022. Foto: PBSI

Terakhir, sektor ganda campuran, Praveen Jordan/Melati Daeva yang berstatus peringkat 5 dunia terpaksa menolak undangan tampil di Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2022.

Hal ini karena Praveen masih dalam tahap pemulihan setelah naik meja operasi akibat cedera pinggang yang dideritanya.

Dengan demikian, ganda campuran Indonesia akan diwakili Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari (18), Adnan Maulana/Mychelle Chrystine Bandaso (28), dan Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati (45).

Berikut ini daftar nama-nama wakil Indonesia yang lolos ke Kejuaraan Dunia Bulutangkis:

TUNGGAL PUTRA

Peserta Ranking Status
Anthony Sinisuka Ginting 6 Lolos Fase 1
Jonatan Christie 8 Lolos Fase 1
Shesar Hiren Rhustavito 26 Lolos Fase 1
Tommy Sugiarto 35 Undangan 

TUNGGAL PUTRI

Peserta Ranking Status
Gregoria Mariska Tunjung 26 Lolos Fase 1
Fitriani 45 Menolak
Putri Kusuma Wardani 48 Menolak
Ruselli Hartawan 51 Menolak

GANDA PUTRA

Peserta Ranking Status

Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon

1 Lolos Fase 1

Mohammad Ahsan/ Hendra Setiawan

3 Lolos Fase 1
Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto 5 Lolos Fase 1
Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri 20 Undangan Fase 2

GANDA PUTRI

Peserta Ranking Status

Siti Fadia Silva Ramadhanti/Ribka Sugiarto

29 Undangan Fase 2
Nita Violina Marwah/Putri Syaikah 45 Undangan Fase 2
Greysia Polii/Apriyani Rahayu 7 Menolak
Della Destiara Haris/Rizki Amelia Pradipta 31 Menolak

GANDA CAMPURAN

Peserta Ranking Status
Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari 18 Lolos Fase 1
Adnan Maulana/Mychelle Chrystine Bandaso 28 Undangan Fase 2
Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati 45 Undangan Fase 2
Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti 5 Menolak
Anthony Sinisuka GintingKevin Sanjaya/Marcus GideonGregoria MariskaBulutangkisSiti Fadia Silva Ramadhanti/Ribka SugiartoKejuaraan Dunia Bulutangkis 2022

Berita Terkini