x

Apa sih AirBadminton, Olahraga Pendatang Baru di World Beach Games Bali 2023

Jumat, 5 Agustus 2022 14:38 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
AirBadminton bakal debut di World Beach Games Bali 2023. Foto: instagram/bwf.official.

INDOSPORT.COM - Mengenal lebih jauh AirBadminton, olahraga yang santer dikampanyekan oleh BWF dan direncanakan masuk World Beach Games di Bali 2023.

Olahraga bulutangkis, memang bisa dimainkan secara indoor maupun outdoor, tapi turnamen-turnamen kompetitif yang ada saat ini kebanyakan menggelar pertandingan di dalam ruangan.

Baca Juga

Permainan di luar lapangan biasanya dilakukan untuk menyalurkan hobi semata, meski tidak sedikit pula yang menjadikannya sebagai sebuah kompetisi mini.

Penyelenggara World Beach Tour yakni Association of National Olympic Committees (ANOC) melalui sebuah video, sudah mengumumkan AirBadminton sebagai salah satu cabor yang akan dimainkan di Bali 2023.

Dalam video tersebut, terlihat sejumlah orang sedang berada di pantai dan bermain bulutangkis di atas lapangan pasir di udara terbuka.

Baca Juga

Ya, AirBadminton merupakan olahraga bulutangkis yang digelar di luar ruangan alias outdoor, yang sudah diperkenalkan BWF di Indonesia Open 2019.

Para pengunjung yang datang dapat mencoba inovasi ini, yang mana tidak berbeda jauh dari bermain bulutangkis biasa.

Sekilas, AirBadminton memang tidak berbeda dengan bulutangkis yang selama ini penonton lihat di layar kaca maupun di dalam venue pertandingan.

Baca Juga

Besar lapangannya sama, begitu pula lebar dan tinggi net yang digunakan. Yang membuatnya berbeda hanyalah lokasi permainan dan shuttlecock yang digunakan.

Bermain bulutangkis di luar ruangan memiliki tantangan besar berupa angin yang lebih kencang. Oleh sebab itu, shuttlecock bulu angsa akan sangat sulit digunakan dalam situasi ini.


1. Apa sih AirBadminton Itu?

AirBadminton bakal debut di World Beach Games Bali 2023. Foto: instagram/bwf.official.

Pada 2019, BWF bekerja sama dengan HSBC mulai memprkenalkan AirBadminton dengan menggelar launching di Tianhe Gymnasium in Guangzhou, China.

AirBadminton adalah proyek yang dirancang agar orang-orang dari segala usia dan kemampuan bisa bermain bulutangkis di lapangan keras, rumput, dan pasir di taman, kebun, jalan, taman bermain, dan pantai.

Baca Juga

Presiden BWF, Poul-Erik Hoyer, berharap AirBadminton bisa menjadi sarana bermain bulutangkis yang lebih luas merangkul penggemar di seluruh penjuru dunia.

“Di masa depan, kami melihat AirBadminton sebagai versi olahraga yang menarik, baru, dan energik,” ucapnya seperti pernah dimuat di laman resmi BWF.

“Secara keseluruhan, tujuannya adalah menginspirasi lebih banyak orang untuk bermain bulutangkis di lebih banyak tempat,” ujarnya lagi.

Baca Juga

Shuttlecock untuk AirBadminton sendiri dibuat dari plastik dengan karet di bagian ujugnya agar tidak mudah tertiup angin.

Sementara itu untuk raketnya, tidak ada perbedaan dengan olahraga bulutangkis biasa yang digelar di dalam ruangan.

Bulutangkis adalah olahraga yang populer, menyenangkan, dan inklusif dengan lebih dari 300 juta pemain aktif di seluruh dunia.

Baca Juga

Bermain selama satu jam saja juga bisa membakar lebih dari 450 kalori dan permainannya pun terasa sangat menyenangkan.

Dengan adanya AirBadminton, BWF dan pihak-pihak terkait berharap bisa mengampanyekan berbagai manfaat bulutangkis bagi kesehatan, sekaligus memberi pengalaman berbeda bagi mereka yang memainkannya.


2. Tentang World Beach Games

AirBadminton bakal debut di World Beach Games Bali 2023. Foto: instagram/bwf.official.

World Beach Games adalah ajang multi-sport dua tahunan yang digelar oleh Association of National Olympic Committees (ANOC).

Belum lama, hajatan ini pertama kali digelar pada 2019 di Doha Qatar. Kemudian, edisi 2021 baru bisa digelar pada 2023 akibat pandemi Covid -19.

Baca Juga

Pulau Dewata Bali, Indonesia, pun ditunjuk sebagai tuan rumah untuk World Beach Games 2023 yang dimulai pada 5 Agustus, dan berlangsung selama kurang lebih satu pekan.

Untuk cabor yang akan ditandingkan (yang sudah dikonfirmasi) adalah aquathlon, bola tangan pantai, kata pantai, sepak bola pantai, tenis pantai, bola voli pantai 4×4, polo air pantai, gulat pantai, kite foil, dan renang.

Soal penunjukan Bali sebagai tuan rumah World Beach Games 2023 sudah diumumkan oleh ANOC pada bulan Juni lalu.

Baca Juga

“Kami senang mengumumkan Bali di Indonesia sebagai tuan rumah ANOC World Beach Games 2023.

Acaranya akan berlangsung mulai 5 hingga 12 Agustus,” demikian bunyi pernyataan penyelenggara di media sosialnya.

Selain olahraga-olahraga yang sudah dikonfirmasi ikut serta, AirBadminton pun kini menyusul dan bakal jadi daya tarik tersendri bagi publik atau siapa saja yang menontonnya.

Baca Juga

Apalagi, Indonesia selama ini dikenal sebagai salah satu ‘rumah’ olahraga bulutangkis, dengan basis penggemar yang jumlahnya tidak main-main.

Penasaran akan seperti apa AirBadminton di World Beach Games Bali 2023?

BulutangkisBerita BulutangkisAirBadmintonWorld Beach Games

Berita Terkini

Berita Terpopuler