x

‘Dibantu’ Loh Kean Yew, Pengganti Lee Zii Jia Diundang Tampil di Kejuaraan Dunia Bulutangkis

Minggu, 7 Agustus 2022 11:35 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Indra Citra Sena
Tunggal putra no. 1 nasional Malaysia pengganti Lee Zii Jia, Ng Tze Yong, mendapat ‘bantuan’ dari Loh Kean Yew untuk tampil di Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2022.

INDOSPORT.COM – Tunggal putra no. 1 nasional Malaysia pengganti Lee Zii Jia, Ng Tze Yong, mendapat ‘bantuan’ dari Loh Kean Yew untuk tampil di Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2022. 

Ng Tze Yong sedang menikmati momentum terbaiknya sejak mewakil Malaysia di acara bulutangkis Commonwealth Games 2022 dengan performa meyakinkan.

Baca Juga

Diragukan publik Negeri Jiran karena perannya sebagai pengganti Lee Zii Jia, Ng Tze Yong nyatanya mampu membungkam keraguan itu dengan mempersembahkan medali emas pekan lalu.

Dirinya menjadi bagian dari tim Malaysia yang memenangkan medali emas usai mengalahkan tim India di babak final nomor beregu campuran.

Saat itu, Ng Tze Yong membalikkan kedudukan Malaysia 2-1 atas India usai menang lewat rubber games dengan skor 21-19, 6-21 dan 21-16 atas Srikanth Kidambi.

Baca Juga

Performanya yang apik ini pun berhasil dia pertahankan di nomor perorangan. Pada Sabtu (06/08/22), Ng Tze Yong melakukan salah satu kejutan besar di Birminghamm.

Ya. Pebulutangkis berusia 22 tahun itu berhasil mencapai babak perempat final usai menggulingkan juara dunia Loh Kean Yew dari Singapura.

Tze Yong melakukan comeback luar biasa usai kalah pada gim pertama untuk mengalahkan Kean Yew dengan skor 15-21, 21-14, 21-11.

Baca Juga

Selanjutnya, pebulutangkis peringkat 42 dunia ini akan melakoni pertandingan ulang dengan Kidambi Srikanth dari India di babak perempat final Commonwealth Games 2022 pada  Minggu (07/08/22) waktu setempat.

Kemenangan atas Loh Kean Yew ini mengantarkan Ng Tze Yong ke gerbang karier yang lebih cerah setelah dirinya berpotensi tampil di Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2022.


1. Ng Tze Yong Bersinar 'Berkat' Lee Zii Jia

Tunggal putra Malaysia, Lee Zii Jia.

Terlepas dari pencapaian tersebut, permainan tunggal putra Ng Tze Yong  yang sangat berapi-api ketika berjuang mengalahkan Srikanth Kidambi menjadi sorotan netizen Malaysia.

Mengalahkan pemain yang pernah membawa India juara Piala Thomas 2022 pada Mei lalu membuktikan bahwa Ng Tze Yong kini layak dijadikan tunggal putra no.1 nasional.

Hal ini juga diungkapkan oleh beberapa netizen Malaysa. Menurut mereka, sinar Ng Tze Yong semakin bersinar di Commonwealth Games yang mana Malaysia sejak awal tidak diperkuat Lee Zii Jia.

Padahal sebelumnya, publik Malaysia sempat meragukan Ng Tze Yong menggantikan peran Lee Zii Jia menyusul keputusan Lee Zii Jia mundur dari Commonwealth Games.

Baca selengkapnya: Tim Bulutangkis Malaysia Raih Medali Emas Commonwealth Games, Netizen: Terima Kasih Lee Zii Jia


2. Ng Tze Yong Tatap Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2022

Ng Tze Yong, tunggal putra Malaysia

Dilansir dari The Star, Ng Tze Yong rupanya telah mendapatkan undangan tampil di Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2022 yang akan digelar di Tokyo, Jepang, pada 21-18 Agustus mendatang.

Meski belum ada kepastian, namun Ng Tze Yong diharapkan menerima undangan tersebut. Jika setuju, ini akan jadi kesempatan debutnya di ajang ajang perebutan status juara dunia antar pebulutangkis.

Baca Juga

Selain itu, tampilnya Ng Tze Yong membuat Malaysia tidak hanya akan mengandalalkan tunggal putra no. 5 dunia, Lee Zii Jia saja di ajang ini.

Lee Zii Jia yang memutuskan mundur dari skuad nasional Malaysia (BAM) awal tahun lalu memutuskan absen di Singapore Open dan Commonwealth Games demi persiapan ke Kejuaraan Dunia Bulutangkis.

Sebelumnya, Ng Tze Yong juga mendapatkan apresias dari Tan Sri Mohamad Norza Zakaria selaku Presiden BAM yang dianggap sebagai kunci kemenangan dan meraih medali emas di Commonwealth Games 2022.

Baca Juga

“Ng Tze Yong tampil sangat baik dan momentum dilanjutkan oleh ganda putri Pearly/Thinaah dan mempersembahkan prestasi luar biasa ini (medali emas),” kata Norza Zakaria.

“Harus diingat bahwa kami adalah tim underdog sebelum final dan bukan favorit, tetapi kami berhasil membuktikan bahwa tak ada yang tak mungkin,” tambahnya.

Baca Juga

Lebih lanjut, Norza Zakaria mengatakan bahwa nampaknya pemain Malaysia sudah belajar dari kesalahan di Piala Thomas 2022, bagaimana pentingnya mencuri poin dari pemain tunggal seperti yang dilakukan oleh Ng Tze Yong.

Commonwealth GamesMalaysiaBulutangkisNg Tze YongBerita BulutangkisLoh Kean YewKejuaraan Dunia Bulutangkis 2022

Berita Terkini