x

Kejuaraan Dunia 2022: Performa Anjlok, Penghancur Rinov/Pitha ini Siap Ngamuk Lagi?

Kamis, 18 Agustus 2022 16:54 WIB
Penulis: Miranti | Editor: Isman Fadil
Menurun usai raih emas Olimpaide Tokyo 2020, rival Rinov/Pitha asal China, Wang Yilyu/Huang Dong Ping, siap ngamuk di Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2022 (BWC).

INDOSPORT.COM – Menurun usai raih emas Olimpaide Tokyo 2020, rival Rinov/Pitha asal China, Wang Yilyu/Huang Dong Ping, siap ngamuk di Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2022 (BWC).

Diketahui, pasca meraih emas Olimpiade Tokyo 2020, ganda campuran ranking 4 dunia asal China, penampilan Wang Yilyu/Huang Dong Ping bisa dibilang sedang ‘terjun bebas.’

Baca Juga

Tercatat, sepanjang enam turnamen bulutangkis terakhir pada tahun 2022, Wang Yilyu/Huang Dongping gagal menapaki partai final.

Total, dalam keikutsertannya di BWF World Tour Super pada 2022, Wang Yilyu/Huang Dongping hanya sekali juara di Korea Masters 2022.

Hasil turnamen ini jelas menurun jika dibandingkan dengan keperkasaan rival Rinov/Pitha itu pada turnamen sepanjang 2019-2021.

Baca Juga

Pada edisi 2019-2021, Wang Yilyu/Huang Dongping sukses menapaki 12 final BWF World Tour dengan 5 gelar juara. Apalagi saat itu, bisa bertahan di saat dunia sedang bergelut pada keterbatasan turnamen efek Covid-19.

Kini, jelang Kejuaraan Dunia Bulutangkis atau BWF World Championship (BWC) 2022 pada 22-28 Agustus, Wang Yilyu/Huang Dong Ping memiliki pekerjaan rumah untuk mencapai top performa lagi.

Masalahnya, penurunan performa mereka sejauh ini salah satu lantaran Huang Dong Ping dipapar cedera siku. Pertanyaannya, bisakah mereka bisa menyabet emas?

Baca Juga

Pertanyaan itu mungkin bisa dijawab segera. Melansir laman Sohu, media lokal China itu memaparkan bahwa cedera Huang Dong Ping sudah berangsur-angsur membaik.

“Cedera Huang Dongping berangsur-angsur pulih, dan Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2022, diharapkan memenangkan kejuaraan bersama Wilyu,” demikian headline media Sohu.


1. Bersiap Ngamuk Lagi, Potensi Ketemu Rinov/Pitha

Huang Dong Ping berangsur membaik usai rehabilitasi cedera.

Ya, dilansir dari media Sohu, Huang Dong Ping yang diberitakan terpapar cedera siku sejak beberapa waktu lalu, kini sudah berangsur membaik karena proses rehabilitasi intens.

Wang Yilyu sebagai rekannya juga termasuk yang pengertian dan saling mendukung demi tujuan terdekat, yaitu emas Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2022 (BWC).

Baca Juga

Pada Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2022 ini, Wang Yilyu/Huang Dong Ping berada di pool yang sama. Mereka berpotensi akan bertemu di babak semifinal.

Namun untuk mencapai misi itu, mereka harus melewati banyak pemain menyulitkan lainnya. Termasuk Wang Yilyu/Huang Dong Ping yang berpotensi jumpa Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari.

Wang Yilyu/Huang Dong Ping vs Rinov/Pitha akan berpotensi bertemu di babak 16 besar Kejuaraan dunia Bulutangkis 2022.

Baca Juga

Mungkin secara head to head, Rinov/Pitha selama ini masih kesulitan untuk meraih kemenangan dalam tiga pertemuan sebelumnya dengan Wang Yilyu/Huang Dongping.

Hanya saja, Wang Yilyu/Huang Dong Ping harusnya mewaspadai rivalnya itu yang diketahui memang sedang on fire selama beberapa waktu belakangan ini.

Tercatat, Rinov/Pitha baru saja melesat ke babak final Malaysia Masters 2022 pada Juli lalu. Mereka saat itu kalah di final lawan Zheng Siwei/Huang Dong Ping.

Baca Juga

Jikapun bisa melewati para kuda hitam, Wang Yilyu/Huang Dong Ping juga harus berhati-hati jilka kembali bertemu dengan Zheng Siwei/Huang Yaqiong.

Karena pastinya Zheng Siwei/Huang Yaqiong pasti sedang dendam membara untuk membalas kekalahan atas Wang Yilyu/Huang Dong Ping di final Olimpiade Tokyo 2020.


2. Zheng Siwei/Huang Yaqiong Turun Takhta

Zheng Siwei/Huang Yaqiong kembali turun ke peringkat kedua BWF, per Selasa (16/08/22).

Tampaknya teman tapi musuh adalah sebutan yang tepat untuk menggambarkan persaingan pemain bulutangkis ganda campuran elite dunia, Dechapol Puavaranukroh/Sapsiree Taerattanachai dan Zheng Siwei/Huang Yaqiong.

Betapa tidak, di saat keduanya berteman dekat di luar lapangan, di saat yang sama mereka menjadi seteru paling mematikan di lapangan bulutangkis.

Pada Selasa (07/12/21) lalu, Dechapol/Sapsiree secara resmi menduduki ranking satu dunia BWF sekaligus sukses meruntuhkan dominasi Zheng Siwei/Huang Yaqiong sejak 8 Desember 2018.

Namun Zheng Siwei/Huang Yaqiong kembali terkahta lagi di puncak ranking sejak update BWF pada Selasa (21/06/22). Kini pada update ranking BWF pada Selasa (16/08/22), Dechapol/Sapsiree kembali bisa merebut takhtanya lagi sebagai ‘penguasa’ ganda campuran.

Baca selengkapnya: Gusur Sang Bestie Lagi di Puncak Ranking, Sapsiree Langsung Tebar Psywar Gemas

 

ChinaWang Yilyu/Huang DongpingBulutangkisRinov Rivaldy/Pitha HaningtyasBerita BulutangkisKejuaraan Dunia BulutangkisKejuaraan Dunia Bulutangkis 2022

Berita Terkini