x

Ng Tze Yong, Tunggal Malaysia Pemupus Mimpi Indonesia di Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2022

Senin, 22 Agustus 2022 19:52 WIB
Editor: Subhan Wirawan
Profil Ng Tze Yong, sang tunggal putra asal Malaysia yang jadi pemupus mimpi wakil Indonesia di putaran pertama Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2022.

INDOSPORT.COM – Melihat profil Ng Tze Yong, sang tunggal putra asal Malaysia yang jadi pemupus mimpi wakil Indonesia di putaran pertama Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2022.

Pada pertandingan perdana Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2022 yang berlangsung hari Senin (22/08/22), salah satu wakil Indonesia sudah langsung turun tampil untuk amankan langkah ke putaran selanjutnya.

Baca Juga

Salah satunya ialah tunggal putra Chico Aura Dwi Wardoyo yang langsung bermain di laga pembuka di babak 64 besar pada Senin (22/08/22) pagi WIB.

Chico Aura selaku juara Malaysia Masters 2022 berhadapan dengan tunggal putra andalan Malaysia yang sedang naik daun yakni Ng Tze Yong.

Pada gim pertama, Chico cukup kesulitan karena Ng Tze Yong langsung tancap gas dan membuatnya kelimpungan.

Baca Juga

Sempat memberikan perlawanan, namun pemain tunggal putra muda Indonesia itu belum mampu membendung perlawanan Ng Tze Yong.

Setelah sempat kalah 16-21 atas Ng Tze Yong di gim pertama, Chico Aura pun harus kalah dan mengakui keunggulan wakil Malaysia dengan skor 10-21 pada gim kedua.

Dengan hasil ini, tunggal putra Indonesia dipastikan kehilangan satu wakil di babak awal Kejuaraan Dunia 2022 dan tinggal menyisakan Anthony Sinisuka Ginting serta Jonatan Christie.

Baca Juga

Melihat dari pencapaian hingga tahun 2022 ini, apa yang diraih Ng Tze Yong terbilang sangat impresif meski usianya kini baru menginjak 22 tahun.

Usai mengalahkan Chico Aura Dwi Wardoyo, karier Ng Tze Yong di Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2022 diprediksi bakal terus bersinar bahkan bisa buat kejutan di babak selanjutnya.

Untuk lebih mengenal sosok Ng Tze Yong, berikut INDOSPORT merangkum serta mengulas profil singkat sang tunggal putra potensial asal Malaysia ini:


1. Profil Ng Tze Yong

Ng Tze Yong pebulutangkis Malaysia

Melansir dari laman The Star, diketahui bahwa Ng Tze Yong lahir dari keluarga yang juga menggemari olahraga bulutangkis.

Sang Ayah yakni Wilson Ng Soon Tuan, merupakan pelatih bulutangkis di Malaysia dan telah mengajarkan Ng Tze Yong sejak usia empat tahun.

Baca Juga

Dengan bekal dari sang Ayah, bakat bulutangkis Ng Tze Yong pun berkembang pesat dan sukses mengharumkan nama Malaysia sata usianya masih belia.

Meski dikenal sebagai pebulutangkis di nomor tunggal putra, namun Ng Tze Yong sempat tampil sebagai spesialis ganda dan berhasil memenangkan sejumlah gelar.

Pada tahun 2017, Ng Tze Yong sukses memenangkan medali perunggu di nomor ganda putra Kejuaraan Junior Asia 2017 bersama Chia Wei Jie.

Baca Juga

Prestasi Ng Tze Yong terus berlanjut di ajang Kejuaraan Dunia Junior BWF 2017, di mana ia sukses meraih timnas Malaysia memenangkan medali perak.

Sejak tahun 2018, kiprah Ng Tze Yong sebagai tunggal putra akhirnya dimulai dengan berhasil menjuarai beberapa turnamen BWF International Challenge/Series.

Gelar South Australia International tahun 2019, jadi prestasi pertama Ng Tze Yong sebagai tunggal putra setelah mengalahkan wakil Korea Selatan, Lee Hyun-il di partai final.

Baca Juga

Total sejak turun di nomor perorangan, Ng Tze Yong berhasil meraih empat gelar BWF International Challenge/Series, mulai dari South Australia International, Polish Open, Belgian International serta Scottish Open.


2. Prestasi Bersama Malaysia

Tunggal putra Malaysia, Ng Tze Yong. Foto: Instagram@tzeyong_ng

Berkat penampilan gemilang di ajang BWF, Ng Tze Yong kerap kali masuk dalam daftar pemain Timnas Malaysia yang turun di sejumlah turnamen bergengsi.

Bahkan saat usianya masih 21 tahun, Ng Tze Yong sempat masuk dalam skuat Timnas Malaysia dalam ajang Sudirman Cup dan Thomas Cup.

Baca Juga

Di kompetisi Thomas Cup, Ng Tze Yong berhasil sekali tampil di babak penyisihan grup dengan mengalahkan B. R. Sankeerth asal Kanada.

Sementara pada ajang Sudirman Cup, Ng Tze Yong juga mampu catatkan penampilan saat hadapi Mohamed Mostafa Kamel dari Mesir di babak penyisihan grup.

Ng Tze Yong bahkan sukses membantu Malaysia meraih medali perunggu setelah mengalahkan Indonesia di babak perempat final.

Sepanjang tahun 2022 ini, sinar Ng Tze Yong juga masih cerah lantaran berhasil membantu Malaysia meraih medali emas di ajang Commonwealth Games serta Asia Team Championships.

Berkaca dari statistik tersebut, menarik dinanti kiprah selanjutnya dari Ng Tze Yong di babak kedua Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2022 nanti.

Pada putaran kedua Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2022, Ng Tze Yong yang berhasil mengalahkan Chico Aura Dwi Wardoyo akan bertemu dengan kuda hitam Thailand, Sitthikom Thammasin.

Chico Aura Dwi WardoyoNg Tze YongKejuaraan Dunia BulutangkisKejuaraan Dunia Bulutangkis 2022

Berita Terkini