x

The Minions Bertekad Patahkan Kutukan di Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2022

Rabu, 24 Agustus 2022 15:35 WIB
Penulis: Stefan Ariel Kristanto | Editor: Prio Hari Kristanto
Ganda putra asal Indonesia, Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo, akui ingin patahkan kutukan di Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2022 kali ini. Foto: PBSI

INDOSPORT.COM – Ganda putra asal Indonesia, Kevin Sanjaya/Marcus Gideon, akui ingin patahkan kutukan di Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2022 kali ini.

Sebagaimana diketahui, Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2022 kali ini dihelat pada tanggal (22/08/22) sampai dengan (28/08/22) dan dilaksanakan di Tokyo Metropolitan Gymnasium, Jepang.

Baca Juga

Pasangan ganda putra asal Indonesia itu tentunya mempunyai rentetan prestasi yang sangat ciamik di dunia bulutangkis.

Bagaimana tidak? Sejak Kevin Sanjaya Sukamuljo dipasangkan dengan Marcus Fernaldi Gideon, ia telah memenangkan 36 gelar juara dalam karier bulutangkisnya.

Gelar juara tersebut, termasuk All England 2017, All England 2018, dan Asian Games 2018. Selain itu, keduanya juga tergabung dalam Tim Nasional Bulutangkis Indonesia yang berhasil memenangkan banyak trofi sebelumnya.

Baca Juga

Sebut saja Sea Games 2015, Kejuaraan Asia Beregu pada tahun 2016, 2018, dan 2020, serta Kejuaraan Piala Thomas yang merupakan gelar pertama Indonesia dalam 19 tahun terakhir.

Bersama Marcus Fernaldi Gideon, Kevin Sanjaya mendapatkan penghargaan BWF sebagai pebulu tangkis terbaik seluruh dunia dua tahun berturut-turut seusai memenangkan 7 gelar BWF Superseries pada 2017 dan 8 gelar World Tour pada 2018.

Kini semenjak sekian lama absen dari kompetisi bulutangkis, Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon siap menyabet gelar juara kembali di Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2022.

Baca Juga

Sebagai informasi, Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon, belum pernah menjuarai Kejuaraan Dunia Bulutangkis.

Oleh sebab itu, Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon mengakui ingin mematahkan kutukan di Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2022 saat ini.


1. Ingin Patahkan Kutukan Tidak Pernah Menang di BWC

Pasangan ganda putra Indonesia Marcus Gideon/Kevin Sanjaya di Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2022. Foto: PBSI

Salah satu anomali mencolok dalam karier cemerlang Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo adalah nirgelar dalam Kejuaraan Dunia atau medali Olimpiade.

Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo  bisa dibilang sebagai pasangan tersukses selama lima tahun terakhir, tetapi mereka tidak pernah berhasil memenangkan medali yang didambakan tersebut.

Baca Juga

Setelah lolos dengan mulus ke babak 16 besar dengan mempulangkan wakil asal Republik Ceko, Jaromir Jaracek/Tomas Svejda, Gideon mengakui bahwa mereka ingin memecahkan kutukan kali ini.

“Kami sangat menginginkan medali Kejuaraan Dunia, karena kami belum pernah memenangkannya. Tapi kami tidak ingin memberi tekanan pada diri kami sendiri; jadi kami hanya fokus untuk bermain dengan baik,” katanya dilansir dari BWF World Championship.

Hal senada tampaknya juga dilontarkan oleh pasangan Gideon, yang tak lain adalah Kevin Sanjaya yang baru saja melamar Valencia Tanoesoebdijo beberapa waktu lalu.

Baca Juga

“Tentu saja kami ingin menjadi juara di sini. Kami hanya akan tetap fokus, mengambil langkah demi langkah, dan mencoba yang terbaik. Kami tidak ingin mendapat tekanan ekstra,” kata kekasih Valencia tersebut.

Meski menjadi unggulan teratas, ekspektasi terhadap mereka akan berbeda dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

Marcus Gideon menjalani operasi pada pergelangan kaki kirinya pada bulan April untuk menghilangkan potongan tulang. Kendatipun ia pulih dengan cepat dan memainkan dua event di Indonesia, Minion diistirahatkan untuk acara-acara berikut agar dia sembuh total.

Baca Juga

Marcus Gideon, yang terlihat lebih kurus dari biasanya, turut mengatakan bahwa dia hampir bugar sepenuhnya.

“Saya merasa senang bisa kembali bermain di Tokyo. Saya merasa sangat baik, hampir 100 persen," katanya, “Saya kehilangan enam kilogram. Saya harus menurunkan berat badan karena setelah operasi kaki tidak dapat menahan beban terlalu banyak.”


2. Rival The Minions Janji Sabet Gelar BWC

Selebrasi Aaron Chia/Soh Wooi Yik usai kalahkan Marcus/Kevin di Olimpiade Tokyo 2020.

Rival Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo asal Malaysia, Aaron Chia/Soh Wooi Yik, mengaku siap mengikuti Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2022.

Pebulu tangkis unggulan keenam, Aaron Chia/Soh Wooi Yik bertekad untuk mengulang Kejuaraan Dunia di Nanjing, China, pada 2018 lalu.

Pasalnya dalam tiga turnamen resmi BWF yang telah diikuti, Aaron Chia/Soh Wooi Yik tidak pernah merasakan sensasi berlaga di final.

Melansir New Straits Times, Aaron/Wooi Yik, terakhir hanya bisa memenangkan medali perunggu ganda putra di Birmingham Commonwealth Games baru-baru ini.

Dengan capaian tersebut, pasangan andalan Malaysia itu akan tampil dengan motivasi yang tinggi dalam ajang BWF World Championship atau Kejuaraan Dunia Bulutangkis di Jepang.

Baca selengkapnya: Sempat Terpuruk, Rival Kevin Sanjaya/Marcus Gideon Umbar Janji di Kejuaraan Dunia

Marcus Fernaldi Gideon dan Kevin Sanjaya SukamuljoKevin Sanjaya/Marcus GideonBulutangkisKejuaraan Dunia Bulutangkis 2022

Berita Terkini