x

Petenis Polandia Iga Swiatek Cetak Rekor Mengesankan Juara US Open 2022

Senin, 12 September 2022 18:55 WIB
Penulis: Miranti | Editor: Indra Citra Sena
Kalahkan Ons Jabeur, petenis putri ranking satu dunia asal Polandia, Iga Swiatek, sukses melanjutkan dominasinya dengan menjuarai Grand Slam US Open 2022.

INDOSPORT.COM – Kalahkan Ons Jabeur, petenis putri ranking satu dunia asal Polandia, Iga Swiatek, sukses melanjutkan dominasinya dengan menjuarai Grand Slam US Open 2022.

Bertanding di Arthur Ashe Stadium, New York, Amerika Serikat, Minggu (11/09/22), Iga Swiatek berhasil meraih gelar juara US Open 2022 pasca mengalahkan wakil Tunisia, Ons Jabeur.

Baca Juga

Dalam laga tersebut, Iga Swiatek meraih kemenangan dua set 6-2 dan 7-6 atas Ons Jabeur. Sepanjang set pertama, Iga Swiatek tampil dominan untuk meraih keunggulan 6-2 ats ons Jabuer.

Sementara pada set kedua, Ons Jabeur mampu memberikan perlawanan sengit. Namun Iga Swiatek mampu konsisten sampai dia mendapatkan kemenangan atas lawannya dengan tie break.

Hasil manis di US Open 2022 ini menandai comeback Iga Swiatek yang sempat menurun pada pertengahan tahun 2022, dimulai dari gelaran Grand Slam Wimbledon 2022.

Baca Juga

Padahal sebelum Wimbledon 2022, Iga Swiatek begitu mengganas dengan mengukir 37 kemenangan beruntun di paruh 2022.

Diantaranya adalah  Iga Swiatek yang menjuarai turnamen tenis Stuttgart Open 2022 (Minggu, 24/4/22), Miami Open 2022 (3/4/22), Indian Wells (21/3/22), dan lainnya.

Praktis, kemenangannya atas Ons Jabeur di US Open 2022, membuat Iga Swiatek kini mengoleksi tujuh gelar juara pada tahun 2022.

Baca Juga

Tentu saja sekaligus menegaskan statusnya sebagai petenis tunggal putri terbaik semenjak pensiunnya ratu Ashleigh Barty pada awal 2022 lalu.

“Saya tidak berharap banyak. Sebelum turnamen ini (US Open 2022), ada saat-saat yang menantang,” ucap Ashleigh Barty melansir BBC Sports.


1. Cetak Sejarah Bagi Polandia

Swiatek berhasil menorehkan catatan apik dengan menjadi petenis tunggal putri asal Polandia pertama yang berhasil menjadi juara US Open.

Lebih lanjut, usai menerobos dari hasil minor belakangan ini,  Iga Swiatek masih tidak menduga dengan hasil yang telah dicapainya di US Open 2022. Apalagi dia bisa mengalahkan sang rival, Ons Jabeur.

“Saya tidak ayakin apakah saya berada di level untuk memenangkan Grand Slam, terutama di US Open di mana permukaannya begitu cepat,” ucap Iga Swiatek.

Baca Juga

“(kemenangan) ini juga seperti balasan bagi saya bahwa langit ada batasnya,” sambungnya.

Terlepas dari apapun itu, Iga Swiatek merasa bersyukur bahwa kerja kerasnya terbayar dengan menjuarai US Open 2022.

“Ini adalah sesuatu yang tidak saya duga. Saya bangga, sedikit terkejut, dan senang saya bisa melakukannya,” ucap Iga Swiatek dengan bangga.

Baca Juga

Selain menandai comeback manisnya, menjuarai US Open 2022 juga melahirkan rekor mentereng bagi Iga Swiatek dalam karier sebagai petenis.

Petenis berusia 21 tahun itu berhasil menorehkan catatan apik dengan menjadi petenis tunggal putri asal Polandia pertama yang berhasil menjadi juara US Open.

Selain itu, ini adalah gelar pertama yang diraih Iga Swiatek di ajang US Open. Sebelumnya, Iga Swiatek meraih gelar Grand Slam sebanyak dua kali di French Open.

Baca Juga

Iga Swiatek yang mengalahkan Ons Jabeur, berhak menerima hadiah fantastis sebagai juara US Open 2022 dengan total 2,6 dolar  (sekitar Rp38,5 miliar).

“Saya sangat senang karena itu (hadiah) tidak diberikan dalam bentuk tunai,” kata Iga Swiatek dengan gurauannya saat menerima hadiah tersebut.


2. Carlos Alcaraz Juara US Open 2022

Sukses cetak sejarah, petenis 19 tahun yang berjuluk titisan Rafael Nadal, Carlos Alcaraz Garfia, sukses menggapai gelar juara Grand Slam US Open 2022.

Sukses cetak sejarah, petenis 19 tahun yang berjuluk titisan Rafael Nadal, Carlos Alcaraz Garfia, sukses menggapai gelar juara Grand Slam US Open 2022.

Petenis asal Spanyol itu berhasil mengalahkan unggulan kelima asal Norwegia, Casper Ruud, di final US Open 2022 yang berlangsung Senin (12/09/22) pagi WIB.

Bertanding di Arthur Ashe Stadium, menghadapi Casper Ruud, Carlos Alcaraz tampil habis-habisan untuk meraih kemenangan sengit 6-4, 2-6, 7-6, 6-3 dalam waktu 3 jam 20 menit.

Bagi Carlos Alcaraz yang masih berusia 19 tahun sekaligus petenis pelapis Rafael Nadal di Spanyol, US Open 2022 menjadi gelar Grand Slam pertamanya.

Dilansir dari laman resmi US Open 2022, pada usia 19 tahun 129 hari, Carlos Alcaraz menjadi petenis termuda yang mampu mencapai peringkat satu dunia sejak ranking tunggal diperkenalkan tahun 1973.

Baca selengkapnya: Juara US Open 2022, Wonderkid Titisan Rafael Nadal Catat Sejarah Fantastis

 

Grand SlamTenisUS OpenBerita TenisIga Swiatek

Berita Terkini