x

Roger Federer dan Serena Williams Pensiun Bareng, Ini 3 Calon Penerusnya

Jumat, 16 September 2022 19:27 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Roger Federer saat bersama Serena Williams. Foto: REUTERS/Siggi Bucher/File Photo.

INDOSPORT.COM - Roger Federer dan Serena Williams baru saja mengumumkan keinginan mereka untuk pensiun dari turnamen kompetitif.

Nama yang pertama, menyampaikan pengumuman tersebut lewat media sosial Instagram dan Twitter, Kamis (15/09/22).

Baca Juga

“Hari ini saya mau memberi kabar untuk kalian semua. Banyak dari kalian yang sudah tahu, tiga tahun ini saya mendapat banyak tantangan seperti cedera dan operasi,” ujarnya.

“Saya telah bekerja keras untuk kembali ke mode kompetitif, tapi saya juga tahu kapasitas dan batas tubuh saya, dan sinyal-sinyal yang diberikan kepada saya akhir-akhir ini sudah jelas.”

Untuk diketahui, Roger Federer saat ini telah berusia 41 tahun dan telah bermain lebih dari 1.500 pertandingan selama 24 tahun kariernya di dunia tenis.

Baca Juga

Setelah melakoni jalan karier yang panjang, petenis asal Swiss tersebut akan tampil untuk terakhir kalinya di event ATP di Laver Cup pekan depan di London.

Dalam pengumumannya, Roger Federer memastikan dirinya akan tetap bermain tenis, hanya saja tidak di turnamen ATP dan Grand Slam.

Lebih lanjut, ia juga mengungkap perasaannya pensiun dari turnamen kompetitif. Bittersweet katanya. Pemain kelahiran Basel tersebut mengaku akan sangat merindukan tenis.

Baca Juga

Namun di sisi lain, ia merasa beruntung dan bersyukur dengan apa yang sudah ia dapatkan selama berkarier sebagai petenis.

Ia pun berterima kasih kepada sang istri yakni Mirka, keluarga, kawan dan para anggota tim yang telah membantunya meraih kesuksesan.


1. Mencari Penerus Roger Federer dan Serena Williams

Roger Federer saat bersama Serena Williams. Foto: REUTERS/Siggi Bucher/File Photo.

Sebelum kabar Roger Federer pensiun, dunia tenis dikagetkan oleh Serena Williams yang mengambil keputusan gantung raket.

Keputusan tersebut ia ungkap jelang turnamen Grand Slam US Open 2022. Namun sayang, alih-alih mencatatkan hasil manis, ibu satu anak tersebut malah tersingkir cepat di putaran ketiga.

Baca Juga

Kini, dua legenda tenis dunia telah memutuskan mundur dari turnamen-turnamen kompetitif yang selama ini sdudah membesarkan nama mereka.

Bahkan Serena Williams sempat berseloroh kepada Roger Federer lewat foto mereka berdua yang ia unggah ke Instagram.

“Selamat datang ke klub pensiunan!” tulisnya dalam caption.

Baca Juga

Lantas, dengan gantung raketnya Roger Federer dan Serena Williams ini, dunia tenis internasional pun bersiap menyambut regenerasi pemain yang bakal terjadi dalam beberapa tahun ke depan.

Kira-kira siapa saja calon penerus duo legenda hidup ini? Berikut tiga di antaranya.

Stefanos Tsitsipas

Meski berasal dari negara yang berbeda, petenis asal Yunani ini sudah sering dibanding-bandingkan dengan Roger Federer lantaran gaya permainan mereka yang mirip.

Baca Juga

Klaim tersebut salah satunya sempat pula diungkapkan oleh mantan pemain asal Amerika Serikat, Andy Roddick.

“Dia dianggap semacam penerus Roger Federer karena cara bermainnya sangat mirip,” ucap Andy Roddick seperti diwartakan laman Tennis World USA.


2. Siapa Lagi?

Petenis asal Yunani, Stefanos Tsitsipas. Foto: Amin Mohammad Jamali/Getty Images.

Hanya saja, perbandingan tersebut nampaknya masih harus ‘dikaji’ lagi mengingat Stefanos Tsitsipas belum pernah memenangkan satu pun gelar Grand Slam sepanjang kariernya.

Sementara itu, Roger Federer sudah menjadi juara Wimbledon ketika usianya 22 tahun. Saat ini, usia Stefanos Tsitsipas sudah 24 tahun.

Baca Juga

Meski begitu, Stefanos Tsitsipas masih punya banyak kesempatan untuk meraih banyak gelar sebelum memasuki usia pensiun Roger Federer (41 tahun).

Sejauh ini, petenis kelahiran Athena tersebut sudah mengantongi 9 gelar termasuk ATP Finals yang diraihnya tahun 2019 lalu.

Bianca Andreescu

Bisa menjadi penerus Serena Williams sebagai ‘wajah’ WTA yang selama ini identik dengan istri Alex Ohanian tersebut.

Baca Juga

Sejauh ini, Bianca Andreescu punya potensi yang cukup lumayan sebagai seorang pemain muda. Ia menjadi petenis putri pertama asal Kanada yang berhasil mencapai ranking 4 WTA sepanjang sejarah.

Selain itu, ia juga pernah secara mengejutkan menekuk Serena Williams di final US Open 2019 dan meraih Grand Slam pertamanya di sektor tunggal.

Jannik Sinner

Sempat mendapat pujian dari John McEnroe yang percaya petenis Italia berusia 21 tahun tersebt bisa menjadi peneus Roger Federer, Novak Djokovic, dan Rafael Nadal sebagai anggota Big 3 masa depan.

Baca Juga

Menurutnya, Jannik Sinner punya kapabilitas sebagai pemain yang bisa memenangkan banyak gelar Grand Slam.

Bahkan, pada 2020 lalu, ia juga menyebut Janik Sinner adalah salah satu ‘bocah’ terbaik yang pernah ia temui selama 10 tahun terakhir.

Serena WilliamsGrand SlamRoger FedererTenisBerita Tenis

Berita Terkini