x

Momota Was-was! Lee Zii Jia Tembus 3 Besar Ranking Dunia BWF Terbaru Pekan Depan

Minggu, 25 September 2022 14:40 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Prio Hari Kristanto
Tunggal putra andalan Malaysia, Lee Zii Jia, dipastikan akan menembus posisi tiga besar di ranking dunia BWF pekan depan.

INDOSPORT.COM – Tunggal putra andalan Malaysia, Lee Zii Jia, dipastikan akan menembus posisi tiga besar di ranking dunia BWF pekan depan.

Pekan depan, BWF akan kembali merilis ranking terbaru para pebulut angkis dunia setelah poin pada pekan ke-44 hingga 47 tahun 2019 dihapuskan.

Baca Juga

Penghapusan poin tersebut menjadi berkah tersendiri untuk Lee Zii Jia. Sebab, Juara Asia 2022 itu bakal menduduki posisi nomor tiga dunia, pencapaian tertinggi dalam kariernya.

Kabar ini melansir dari akun fanbase bulutangkis, Badminton Talk melalui akun resmi Twitter-nya pada Minggu (25/09/22).

“Selamat untuk Lee Zii Jia dari Malaysia yang mencapai karier tertinggi sebagai tunggal putra no 3 dunia pekan depan,” tulis Badminton Talk.

Baca Juga

“Dengan kadaluarsanya poin ranking dunia pekan 44 hingga pekan 47 tahun 2019, Lee Zii Jia dari Malaysia akan mencapai ranking 3 dunia pekan depan, yang merupakan ranking tertinggi dalam karirnya,” lanjut Badminton Talk.

Dengan pencapaiannya tersebut, Lee Zii Jia menggusur posisi tunggal putra Denmark, Anders Antonsen, yang menghuni posisi ketiga pada pekan sebelumnya.

Selain itu, Lee Zii Jia juga akan dianggap sebagai penantang serius Viktor Axelsen yang dipastikan masih akan menduduki posisi pertama di ranking BWF.

Baca Juga

Selain itu, Lee Zii Jia juga berpeluang menggusur Kento Momota asal Jepang dari posisi nomor dua dunia mengingat selisih perolehan poin keduanya tak begitu jauh.

Pencapaian Lee Zii Jia ini jelas menjadi sebuah kabar gembira di tengah sorotan publik Negeri Jiran lantaran tren performanya terus menurun belakangan ini.


1. Performa Jeblok Bikin Lee Zii Jia Dikritik Publik Malaysia

Pebulutangkis Malaysia, Lee Zii Jia, memegang trofi juara All England 2021 setelah mengalahkan Viktor Axelsen (Denmark) pada laga final di Utilita Arena Birmingham, Minggu (21/3/2021).

Diketahui, sejak tampil moncer di Indonesia Open 2022 lalu, Lee Zii Jia bak sedang kehabisan bensin. Bahkan, Lee Zii Jia kerap kalah di babak-babak awal dalam tiga ajang selanjutnya.

Di ajang Malaysia Open, Lee Zii Jia yang jadi salah satu unggulan tak ammpu melaju jauh usai dikalahkan pebulu tangkis Indonesia, Shesar Hiren Rhustavito, lewat drama tiga gim.

Baca Juga

Hasil minor yang diraih Lee Zii Jia berlanjut saat tampil di Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2022.

Niatnya mengincar medali emas, jawara Thailand Open 2022 ini justru kandas di babak ketiga dari pemain China, Zhao Jun Peng.

Puncaknya, Lee Zii Jia langsung kandas pada babak pertama saat ambil bagian di Japan Open 2022. Saat itu, dia kalah dari pebulu tangkis India, Kidambi Srikanth.

Baca Juga

Lee Zii Jia tentunya punya kesempatan untuk bangkit dari keterpurukan saat dia ambil bagian di tur Eropa di Denmrak, Prancis, dan Jerman.

Tur Eropa akan jadi rangkaian turnamen yang cukup padat bagi Lee Zii Jia dan pebulu tangkis dunia lainnya. Dimulai dengan Denmark Open 2022 (18-23 Oktober).

BWF World Tour akan dilanjutkan dengan gelaran French Open (25-30 Oktober), sebelum beralih ke Hylo Open 2022 di Jerman (1-6 November).

Baca Juga

Setelah tur Eropa tuntas, ada Australian Open 2022, dan kemudian beralih ke tiga turnamen di China yakni China Open Super 1000 (29 November-4 Desember), China Open (6-11 Desember), dan BWF World Tour Finals (14-18 Desember).


2. Kerap Dikritik, Lee Zii Jia Tulis Pesan Menohok

Pebulutangkis Malaysia, Lee Zii Jia, merayakan kemenangan pada babak semifinal All England 2012 yang digelar di Utilita Arena Birmingham, Sabtu (20/3/2021).

Tunggal putra nomor 1 Malaysia, Lee Zii Jia menuliskan pesan menohok usai kerap dikritik karena kegagalannya di sejumlah turnamen bulutangkis yang telah berlangsung.

Sebagaimana diketahui sebelumnya Lee Zii Jia menjadi pusat perhatian karena kandas lebih awal di ajang Japan Open 2022 awal September kemarin.

Sebab, Lee Zii Jia yang menjadi salah satu penantang gelar nyatanya malah tersingkir lebih cepat yakni kalah atas wakil India, Kidambi Srikanth, di babak pertama Japan Open 2022.

Apalagi statusnya kini sebagai pemain independen pasca memutuskan hengkang dari BAM pada awal tahun 2022 semakin membuatnya kebanjiran kritik dan bahkan hujatan.

Namun belum lama ini Lee Zii Jia menuliskan pesan menohok melalui akun Instagram pribadinya pada Senin (19/09/22). 

Baca selengkapnya: Kerap Dikritik, Tunggal Putra Nomor 1 Malaysia Lee Zii Jia Tulis Pesan Menohok

BWFMalaysiaBulutangkisLee Zii JiaBerita Bulutangkis

Berita Terkini