x

Oma Gill Beberkan Fakta Tunggal Putri Denmark Open, Akane Berpeluang Jadi 'Alien'

Minggu, 9 Oktober 2022 12:25 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Indra Citra Sena
Komentator bulutangkis asal Inggris, Gillian Clark, atau yang akrab disapa Oma Gill membeberkan fakta menarik pada sektor tunggal putri di Denmark Open 2022. Foto: Herry Ibrahim/INDOSPORT

INDOSPORT.COM – Komentator bulutangkis asal Inggris, Gillian Clark, atau yang akrab disapa Oma Gill membeberkan fakta pada sektor tunggal putri di ajang Denmark Open 2022.

Menariknya, Akane Yamaguchi berpeluang memecahkan rekor sebagai tunggal putri dengan gelar terbanyak Denmark Open jika dia mampu keluar sebagai pemenang di edisi tahun ini.

Baca Juga

Dalam dua pekan, bulutangkis akan kembali diramaikan dengan serangkaian tur Eropa yang akan dimulai dengan ajang Super 750 Denmark Open 2022 (18-23 Oktober 2022).

Jelang turnamen berhadiah 750 ribu dolar tersebut, Oma Gill mengunggah nama-nama juara Denmark Open dari sektor tunggal putri dalam 15 tahun terakhir.

Dari tahun 2007ketika masih berstatus Super Series hingga 2022 dengan status Word Tour, Denmark Open sudah melahirkan 11 pemain berbeda yang memenangkan gelar juara di sektor tunggal putri.

Baca Juga

Menurut Oma Gill lewat akun Instagram-nya, setiap satu dari 11 pemain tunggal putri tersebut pernah menduduki peringkat 1 dunia pada tahap tertentu perjalanan karier mereka.

“Satu kesamaan dengan 11 pemain berbeda yang telah memenangkan gelar tunggal putri di Denmark Open ke-15 sejak dimulainya Super Series/World tour pada tahun 2007,” tulis Oma Gill.

“Cukup luar biasa, setiap satu dari 11 pemain itu (pada tahap tertentu) telah Peringkat 1 di dunia,” lanjutnya.

Baca Juga

Apabila dibedah lebih mendalam fakta tersebut, dua dari 11 pemain jawara itu mampu mengantongi dua gelar juara di Denmark Open.

Pemain pertama yakni Wang Yihan dari China, yang menduduki peringkat 1 tunggal putri dunia pada Oktober 2009 di bawah asuhan Zhang Ning, peraih medali emas dalam dua Olimpiade.


1. Akane Yamaguchi Berpeluang Cetak Rekor di Denmark Open 2022

Akane Yamaguchi berhasil menjadi juara sektor tunggal putri Indonesia Open 2019 usai mengalahkan tunggal India, P.V. Sindhu pada babak final dengan skor 21-16 dan 21-15 di Istora Senayan, Minggu (21/07/19). Foto: Herry Ibrahim/INDOSPORT

Wang Yihan memenangkan gelar Denmark Open pertamanya pada tahun 2010, dan yang kedua diraih pada tahun 2013. Wang Yihan juga dua kali jadi runnerup di turnamen ini pada tahun 2009 dan 2011..

Sebelum memutuskan pensiun, Wang dikenal sebagai tunggal putri tersukses di dunia dengan memenangkan 40 gelar dari 130 turnamen yang dia mainkan di sepanjang kariernya.

Baca Juga

Selanjutnya, ada Akane Yamaguchi yang juga memenangkan dua gelar juara Denmark Open. Tunggal putri asal Jepang ini memenangkan gelar tersebut pada tahun 2015 dan 2021.

Akane Yamaguchi, yang saat ini berstatus sebagai tunggal putri no 1 dunia, berstatus unggulan teratas di turnamen yang akan berlangsung di Jyske Bank Arena.

Sepanjang musim 2022, Akane Yamaguchi tampil cukup konsisten dengan berhasil memenangkan dua gelar All England dan Japan Open.

Baca Juga

Selain itu, Akane Yamaguchi juga berhasil mempertahankan gelar Juara Dunia dengan kini dia telah dua kali meraih medali emas Kejuaraan Dunia Bulutangkis tahun 2021 dan 2022 berturut-turut.

Melihat sepak terjang Akane Yamaguchi, yang sudah 29 dari 37 pertandingan di semua turnamen tahun ini, tak heran jika Akane bakal dijagokan keluar sebagai pemenang Denmark Open 2022.

Jika juara, Akane Yamaguchi bakal sah jadi ‘alien’ alias pemain dengan gelar terbanyak Denmark Open 2022 selama periode 2007-2022.

Baca Juga

Sebab, belum ada pebulutangkis aktif mampu memenangkan dua gelar juara di turnamen ini dalam periode yang sama. Bahkan, andalan tuan rumah, Viktor Axelsen, juga baru sekali memenangkannya di tahun 2021 kemarin.

Akane Yamaguchi akan berhadapan dengan wakil tuan rumah, Line Kjærsfeldt, di babak pertama Denmark Open 2022.


2. 4 Wakil Indonesia Pemilik Gelar Denmark Open Terbanyak

Legenda bulutangkis Indonesia, Rudy Hartono.

Denmark Open adalah turnamen yang tidak bersahabat dengan wakil Indonesia. Sulit bagi wakil Merah Putih untuk juara di negara tersebut.

Sejak pertama kali dihelat pada 1936, Indonesia pertama kali meraih gelar juara di 1971. Hingga terakhir bergulir di 2021, baru ada 18 wakil yang menjadi juara.

Indonesia tertinggal dari Denmark, China, Jepang, bahkan Inggris dalam perolehan medali emas di Denmark Open. Tapi 4 atlet berikut ini bisa meraih cukup banyak gelar.

1. Rudy Hartono

Rudy Hartono menjadi orang Indonesia pertama yang berhasil meraih medali emas Denmark Open di tahun 1971. Kemudian, ia gagal mempertahankannya di tahun 1972.

Baca selengkapnya: 4 Wakil Indonesia Pemilik Gelar Denmark Open Terbanyak, Ada Kevin/Marcus

JepangAkane YamaguchiWang YihanDenmark OpenBulutangkisBerita BulutangkisGillian ClarkDenmark Open 2022

Berita Terkini