x

Ginting ‘Tak Jodoh’ dengan Axelsen di Denmark Open 2022, Adakah Peluang Juara?

Rabu, 28 September 2022 16:45 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Indra Citra Sena
Anthony Sinisuka Ginting untuk pertama kalinya tidak berjodoh dengan rival beratnya, Viktor Axelsen, dalam drawing Denmark Open 2022. Adakah peluang juara?

INDOSPORT.COM – Anthony Sinisuka Ginting untuk pertama kalinya tidak berjodoh dengan rival beratnya, Viktor Axelsen, dalam drawing Denmark Open 2022. Apakah ini jadi sinyal Ginting meraih gelar tahun ini?

Bulan depan, ajang BWF Super 750 bertajuk Denmark Open 2022 akan berlangsung di Jyske Bank Arena, Odense Denmark pada 18-23 Oktober mendatang.

Baca Juga

Indonesia dipastikan bakal ambil bagian. Tak tanggung-tanggung, kekuatan penuh bakal diturunkan berisikan 16 wakil terbaiknya di masing-masing lima sektor.

Anthony Sinisuka Ginting termasuk pemain yang tunggal putra yang bakal diandalkan Indonesia untuk memenangkan gelar perdananya tahun ini.

Drawing Denmark Open 2022 yang dirilis BWF, Selasa (28/09/22), menunjukkan tunggal putra nomor enam dunia tersebut berada di pool terbawah.

Baca Juga

Drawingnya ini menempatkan Anthony Sinisuka Ginting di jalur menantang untuk meraih gelar juara. Sebab, dirinya bakal langsung berhadapan dengan rising star asal India, Lakshya Sen.

Dengan menempati pool terbawah, Anthony Sinisuka Ginting dipastikan bakal terbebas dari ancaman Viktor Axelsen yang diunggulkan menjadi juara di kandangnya sendiri.

Di sisi lain, jika Anthony Sinisuka Ginting bisa melewati tantangan pertama, yakni Lakshya Sen, maka dirinya hanya akan bertemu Axelsen di babak final Denmark Open 2022.

Baca Juga

Namun demikian, perjalanan Ginting menuju babak final juga cukup menantang. Sebab, ada Prannoy H.S dan Zao Jun Peng yang berpotensi menantangnya di babak 16 besar.

Selanjutnya, Anthony Ginting juga berpeluang jumpa dua andalan Jepang, Kodai Naraoka dan Kento Momota di babak perempat final.


1. Mengalahkan Axelsen Masih Jadi Misteri buat Ginting

Peraih medali emas Viktor Axelsen asal Denmark berpose dengan Chen Long (China) dan Anthony Ginting (Indonesia) di Olimpiade Tokyo 2020.

Jika lolos, Ginting berpotensi menantang Chou Tien Chen (Chinese Taipei), Anders Antonsen (Denmark), atau rekan senegaranya, Shesar Hiren Rhustavito.

Meski bakal melalui jalur yang menantang, namun ini bisa menjadi ajang pemanasan sebelum Anthony Sinisuka Ginting menantang sang raja bulutangkis di partai puncak.

Baca Juga

Rivalitas Anthony Sinisuka Ginting dengan Viktor Axelsen memang cukup menarik tahun ini. Sebab, keduanya dipertemukan dalam lima turnamen yang dimenangkan Axelsen.

Pertemuan terakhir Anthony Ginting dengan Viktor Axelsen terjadi di Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2022 di Tokyo, Jepang, pada Agustus lalu.

Keduanya bertemu di babak preempat final, namun Ginting lagi-lagi gagal mengatasi dominasi Axelsen yang akhirnya keluar sebagai pemenang secara straight gim 21-10, 21-10.

Baca Juga

Total, Anthony Sinisuka Ginting baru memenangkan empat kali pertemuannya dengan Axelsen, sedangkan sang pemain Denmark sudah 10 kali unggul atas Ginting.

Bertemu di final Denmark Open 2022 bakal menjadi kesempatan lain Anthony Ginting memecahkan misteri bagaimana cara mengalahkan Viktor Axelsen.

Seperti diketahui, tunggal putra nomor 1 dunia tersebut memang sedang berada di puncak kariernya setelah mencatat rekor 40 kali tak terkalahkan dalam 41 penampilannya musim ini.

Baca Juga

Satu-satunya kekalahan yang dialami pemain berpostur 195 cm itu adalah saat dirinya kalah dari Lakshya Sen di ajang Jerman Open 2022 pada Maret lalu.

Bukan hanya itu, Axelsen juga memborong banyak gelar seperti Kejuaraan Eropa, All England, Indonesia  Masters, Indonesia Open, Malaysia Open, dan terakhir Kejuaraan Dunia Bulutangkis.


2. Axelsen Bakal Ditantang Chico Aura dan Jonatan Christie

Tunggal putra Indonesia Chico Aura Dwi Wardoyo di Japan Open 2022. Foto: PBSI

Tentunya berbekal performanya yang tengah menanjak ini, Axelsen bakal punya peluang besar untuk mempertahankan gelar Denmark Open yang dia menangkan musim lalu.

Sementara di Denmark Open 2022 sendiri, Axelsen yang jadi unggulan pertama berada di pool teratas. Tantangan pertamanya adalah Kunlavut Vitidsarn dari Thailand.

Ini bakal jadi duel ulangan final Kejuaraan Dunia 2022, yang mana Axelsen bakal memwaspadai misi balas dendam Vitidsarn.

Namun sebelumnya, Axelsen dimungkinkan bakal mendapat perlawanan ketat dari wakil Indonesia lainnya, seperti Chico Aura Dwi Wardoyo dan Jonatan Christie.

Anthony Sinisuka GintingViktor AxelsenBulutangkisBerita BulutangkisBWF World TourDenmark Open 2022

Berita Terkini