x

Ranking BWF Jelang Denmark Open 2022: Apriyani/Fadia dan Jonatan Naik, Kevin/Marcus Turun

Rabu, 12 Oktober 2022 12:18 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Isman Fadil
Update ranking dunia BWF jelang Denmark Open 2022, di mana posisi Jonatan Christie naik sementara Kento Momota dan Marcus Gideon/Kevin Sanjaya melorot lagi. Foto: PBSI

INDOSPORT.COM – Berikut ini update ranking dunia BWF jelang turnamen Super 750 Denmark Open 2022, di mana posisi Jonatan Christie naik sementara Kento Momota dan Marcus Gideon/Kevin Sanjaya melorot lagi.

Kurang dari sepekan, para pebulutangkis dunia akan kembali beraksi dalam Tur Eropa yang akan dimulai dengan Denmark Open 2022.

Baca Juga

Denmark Open akan dilangsungkan di Jyske Arena pada 18 – 23 Oktober 2022 dengan memperebutkan hadiah uang 750 ribu dolar AS dan poin tertinggi 11.000 sebagai juara.

Menjelang turnamen tersebut, Federasi Bulutangkis Dunia (BWF) merilis ranking pemain bulutangkis top dunia hingga pekan ke-41 pada Selasa (11/10/22).

Pasangan ganda putri Indonesia, Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti merupakan salah satu yang mengalami perubahan rangking.

Baca Juga

Pasangan yang baru debut pada SEA Games Vietnam 2022 tersebut naik dua anak tangga dalam ranking BWF menempati peringkat ke-24 setelah mengumpulkan 45.690 poin.

Apriyani/Fadia memang mampu tampil konsisten. Baru dua bulan berpasangan, mereka sudah berhasil menjuarai tiga turnamen, yakni emas SEA Games 2022, Malaysia Open (750), dan Singapore Open (Super 500).

Ganda putri Indonesia lainnya, Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi juga naik posisinya menjadi peringkat 28 dengan mengumpulkan 43.628 poin.

Baca Juga

Sementara posisi tiga besar di sektor ini masih ditempati oleh Kim So Yeong/Kong Hee Yong (Korea Selatan, 101.375 poin), Chen Qing Chen/Jia Yi Fan (China, 100.416 poin) dan Lee So Hee/Shin Seung Chan (Korea Selatan, 100.130 poin).

Sementara itu, di sektor tunggal putra, Jonatan Christie juga mengalami perubahan ranking yang signifikan pada ranking BWF terbaru pekan ini.


1. Kevin/Marcus Melorot Lagi ke Peringkat 3

Ganda putra Indonesia, Kevin Sanjaya/Marcus Gideon

Jonatan, yang semula berada di peringkat kedelapan di top ten sektor tunggal putra, sudah naik ke posisi ketujuh dengan total 76.912 poin.

Menariknya, jawara Swiss Open ini menggusur tunggal putra andalan Jepang, Kento Momota, yang terus terpuruk ke posisi ke-9.

Baca Juga

Kini Jonatan Christie membayangi rekan senegaranya Anthony Sinisuka Ginting yang belum beranjak dari posisi keenam dengan 77.599 poin.

Ganda campuran Rinov Rivaldi/Pitha Haningtyas juga naik posisinya menjadi peringkat ke-15. Pasangan nomor 1 Pelatnas PBSI tersebut mengumpulkan 58.788 poin.

Sayangnya, torehan apik mereka gagal diikuti ganda putra Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon. Sempat naik ke posisi kedua pekan lalu, Minions justru malah turun posisi.

Baca Juga

Kini Kevin/Marcus harus puas menduduki posisi ketiga dengan mengumpulkan 93.747 poin, selisih sekitar 3.000 poin dari pemenang emas Olimpiade Tokyo 2022.

Selain Kevin/Marcus, pasangan senior Indonesia lainnya tetap bertahan di posisi mereka masing-masing. Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan dan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto mampu bertahan dari posisi semula.

Baca Juga

Hendra/Ahsan dan Fajar/Rian masih menduduki posisi lima dan enam dunia dengan koleksi 88.295 dan 84.755 poin.

Begitu pula dengan tiga pasangan junior Merah-Putih, yakni Pramudya Kusumawardana/Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan, Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri dan Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin, masih bertahan di posisi masing-masing 12, 14 dan 15.


2. Denmark Open, Turnamen Eropa yang Tak Bersahabat dengan Indonesia

Kevin Sanjaya/Marcus Gideon saat tampil di Danisa Denmark Open 2018.

Berikut empat fakta miris dari ajang Denmark Open, turnamen bulutangkis Eropa yang tak bersahabat dengan pemain Indonesia. Ajang bulutangkis Denmark Open 2022 sudah di depan mata.

Turnamen yang memperebutkan hadiah 750.000 dolar AS itu akan dihelat pada 18-23 Oktober 2022.

Namun, perlu diketahui pula, Denmark Open adalah turnamen yang tidak bersahabat dengan pemain Indonesia.

Sulit bagi wakil Merah Putih untuk juara di negara tersebut. Sejak pertama kali dilaksanakan pada 1936, Indonesia pertama kali meraih gelar juara di 1971.

Hingga terakhir digelar di 2021, baru ada 18 wakil yang menjadi juara.

Berikut INDOSPORT merangkum empat fakta miris Denmark Open, yang membuat para pemain Indonesia harus waspada.

Penantian 20 Tahun Dalam 20 tahun terakhir, tidak banyak wakil Indonesia yang mampu meraih gelar juara di Denmark Open 2022. Terhitung hanya ada empat pemain yang pernah menyabet juara.

Baca selengkapnya: Denmark Open, Turnamen Eropa yang Tak Bersahabat dengan Indonesia

BWFJonatan ChristieKevin Sanjaya/Marcus GideonBulutangkisRinov Rivaldy/Pitha HaningtyasBerita BulutangkisApriyani Rahayu/Siti Fadia Silva RamadhantiFebriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya PratiwiDenmark Open 2022

Berita Terkini