x

Musuh Bebuyutan Malaysia, Rexy Mainaky Tak Sungkan Pinjam Raket hingga Curi Ilmu

Jumat, 21 Oktober 2022 17:00 WIB
Penulis: Martini | Editor: Isman Fadil
Legenda ganda putra Indonesia Ricky Subagja/Rexy Mainaky di Asian Games.

INDOSPORT.COM - Walaupun telah menjadi musuh bebuyutan Malaysia saat masih aktif sebagai atlet bulutangkis, Rexy Mainaky tak sungkan meminjam raket hingga curi ilmu.

Sebagaimana diketahui, Rexy Mainaky saat ini menjabat sebagai salah satu pelatih elit di Asosiasi Bulutangkis Malaysia (BAM). Ia memberi banyak gelar untuk Negeri Jiran.

Baca Juga

Namun, jauh sebelumnya, saat Rexy masih aktif sebagai atlet ganda putra Indonesia, berpasangan dengan Ricky Subagja, dan memiliki musuh bebuyutan di Malaysia.

Di awal-awal kemunculannya, Rexy/Ricky kerap berjumpa pasangan legendaris asal Malaysia, yakni Razif Sidek/Jalani Sidek.

Kemudian, Rexy/Ricky juga seringkali saling sikut dengan ganda unggulan, Cheah Soon Kit/Soo Beng Kiang, termasuk saat Cheah Soon berpasangan dengan Yap Kim Hock.

Baca Juga

Rexy/Ricky pernah menaklukkan Cheah Soon Kit/Soo Beng Kiang di final World Grand Prix Finals 1992 di Kuala Lumpur, berlanjut di final Malaysia Open 1993.

Tak pelak, atlet dan penggemar bulutangkis Malaysia menganggap Rexy/Ricky adalah musuh bebuyutan, dan juga sebaliknya.

Namun, ada cerita unik di mana sebelum aroma persaingan itu terasa, Rexy Mainaky pernah meminjam raket sampai mencuri ilmu dari legenda, Razif Sidek/Jalani Sidek.

Baca Juga

"Ini ada cerita lucu juga, saya sama Ricky main di Kanada (Open) dan Amerika (US Open). Di Kanada kita final bertemu Razif/Jalani," ucap Rexy pada Ameer Zainuddin.

"Saya waktu itu belum lama pindah dari single ke double, jadi saya main depannya belum terlalu smooth, saya cuma bisanya smash saja, sampai raket saya habis."


1. Dulu Pinjam Raket Legenda, Kini Rexy Mengabdi di Malaysia

Rexy Mainaky, legenda bulutangkis Indonesia yang kini menjadi pelatih ganda putra Malaysia.

Rexy Mainaky/Ricky Subagja menjalani tur Kanada dan Amerika, namun apa jadinya jika raket milik Rexy rusak semua, tetapi raket Ricky juga tidak bisa digunakan.

"Ricky memang punya raket, tetapi saya tidak bisa pakai. Saya waktu itu pakai raket Carbonex berapa, Ricky Carbonex 9," jelas Rexy pada pebulutangkis Malaysia, Ameer.

Baca Juga

"Rick, kamu punya raket berapa, dia bilang sudah tidak banyak," kenang Rexy Mainaky.

Keadaan semakin genting karena Rexy/Ricky sudah melenggang ke babak final Kanada Open 1991. Alhasil, ia pun nekat meminjam raket milik lawan asal Malaysia.

Saat itu, Rexy/Ricky ditantang oleh Razif Sidek/Jalani Sidek di final. Pebulutangkis asal Ternate itu akhirnya meminjam raket milik Jalani, legenda bulutangkis Malaysia.

Baca Juga

"Saya pergi ke Pak Jalani, Pak, pinjam raket boleh? Akhirnya saya pinjam, main dengan raket dia," curhat Rexy sembari tertawa.

Namun, mengingat lawan yang ia hadapi adalah legenda Malaysia, Rexy/Ricky pun maklum saat akhirnya mereka kalah, dan hanya meraih medali perak Kanada Open.

"Saya mau smash dia kayak smash sama tembok, akhirnya kami kalah dua set, tapi rame," curhat Rexy Mainaky di Youtube.

Baca Juga

"Saya tanya-tanya dengan Jalani dan Razif, waktu itu Pak Jalani masih mau berbincang, kalau Pak Razif orangnya lebih pendiam."

"Saya tanya dia latihannya apa, ternyata dia raketnya diikat (di tangan), lalu dia main dengan tembok. Saya pulang, saya buat juga, satu jam latihan tidak boleh salah."

Rexy MainakyMalaysiaRicky Subagja/Rexy MainakyIn Depth SportsRexy MainakiLegenda OlahragaRaketBulutangkisBerita BulutangkisRexy Mainaky/Ricky SubagjaRazif SidekJalani Sidek

Berita Terkini