x

Denmark Open 2022: Pelatih China Murka Sampai Layangkan Pengaduan ke BWF, Ada Apa?

Minggu, 23 Oktober 2022 13:36 WIB
Penulis: Miranti | Editor: Indra Citra Sena
Jelang final Denmark Open 2022, situasi panas terjadi saat pelatih Asosiasi bulutangkis China (CBA), Yang Ming, melayangkan aduan ke BWF. Simak kronologinya!

INDOSPORT.COM – Jelang final Denmark Open 2022, situasi panas terjadi saat pelatih Asosiasi bulutangkis China (CBA), Yang Ming, melayangkan aduan ke BWF. Simak kronologinya!

Insiden bermula pada Kamis (21/10/22), saat ganda campuran China, Zheng Siwei/Huang Yaqiong (China) terlibat pertandingan melawan Mikkel Mikkelsen/Rikke Soby (Denmark) di babak 16 besar.

Baca Juga

Dalam pertandingan yang berlangsung di Jyske Bank Arena, Odense, kemenangan 21-10, 19-21, 21-19 berhasil diraih oleh Zheng Siwei/Huang Yaqiong.

Hanya saja, kemenangan China itu diraih dengan cara susah payah usai melewati serangkaian keputusan wasit yang dianggap kontroversi. Demikian dilansir dari Aiyuke.

Pada laga itu, servis judge tercatat enam kali memberikan keputusan fault terhadap servis yang dilakukan pebulutangkis sarat pengalaman, servis Zheng Siwei/Huang Yaqiong.

Baca Juga

Masing-masing dua kali fault pada babak pertama, dan empat kali fault di babak kedua. Pelatih bulutangkis China, Yang Ming, sempat mencoba meminta penjelasan kepada wasit yang bertugas.

Namun pelatih Denmark, Thomas Stavngaard, tiba-tiba ikut mendekat dan melakukan dorongan kepada Yang Ming, yang menyiratkan bahwa China tidak perlu melakukan protes.

Kejadian di Denmark Open 2022 itu lantas menjadi perbincangan di berbagai media, hingga berujung pada pengaduan dari Asosiasi Bulutangkis China (CBA) kepada BWF.

Baca Juga

Dalam aduaanya, CBA meminta BWF agar memberikan penjelasan lengkap untuk setiap kesalahan servis yang terjadi selama pertandingan.

Selain itu, CBA menuntut permohonan maaf langsung dari Federasi Bulutangkis Denmark, terkhusus pelatih Thomas Stavngaard, atas insiden mendorong pelatih Yang Ming.


1. Pengaduan Asosiasi Bulutangkis China kepada BWF

Pengaduan Asosiasi Bulutangkis China kepada BWF.

Dalam aduan CBA juga berisikan tuntutan kepada BWF untuk mengevaluasi pengadil lapangan yang bertugas di laga Zheng Siwei/Huang Yaqiong vs Mikkel Mikkelsen/Rikke Soby di babak 16 besar Denmark Open 2022.

Mereka mempertanyakan mengapa pengadil lapangan tidak berbuat apapun ketika pelatih Denmark, Thomas Stavngaard, terlihat mendorong pelatih China, Yang Ming.

Baca Juga

Jika ada indikasi wasit 'berat sebelah' pada pertandingan, maka CBA memohon kepada BWF agar wasit tersebut tidak lagi memimpin pertandingan yang melibatkan atlet bulutangkis China.

Pengaduan Asosiasi Bulutangkis China (CBA) kepada BWF itu langsung memanaskan situasi usai insiden yang terjadi di Denmark Open 2022.

Lantas, pelatih kepala tim bulutangkis Denmark, Kenneth Jonassen, dikabarkan oleh Aiyuke telah meminta maaf usai pengaduan CBA kepada BWF.

Baca Juga

“Hallo semuanya, ini adalah surat permintaan maaf dari pelatih kepala tim nasional bulutangkis Denmark, Kenneth Jonassen,” tulisnya dalam media sosial.

“Atas nama tim bulutangkis Denmark, saya ingin menyampaikan permohonan maaf yang tulus atas perilaku impulsive pelath Denmark saat mendorong pelatih Yang Ming dari China selama pertandingan ganda campuran di Denmark Open 2022 minggu ini.”

“Saya juga meminta maaf kepada semua badminton lovers China dan seluruh publik China,” tulis Kenneth Jonassen.

Baca Juga

Pada intinya, pelatih kepala tim Denmark akan memastikan bahwa pelatih yang terlibat pertengkaran dengan Yang Ming (Thomas Stavngaard), akan meminta maaf secara langsung kepada Yang Ming.

Permintaan maaf tersebut akan dilakukan Thomas Stavngaard di BWF World Tour French Open 2022 yang akan berlangsung pada 25-30 Oktober 2022.

Sumber: Aiyuke

BWFChinaBulutangkisZheng Siwei/Huang YaqiongBerita BulutangkisAsosiasi Bulutangkis China (CBA)Badminton DenmarkDenmark Open 2022

Berita Terkini