x

Bawa Bendera Azerbaijan, Ganda Putra Berdarah Indonesia Tantang Leo/Daniel di Hylo Open 2022

Selasa, 1 November 2022 14:57 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Isman Fadil
Ganda putra Azerbaijan berdarah Indonesia, Ade Resky Dwicahyo/Azmy Qowimuramadhoni akan menghadapi Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin di babak pertama Hylo Open 2022. (Foto: Instagram@azmyqr)

INDOSPORT.COM – Ade Resky Dwicahyo, pebulutangkis asal Indonesia yang membela Azerbaijan, bakal menjajal main di sektor ganda putra pada turnamen Hylo Open 2022.

Ade Resky Dwicahyo merupakan pemain asal Indonesia yang diketahui telah berpindah status kewarganegaraan  Azerbaijan sejak 2018 lalu.

Baca Juga

Pemain kelahiran Kendari, 14 Mei 1998 tersebut biasanya bermain di sektor tunggal putra. Namun dalam beberapa kesempatan dia juga bermain rangkap di sektor ganda putra.

Menariknya, Ade Resky Dwi Cahyo menggandeng tunggal putra yang juga berasal dari Indonesia tetapi memutuskan membela Azerbaijan, yakni Azmy Qowimuramadhoni.

Azmy Qowimuramadhoni lahir 1 Januari 1999. Ia dinaturalisasi menjadi atlet Azerbaijan pada 2018, tahun yang sama dengan Ade Resky.

Baca Juga

Ade Resky Dwi Cahyo/Azmy Qowimuramadhoni diketahui debut sebagai pasangan ganda putra di ajang Kejuaraan Eropa 2022 pada April lalu dan terhenti di babak 16 besar.

Sempat berpisah untuk meniti karier masing-masing sebagai ganda putra, Ade/Azmy kembali dipersatukan di ajang Hylo Open 2022 yang berlangsung pekan ini (1-6 November).

Menariknya, Ade Resky Dwi Cahyo/Azmy Qowimuramadhoni akan mengawali perjalanannya di Hylo Open dengan menghadapi ganda putra andalan Indonesia.

Baca Juga

Pasangan Indonesia yang menjadi lawan Ade/Azmy adalah perempat finalis Denmark Open 2022, Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin.

Ini menjadi pertemuan pertama bagi Ade/Azmy melawan pasangan muda Indonesia berperingkat 14 dunia tersebut. Tentunya, ini akan menjadi duel menarik sekaligus sengit.


1. Indonesia vs Azerbaijan: Perang 'Harga Diri' Bela Tanah Air

Pasangan ganda putra Indonesia Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin di Japan Open 2022. Foto: PBSI

Pasalnya, harga diri Leo/Daniel sebagai Indonesia bakal dipertaruhkan melawan pasangan yang memilih meninggalkan tanah air demi bela negara lain.

Namun demikian, Leo/Daniel lebih difavoritkan untuk memenangkan babak pertama Hylo Open 2022 tersebut karena Ade/Azmy belum terlalu diperhitungkan di kancah ganda putra top dunia.

Baca Juga

Kiprah Ade Resky Dwicahyo dan Azmy Qowimuramadhoni di Azerbaijan tentunya sangat menarik untuk dikuliti mengingat sebelumnya mereka memulai karier di Indonesia.

Ade Resky Dwicahyo berasal dari klub Exist, sementara Azmy dari klub HQ Wima Surabaya sebelum keduanya dinaturalisasi Azerbaijan. .

Ade Resky, pemain bulu tangkis berusia 24 tahun ini sudah mulai bermain di level internasional sejak level junior pada 2016. Ade Resky pernah bertanding dalam ajang Asian Junior Championship dan World Junior Championship 2016 mewakili Indonesia.

Baca Juga

Secara keseluruhan, menurut catatan situs resmi BWF hingga  1 November 2022, rasio kemenangan Ade Resky adalah 135 menang dan 70 kekalahan dalam 205 pertandingan sektor tunggal putra.

Sementara Azmy Qowimuramadhoni mencatat rasio kemenangan  72 menang dan 49 kalah dari 121 pertandingan sektor tunggal putra.

Saat ini peringkat Ade Resky di sektor tunggal adalah 81 dunia. Bersama Azmy Qowimuramadhoni, Ade Resky menempati peringkat 219 dunia di sektor ganda putra. 

Menariknya lagi, Azmy Qowimuramadhoni juga turun berlaga di sektor ganda campuran bersama Era Maftuha, pemain kelahiran Indonesia.

Baca Juga

Nah, Leo/Daniel bukan satu-satunya wakil Indonesia yang akan tampil di Hylo Open 2022. Wakil lainnya yakni juara All England Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri.

Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri juga berlaga pada Selasa (01/11/22) sore ini, menantang wakil Chinese Taipei, Lee Jhe-Huei/Yang Po-Hsuan.

AzerbaijanPiala Dunia 2022Ade Resky DwicahyoBulutangkisLeo Rolly Carnando/Daniel MarthinBerita BulutangkisHylo OpenAzmy QowimuramadhoniAde Resky Dwicahyo/Azmy Qowimuramadhoni

Berita Terkini