x

Apriyani/Fadia Tak Lolos, Indonesia Resmi Catat Rekor Buruk di BWF World Tour Finals 2022

Kamis, 3 November 2022 13:15 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Isman Fadil
Indonesia catat rekor buruk setelah pasangan ganda putri Indonesia, Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti tak lolos ke BWF World Tour Finals 2022. Foto: PBSI

INDOSPORT.COM Indonesia untuk pertama kalinya mencatatkan rekor buruk setelah pasangan ganda putri Indonesia, Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti tak lolos ke BWF World Tour Finals 2022.

Sebagaimana diketahui, sejumlah pebulutangkis sudah dinyatakan lolos dan bisa tampil di ajang BWF World Tour Finals 2022.

Baca Juga

Seperti biasanya, ajang BWF World Tour Finals sendiri akan menjadi penutup rangkaian turnamen satu musim penuh dan bakal dihelat pada 14-18 Desember 2022 di Guangzhou, China.

Hanya saja tak semua pebulutangkis bisa berpartisipasi di hajatan akbar ini. Sebab, hanya pebulutangkis yang menduduki posisi 8 besar ranking BWF World Tour Finals 2022 yang bisa tampil.

Perhitungan ranking pun berasal dari poin yang diraih oleh para atlet saat mengikutu turnamen baik dari ajang level BWF Super 100 hingga 1000.

Baca Juga

Namun kini hanya dua turnamen yang tersisa untuk mengumpulkan poin sebanyak-banyaknya yakni Hylo Open 2022 yang sedang berlangsung.

Kemudian Australian Open 2022 yang menjadi dua turnamen terakhir sebelum perhitungan poin final menuju BWF World Tour Finals 2022.

Sebelumnya sudah diumumkan ada beberapa wakil Indonesia yang sukses tampil di ajang bulutangkis bergengsi tersebut.

Baca Juga

Salah satunya seperti Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto dan Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan yang lolos kualifikasi di nomor ganda putra.

Namun Indonesia sendiri dipastikan mencatatkan rekor buruk setelah wakil ganda putrinya, Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti dinyatakan tak lolos ke BWF World Tour Finals 2022.


1. Untuk Pertama Kalinya Indonesia Tanpa Wakil Ganda Putri di BWF World Tour Finals 2022

Pasangan ganda putri Indonesia Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti gagal tampil di BWF World Tour Finals 2022. Foto: PBSI

Fakta tersebut diketahui dari unggahan terbaru @BadmintonTalk di Twitter soal BWF World Tour Finals 2022 pada Kamis (3/11/22) pagi WIB.

Dalam cuitannya, @BadmintonTalk menyatakan bahwa pasangan Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti resmi tak lolos turnamen akbar tersebut.

Baca Juga

Sebab, pasangan ganda putri Malaysia yakni Vivian Hoo/Lim Chiew Sien berhasil mencapai babak 16 besar Hylo Open 2022, dan memastikan satu tempat ke BWF World Tour Finals 2022.

“Vivian Hoo/Lim Chiew Sien, setelah mencapai babak 16 besar Hylo Open 2022, pasangan Malaysia tersebut memastikan tempat mereka di Guangzhou meskipun poin partisipasi sudah cukup. Kini daftar ganda putri sekarang sudah lengkap. Selamat!” cuit @BadmintonTalk.

Ini berarti, untuk pertama kalinya dalam sejarah, Indonesia mencatatkan rekor buruk karena tidak meloloskan wakil ganda putrinya di BWF World Tour Finals 2022.

Baca Juga

Sebelumnya @BadmintonTalk juga telah menyampaikan bahwa nasib Apriyani/Fadia berada di tangan ganda putri Malaysia.

Pasalnya, Apriyani/Fadia turun satu peringkat pasca kalah di babak awal French Open 2022. Pasangan Indonesia saat ini berada di peringkat kedelapan dengan 54.400 poin.

Di sisi lain asangan Malaysia Hoo/Lim juga turun satu strip ke posisi kesembilan dengan raihan 54.360 poin atau unggul selisih 40 angka saja dari Apriyani/Fadia. Namun kini poinnya bertambah setelah lolos ke 16 besar Hylo Open 2022.

Baca Juga

Sementara itu ada delapan ganda putri yang sudah dipastikan lolos yakni Chen Qingchen/Jia Yifan (China), Jeong Na Eun/Kim Hye Jeong (Korea), Zhang Shuxian/Zheng Yu (China), Nami Matsuyama/Chiharu Shida (Jepang).

Lalu Jongkolphan Kititharakul/Rawinda Prajongjai (Thailand), Benyapa Aimsaard/Nuntakarn Aimsaard (Thailand), Pearly Tan/Thinaah Muralitharan (Malaysia), dan Vivian Hoo/Lim Chiew Sien (Malaysia) yang lolos ke BWF World Tour Finals 2022.

Sumber: Twitter/@BadmintonTalk

IndonesiaBWF World Tour FinalsBerita BulutangkisApriyani Rahayu/Siti Fadia Silva RamadhantiBWF World Tour Finals 2022

Berita Terkini