x

Update Ranking BWF: Ginting dan Jonatan Digusur ‘Darah Muda India, Rehan/Lisa Melejit Tajam

Selasa, 8 November 2022 16:05 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Prio Hari Kristanto
Update ranking BWF setelah gelaran Hylo Open 2022, posisi Anthony Sinisuka Ginting dan Jonatan Christie digusur oleh bintang muda India, Lakshya Sen.(Foto: PBSI)

INDOSPORT.COM – Berikut ini update ranking BWF setelah gelaran Hylo Open 2022, yang mana secara mengejutkan posisi Anthony Ginting dan Jonatan Christie digusur oleh bintang bulutangkis muda India, Lakshya Sen.

BWF pada Selasa (08/11/22) merilis ranking dunia pemain bulutangkis pada pekan ke-45 setelah gelaran Hylo Open  2022 yang berlangsung pada 1-6 November 2022.

Baca Juga

Adapun BWF juga menghapuskan poin ranking dunia dari pekan kedua hingga ketujuh tahun 2021. Penghapusan poin ini secara otomatis memengaruhi posisi sejumlah pemain top dunia.

Melansir dari BWF Tournament Software, dua tunggal putra andalan Indonesia, Anthony Ginting dan Jonatan Christie harus rela turun anak tangga dari posisi sebelumnya.

Jonatan Christie diketahui masih bertahan di posisi ketujuh, tetapi Ginting justru harus rela turun dua anak tangga dari posisi sebelumnya.

Pemain kelahiran Cimahi tersebut kini menempati posisi ke-8, tepat di bawah Jonatan. Adapun posisi Ginting sebelumnya ditempati oleh Lakshya Sen.

Baca Juga

Tentu saja ini menjadi hasil antiklimaks dari Anthony Ginting yang pekan lalu tampil mengesankan hingga berhasila meraih gelar keduanya tahun ini di Hylo Open 2022.

Lakshya Sen memang tampil cukup mengesankan di sepanjang tahun 2022 jika dibandingkan Anthony Ginting yang performanya naik turun.

Tunggal putra berusia 21 tahun tersebut memenangkan 31 dari 46 pertandingan yang dimainkan, serta mengantongi sejumlah gelar juara sejak 2021 lalu.

Baca Juga

Di antaranya, juara Dutch Open 2021, India Open 2022 dan meraih medali Commonwealth Games, serta dua kali jadi runner-up di German Open dan All Egland 2022.

Adapun Shesar Hiren Rhustavito dan Chico Aura Dwi Wardoyo masing-masing naik satu dan dua anak tangga dan kini menempati posisi ke-22 dan 23 dunia.


1. Fajar/Rian 3 Besar, Rehan/Lisa Melejit 7 Anak Tangga

Pasangan ganda putri Indonesia, Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati di podium juara Hylo Open 2022. (Foto: PBSI)

Perubahan juga terjadi di sektor tunggal putri, di mana Gregoria Mariska berhasil naik dua tempat sehingga mampu kembali merangsek ke 20 besar. Gregoria kini menduduki peringkat ke-19.

Andalan Korea Selatan An Se-young naik ke peringkat 2 dunia, menyusul Akane Yamaguchi. Demikian dengan Chen Yu Fei menyusul di belakang di peringkat ke-3.

Baca Juga

Pada sektor ganda putra, andalan Indonesia Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto juga mampu merangsek ke peringkat 3 dunia, di belakang rekan mereka, Gideon/Kevin Sanjaya dan pasangan Jepang Takuro Hoki/Yugo Kobayashi.

Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan bertahan di peringkat kelima, tetapi dibayangi duo Denmark Kim Astrup/Anders Skaarup Rasmussem dan ganda India Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty.

Sementara pasangan muda Indonesia, Pramudya Kusumawardana/Yeremia Rambitan yang telah lima bulan absen karena Yeremia masih cedera, naik dua posisi ke peringkat ke-11.

Adapun jawara All England dari Indonesia, Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri naik ke peringkat ke-13 sedangkan Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin turun ke peringkat ke-17.

Baca Juga

Pada sektor ganda putri, posisi Greysia Polii/Apriyani Rahayu mulai terpental dari 10 besar dunia, tetpai Apriyani dan mitra barunya Siti Fadia Silva Ramadhanti kian dekat dengan impian mereka.

Apriyani/Fadia saat ini berhasil merangsek ke posisi 15 besar, meski harus disalip jawara Hylo Open asal Thailand, Benyapa Aimsaard/Nuntakan Aimsaard.

Terakhir di sektor ganda campuran, Yuta Watanabe/Arisha Higashino berhasil mengudeta peringkat 1 dunia dari duo China, Zheng Siwei/Huang Yaqiong.

Praveen Jordan/Melati Daeva yang masih nirgelar sejak All England 2020 harus rela turun posisinya ke peringkat 6 dunia digusur pasangan Hong Kong, Tang Chun Man/Tse Ying Suet.

Baca Juga

Namun demikian, pencapaian terbaik diraih oleh pasangan Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati. Meraih gelar Hylo Open membuat mereka merangsek tujuh anak tangga ke peringkat ke-19.

Sementara seniornya, Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari naik dua anak tangga dan kini menduduki peringkat ke-14 dunia.

Sumber: BWF Tournament Software

BWFAnthony Sinisuka GintingFajar Alfian/Muhammad Rian ArdiantoBulutangkisBerita BulutangkisLakshya SenRehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu KusumawatiHylo Open

Berita Terkini