x

Pelatih Indonesia Izinkan Anak Didiknya Ikut Latihan Terbuka Bersama BAM, tapi…

Jumat, 25 November 2022 20:07 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
Nova Armada (kiri), pelatih bulutangkis asal Indonesia. (Fotoi: Instagram@novaarmada73)

INDOSPORT.COM – Pelatih asal Indonesia, Nova Armada mengizinkan anak didiknya untuk mengikuti latihan terbuka bersama Asosiasi Bulutangkis Malaysia (BAM).

Sebagaimana diketahui, BAM mencoba meniru strategi Indonesia dengan menggelar sesi latihan terbuka mingguan bersama pemain tim nasional hingga independen, di Academy of Badminton Malaysia (ABM).

Melansir dari Bernama, strategi ini terinspirasi dari PBSI bersama ganda putra seniornya yakni Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan.

Ahsan/Hendra sendiri merupakan pemain berstatus profesional atau independen. Namun, The Daddies ini diizinkan untuk latihan di Pelatnas Cipayung sebagai lawan sparing.

Sebelumnya Rexy Mainaky selaku Direktur Kepelatihan Ganda BAM pun menilai bahwa strategi ini akan sangat menguntungkan kedua belah pihak.

Baca Juga

Rexy lebih lanjut mengatakan bahwa para pemain profesional berperan sebagai sparring partner, dan bisa bertukar pikiran maupun pengalaman demi meningkatkan performa.

BAM juga mengabarkan bahwa sesi latihan pemain tunggal dan ganda dilakukan pada Rabu pagi, dan sesi kedua untuk nomor ganda pada Jumat.

Baca Juga

Selain itu para pemain peringkat 50 besar tunggal dan 30 besar ganda pada daftar ranking BWF memenuhi syarat untuk menghadiri sesi latihan yang juga akan melibatkan lima pemain terbaik di Malaysia.

Para pemain independen yang tertarik untuk bergabung dalam sesi latihan BAM harus menghubungi Wong Choong Hann selaku Direktur Kepelatihan Tunggal Nasional dan Rexy Mainaky pada hari Senin.

Nova Armada selaku pelatih asal Indonesia yang membimbing tiga pemain independen Cheam June Wei, Soong Joo Ven (tunggal putra) dan Goh Jin Wei (tunggal putri) mengaku terbuka dengan rencana BAM tersebut.

Baca Juga

1. Terbuka dengan Rencana BAM, tapi…

Nova Armada (kiri), pelatih bulutangkis asal Indonesia. (Fotoi: Instagram@novaarmada73)

Sebagaimana diketahui, Soong Joo Ven berada di peringkat 50 dunia dan Cheam June Wei di peringkat ke-55. Keduanya merupakan peringkat keempat dan kelima di Malaysia.

Keduanya berada di belakang Lee Zii Jia (2), Ng Tze Yong (29) dan veteran Liew Daren (35), yang menjadi tiga tunggal putra andalan Malaysia.

Goh Jin Wei, yang baru saja naik delapan anak tangga dari peringkat ke-44 ke 37 di peringkat terbaru, adalah pemain tunggal putri nomor satu di Negeri Jiran.

June Wei dan Joo Ven saat ini sedang dalam pembicaraan dengan Choong Hann mengenai syarat dan ketentuan sesi. Tapi Jin Wei bakal mengikuti tergantung kondisi fisiknya.

Jin Wei menjalani operasi kolektomi pada tahun 2019, sebelumnya mengungkapkan bahwa dia hanya dapat makan satu kali sehari (biasanya pada malam hari) karena pengobatannya.

Baca Juga

Hal ini menyebabkan dia memiliki lebih sedikit energi di siang hari dan karenanya, jadwal latihannya perlu diatur dengan tepat.

“Saya tidak masalah dengan proposal itu. Jika tidak ada turnamen, para pemain dapat mengikuti sesi pada hari Rabu,” kata Nova Armada, dilansir dari The Star.

Baca Juga

“Tapi untuk Jin Wei, keikutsertaannya tergantung pada kondisi fisiknya. Waktu latihannya di bawah saya juga tidak tetap karena terkadang kami mulai jam delapan atau 10 pagi atau jam tiga sore. Tergantung kebugarannya,” jelas Nova.

Sementara itu, Malaysia sendiri bakal mengirimkan enam wakilnya di ajang BWF World Tour Finals 2022 dan semuanya berasal dari nomor ganda. Yakni Aaron/Wooi Yik dan Teo Ee Yi/Ong Yew Sin (ganda putra).

Lalu ada Pearly Tan/M. Thinaah Vivian Hoo/Lim Chiew Sien di ganda putri. Kemudian ada dua wakil Malaysia di ganda campuran yakni Goh Soon Huat/Shevon Lai Jemie Tan Kian Meng/Lai Pei Jing di BWF World Tour Finals 2022.

Baca Juga
Rexy MainakyPBSIAsosiasi Bulutangkis Malaysia (BAM)Berita Bulutangkis

Berita Terkini