x

Kejutan Bulutangkis yang Dinanti Pada 2023, Juara Olimpiade Rawan Dipaksa Cerai

Sabtu, 17 Desember 2022 20:05 WIB
Penulis: Miranti | Editor: Indra Citra Sena
Dua atlet berlabel juara Olimpiade Tokyo ini memiliki nasib buruk pada 2022, sehingga rawan dirombak di musim depan, termasuk Wang Yi Lyu/Huang Dong Ping.

INDOSPORT.COM – Dua atlet berlabel juara Olimpiade Tokyo ini memiliki nasib buruk pada 2022, sehingga rawan dirombak di musim depan, termasuk Wang Yi Lyu/Huang Dong Ping.

Selain itu ada pasangan Zhang Shu Xian/Zheng Yu (ganda putri/China), dan Lee Yang/Wang Chi-lin (ganda putra/Chinese Taipei).

Meski 2023 masih beberapa pekan lagi, mari menilik tentang adanya kemungkinan dan kejutan yang lahir di musim depan dari dunia bulutangkis.

1. Perombakan Wang Yi Lyu/Huang Dong Ping (China)

China memang terkenal sebagai salah satu negara badminton yang rajin untuk mengotak-atik pasangan mereka di sektor ganda.

Masih ingat betul ketika di 2022, Asosiasi Bulutangkis China (CBA) merombak total sektor ganda putra yang sedang seret prestasi dalam beberapa waktu ke belakang.

Baca Juga

Alhasil, sejumlah pasangan pun lahir, termasuk Liu Yu Chen/Ou Xuan Yi dan Liang Wei Keng/Wang Chang. Meskipun baru debut di tahun ini, namun mereka sudah menembus persaingan papan atas dunia.

Dari sektor lain, ganda campuran Zheng Siwei/Huang Yaqiong sebelum comeback dengan 10 gelar juara, di musim ini bahkan mereka sempat dicerai di beberapa turnamen karena menurunnya performa.

Baca Juga

Juara Olimpiade Tokyo 2020, Wang Yi Lyu/Huang Dong Ping pun sebenarnya sudah jadi korban bongkar pasangan dari CBA.

Huang Dong Ping dipasangkan dengan Feng Yanzhe di Denmark Open, French Open, dan Hylo Open 2022. Sementara Wang Yi Lyu harus rehat sejenak.

Selain faktor cederanya Wang Yi Lyu, perombakan Wang Yi Lyu/Huang Dong Ping juga disinyalir lantaran pencapaian mereka yang kurang baik sejak menjuarai Olimpiade Tokyo.

Baca Juga

1. Cerai di Turnamen Indonesia Masters 2023

Wang Yi Lyu dan Huang Dong Ping bakal cerai lagi di turnamen Indonesia Masters 2023.

Sepanjang musim 2022, Wang Yi Lyu/Huang Dong Ping hanya mampu sekali menjuarai Korea Masters 2022, selebihnya mereka gagal mencapai hasil memuaskan.

Seperti kegagalan teranyar Wang Yi Lyu/Huang Dong Ping ke semifinal turnamen bulutangkis penutup musim BWF World Tour Finals 2022.

Ganda campuran asal China itu terhenti di fase penyisihan grup. Pertama mereka kalah atas pasangan Malaysia, Tan Kian Meng/Lai Pei Jing, di matchday pertama, 21-23, 21-14, 16-21.

Wang Yi Lyu/Huang Dong Ping sempat menang mudah 21-16, 21-7 atas Supak Jomkoh/Supissara Paewsampran di matchday kedua.

Namun di matchday ketiga, Wang Yi Lyu/Huang Dong Ping kembali tumbang 21-23, 13-21 dari musuh bebuyutannya asal Thailand, Dechapol Puavaranukroh/Sapsiree Taerattanachai.

Baca Juga

Penurunan yang sangat mengejutkan bagi Wang Yi Lyu/Huang Dong Ping, yang tentunya akan sangat rawan bagi keduanya untuk kembali berpasangan di musim depan.

Seandainya hasil buruk tetap terulang, bukan tidak mungkin Wang Yi Lyu/Huang Dong Ping akan cerai permanen dalam perjalanan menuju Olimpiade 2024.

Baca Juga

Karena melansir dari laman Aiyuke pada Sabtu (17/12/22), Wang Yi Lyu/Huang Dong Ping akan benar-benar dicerai dalam turnamen pembuka musim 2023, Indonesia Masters 2023.

Ajang Indonesia Masters 2023 akan dilangsungkan pada 24-29 Januari yang merupakan turnamen bulutangkis Super 500 dengan total hadiah 420 dolar AS.

Diberitakan bahwa Wang Yi Lyu/Huang Dong Ping tidak akan berpasangan di turnamen tersebut. Wang Yi Lyu akan dipasangkan dengan Du Yue, sementara Huang Dong Ping kembali dengan Fen Yanzhe.

Baca Juga

2. Rival Apri/Fadia Cerai, Bagaimana Lee Yang/Wang Chi-lin?

Rival Apriyani/Fadia yakni Zhang Shu Xian/Zheng Yu bakal cerai pada 2023, bagaimana dengan nasib Lee Yang/Wang Chi-lin musim depan?

2. Zhang Shu Xian/Zheng Yu

Masih ingat benar ketika Zhang Shu Xian.Zheng Yu menjadi rival berat bagi pebulutangkis Indonesia, Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti.

Selama empat kali bertemu, Apriyani/Fadia meraih kemenangan 3-1. Namun Zhang Shu Xian/Zheng Yu meraih kemenangan di pertemuan terakhir, yakni fase grup BWF World Tour Finals 2022.

Zhang Shu Xian/Zheng Yu menjadi salah satu ganda putri debutan China yang berhasil pada 2022. Karena baru berpasangan pada German Open 2022 lalu, mereka saat ini bertengger di peringkat tujuh.

Meski prestasi meroket, namun mereka akan bercerai di Indonesia Masters 2023.  Zhang Shu Xian akan berpasangan dengan  Liu Shengshu, sedangkan Zheng Yu akan berpasangan dengan Du Yue.

3. Lee Yang/Wang Chi-lin

Layaknya Wang Yi Lyu/Huang Dong Ping, Lee Yang/Wang Chi-lin juga mengalami kemerosotan performa sejak meraih emas Olimpiade Tokyo 2020.

Baca Juga

Secara statistik, Lee Yang/Wang Chi-lin gagal menembus babak final turnamen bulutangkis yang diikuti pada 2022. Sampai akhirnya mereka bisa ke final Taipei Open 2022.

Namun pada nyatanya mereka kembali gagal di final meskipun sejumlah rival top dunia banyak yang absen di turnamen tersebut.

Baca Juga

Puncak dari rentetan kegagalan itu, Lee Yang/Wang Chi-lin dicerai sementara. Perceraian itu ditenggarai juga lantaran Wang Chi-lin mengalami cedera.

Jadi di tiga turnamen Eropa (Denmark Open, French Open, Hylo Open), Lee Yang bermain ganda putra dengan Lu Chen, sementara di ganda campuran dia dipasangkan dengan Lin Wan Ching.

Hasilnya pun sama-sama tak memuaskan. Bahkan ketika Lee Yang/Wang Chi-lin rujuk di Australian Open 2022, nasib miris masih tak bisa lepas.

Bukan tidak mungkin di musim 2023 mendatang, Lee Yang/Wang Chi-lin akan kembali dicerai jika tidak segera keluar dari nasib apes tersebut. Namun tentunya banyak pula badminton lovers yang menginginkan keduanya tetap bersama.

Baca Juga

Demikian tiga pebulutangkis yang berpotensi cerai pada musim 2023 mendatang, dari Wang Yi Lyu/Huang Dong Ping, Zhang Shu Xian/Zheng Yu, dan Lee Yang /Wang Chi-lin.

Olimpiade Tokyo 2020Wang Yilyu/Huang DongpingBulutangkisBerita BulutangkisLee Yang/Wang Chi-LinZhang Shu Xian/Zheng Yu

Berita Terkini