x

Perkenalkan! United Cup, Turnamen Anyar Pembuka Musim ATP dan WTA 2023

Jumat, 30 Desember 2022 00:21 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Rafael Nadal, salah satu petenis yang berpartisipasi di United Cup 2023. Foto: Al Bello/Getty Images.

INDOSPORT.COM - Jelang jadwal tenis 2023, para penggemar terlebih dulu disuguhi ajang United Cup yang baru pertama diselenggarakan di edisi kali ini.

Apa sih United Cup itu?

United Cup merupakan turnamen tenis internasional yang digelar di lapangan keras luar ruangan dan menyajikan penampilan para pemain dari sektor putra dan putri.

Mereka yang berpartisipasi di ajang ini merupakan pemain-pemain ATP dan WTA yang berlaga di bawah bendera negara.

Turnamen ini pun digelar sebagai ‘pemanasan’ alias pembuka tur ATP dan WTA yang akan bergulir lagi pada bulan Januari mendatang.

Waktu dan Tempat

Berdasarkan jadwal yang telah diumumkan, turnamen United Cup tenis ini diselenggarakan sejak 29 Desember 2022 sampai dengan 8 Januari 2023.

Baca Juga

Meski akan tumpang tindih dengan sejumlah turnamen tenis yang sudah dimulai sejak awal Januari, misalnya Adelaide International, United Cup 2023 tetap menjadi tontonan menarik yang sayang dilewatkan.

Event ini pun digelar di tiga kota di Australia yakni Brisbane, Sydney, dan Perth - yang masing-masing mendapat jatah dua grup untuk dijamu.

Baca Juga

Do you know?

United Cup tenis baru pertama kali diselenggarakan di edisi kali ini (Desember 2022-Januari 2023). Tim-tim yang turut serta pun bersifat mixed-gender yang akan memperebutkan maksimal 500 poin individu.

Di turnamen United Cup 2023 ini, penyelenggara sudah menyiapkan uang hadiah sebesar 15 juta dolar AS atau sekitar Rp234,5 miliar.

Baca Juga

1. Lebih Lanjut tentang United Cup 2023

Rafael Nadal, salah satu petenis yang berpartisipasi di United Cup 2023. Foto: Al Bello/Getty Images.

Nominal 15 juta dolar AS tersebut dibagi rata untuk ATP dan WTA (masing-masing mendapat 7,5 juta). Rincian pembagian kepada pemain pun didasarkan pada tiga elemen.

Tiga elemen tersebut adalah honor partisipasi, kemenangan-kemenangan per tim, dan prize money bagi pemain yang memenangkan pertandingan.

Format Turnamen dan Jadwal

Setiap tim yang sudah dibagi dalam enam grup, akan melakoni pertandingan format round robin pada pekan pertama turnamen.

Format round robin di fase grup United Cup 2023 terdiri dari dua partai tunggal putra, dua tunggal putri, dan satu ganda campuran.

Selanjutnya, pemenang dari masing-masing dua grup akan melaju ke City Final pada Rabu, 4 Januari 2023 untuk menentukan tim mana yang akan melaju ke Final Four.

Baca Juga

Tim keempat yang berhak mendapat jatah di Final Four adalah peraih gelar runner-up City Final dengan rekor terbaik dari tiga pertandingan.

Final Four rencananya bakal bergulir pada Kamis tanggal 5 Januari 2023. Semifinal akan dimainkan selama dua hari pada Jumat 6 Januari dan Sabtu 7 Januari di Sydney.

Baca Juga

Lalu partai final rencananya akan diselenggarakan pada Minggu tanggal 8 Januari 2023 di Sydney.

Para Pemain Bintang di United Cup 2023

Turnamen United Cup 2023 menghadirkan banyak pemain papan atas ATP dan WTA seperti Rafael Nadal, Iga Swiatek, Taylir Fritz, Stefanos Tsitsipas, dan masih banyak lagi.

Di ajang ini, mereka akan bersatu di bawah bendera negara untuk menjadi yang terbaik jelang musim baru tenis yang sudah di depan mata.

Baca Juga

2. Tim-Tim yang Bertanding di United Cup 2023

Rafael Nadal, salah satu petenis yang berpartisipasi di United Cup 2023. Foto: Al Bello/Getty Images.

Unggulan di United Cup 2023: Yunani, Polandia, Amerika Serikat, Spanyol, Italia, dan yang terakhir, Prancis.

Pembagian Grup Berdasarkan Kota

Brisbane

Group B

Polandia, Swiss, Kazakhstan

Grup E

Italia, Brasil, Norwegia

Baca Juga

Sydney

Grup C

Amerika Serikat, Jerman, Republik Ceko

Grup D

Spanyol, Australia, Britania Raya

Baca Juga

Perth

Grup A

Yunani, Belgia, Bulgaria

Grup F

Prancis, Kroasia, Argentina

Baca Juga

Sumber: unitedcup.com

ATPWTATenisBerita Tenis

Berita Terkini