x

Hakim Garis Malaysia Open 2023 Untungkan Tim Tuan Rumah, Rehan/Lisa: Kami Emosi!

Jumat, 13 Januari 2023 09:15 WIB
Penulis: Martini | Editor: Prio Hari Kristanto
Ganda campuran Indonesia, Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati di Malaysia Open 2023. (Foto: PBSI)

INDOSPORT.COM - Hakim garis Malaysia Open 2023 dianggap menguntungkan pasangan Chen Tang Jie/Toh Ee Wei tuan rumah  saat menghadapi Rehan/Lisa.

Sebagaimana diketahui, Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati harus menghadapi ganda Malaysia, Chen Tang Jie/Toh Ee Wei, pada babak 16 besar lalu.

Bermain di Axiata Arena Malaysia, Kamis (12/01/23), Rehan/Lisa akhirnya harus mengakui keunggulan lawan dengan kedudukan akhir 19-21, 16-21.

Padahal, Rehan/Lisa bisa saja bangkit pada babak kedua. Namun, hakim garis seolah berpihak pada tuan rumah dan melakukan penilaian yang keliru atas pendaratan bola.

Setidaknya ada dua momen hakim garis yang keliru, sehingga merugikan Rehan/Lisa.

Baca Juga

Dari cuplikan video itu, nampak Rehan/Lisa sudah menjaga skor 12-13. Nahasnya, bola yang mestinya keluar arena milik Rehan/Lisa, dianggap masuk oleh hakim garis.

Baca Juga

Kemudian, pukulan Rehan yang menyentuh garis tepi, justru dianggap keluar oleh hakim garis, sehingga poin untuk ganda Malaysia.

Lisa melakukan protes pada wasit, tetapi sang pengadil berpihak pada hakim garis. Ia menganggap bola keluar dari arena Jie/Wei.

Tak ada lagi yang bisa dilakukan oleh Rehan/Lisa. Mereka tidak bisa melakukan challenge karena berada di court 4, yang tidak dilengkapi dengan teknologi hawkeye.

Baca Juga

1. Rehan/Lisa Kecewa Hasil Pertandingan

Ganda campuran Indonesia, Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati di Malaysia Open 2023. (Foto: PBSI)

Rehan Naufal Kusharjanto mengaku legawa menerima kekalahannya di Malaysia Open 2023, tetapi ia tetap tidak habis pikir akan keputusan hakim garis yang menyesatkan.

"Tadi sebenarnya di game kedua saat unggul 15-14, pukulan lawan jatuh di luar garis. Tapi dinyatakan masuk hakim garis," ungkap Rehan Naufal usai pertandingan.

"Karena main di lapangan empat, kami tidak bisa meminta challenge. Padahal, saat itu performa kami lagi naik dan semakin percaya diri dan lawan lagi turun."

"Namun karena keputusan itu, konsentrasi kami terganggu. Tidak bisa main tenang, dan sebaliknya lawan bisa bangkit."

"Tetapi ya sudah dilupakan saja. Ini menjadi pelajaran penting bagi kami. Harus menjadi pengalaman ke depan untuk lebih tenang dan jangan terbawa emosi," kata Rehan.

Baca Juga

Demikian pula dengan Lisa Ayu, ia sempat terpancing emosi karena keputusan hakim garis yang tidak adil, seolah berpihak pada ganda tuan rumah di Malaysia Open 2023.

"Tadi saya juga ikut terpengaruh dan sedikit emosi. Bisa kami lihat, pukulan lawan itu keluar. Apalagi saat itu kami lagi mengejar dan enak mainnya," blak-blakan Lisa Ayu.

Baca Juga

"Karena keputusan wasit itu, konsentrasi juga terganggu. Tetapi, apapun keputusan wasit harus dihormati," ungkap atlet putri yang lahir pada 15 Januari 2000 tersebut.

"Ke depannya, kami harus lebih siap lagi. Lawan siapa saja pasti tidak gampang. Kami harus lebih siap dan lebih pintar saja saat di lapangan," pungkas Lisa Ayu Kusumawati.

Selepas kegagalan di Malaysia Open 2023, Rehan/Lisa akan melanjutkan perjuangan di turnamen India Open 2023, lalu Indonesia Masters 2023, dan Thailand Masters 2023.

Baca Juga
BulutangkisMalaysia OpenBerita BulutangkisRehan Naufal KusharjantoRehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu KusumawatiLisa Ayu KusumawatiMalaysia Open 2023

Berita Terkini