x

Baru Hari Perdana, India Open 2023 Sudah Jadi ‘Kuburan’ bagi Pebulu Tangkis Jepang

Selasa, 17 Januari 2023 17:05 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Prio Hari Kristanto
India Open 2023 menunjukkan sisi angkernya di hari perdana di mana 3 dari 5 wakil Jepang yang main hari ini, Selasa (17/01/23) kandas, termasuk Kento Momota.

INDOSPORT.COM – India Open 2023 menunjukkan sisi angkernya di hari perdana. Tiga dari lima wakil Jepang yang main hari ini, Selasa (17/01/23) kandas, termasuk Kento Momota.

Kompetisi BWF World Tour Super 750 berajuk India Open 2023 sudah mulai bergulir hari ini, Selasa 17 Januari 2023.

Terdapat  34 partai pertandingan yang dimainkan pada babak 32 besar hari ini, dengan empat laga di antaranya dimainkan oleh lima pebulu tangkis asal Jepang.

Menurut hasil pertandingan di Tournament Software, empat dari lima wakil Jepang tersebut menelan kekalahan menyakitkan hingga harus angkat koper lebih awal.

Kento Momota jadi pemain Jepang pertama yang merasakan keangkeran India Open 2023. Momota kandas di babak pertama di turnamen yang jadi ajang comeback-nya.

Baca Juga

Mantan tunggal putra nomor satu dunia itu harus mengubur mimpi meraih gelar perdana tahun ini usai kalah di tangan pemain Denmark, Rasmus Gemke.

Bertanding selama 49 menit di court 1 K. D. Jadhav Indoor Hall, Momota keteteran menghadapi Gemke hingga kalah di gim pertama dengan skor 15-21.

Baca Juga

Pada gim kedua, Momota gagal bangkit. Dia justru semakin kesulitan mengatasi serangan rekan senegara Viktor Axelsen hingga kalah telak 11-21.

Kekalahan kedua wakil Jepang di India Open 2023 dialami pasangan ganda putra, Takuro Hoki/Hugo Kobayashi usai kalah dari pasangan Korea Selatan, Kang Min-hyuk/Seo Seung Jae.

Pasangan berjulukan The Daddies Jepang ini harus mengakui keunggulan Kang/Seo dalam duel berdurasi 39 menit lewat dua gim dengan skor akhir 13-21, 18-21.

Baca Juga

1. The Daddies Jepang Dikandaskan Korea, Okuhara Dihajar Marin

Pasangan bulutangkkis Jepang, Takuro Hoki/Yugo Kobayashi

Kekalahan ini juga membuat Hoki/Kobayashi gagal mencatat rapor positif pada awal musim setelah pekan lalu mereka juga terhempas di babak pertama Malaysia Open.

Dua kekalahan beruntun yang dialami Hoki/Kobayashi ini jelas jadi catatan merah sejak gagal mempertahankan posisi nomor 1 dunia tahun lalu.

Pasalnya, Hoki/Kobayashi belum menemukan performa terbaik sejak drama mengudeta ranking 1 dunia hingga akhirnya lengser ke peringkat 4 dunia.

Kekalahan terbaru dialami oleh pemain tunggal putri Nozomi Okuhara. Pemain peringkat 13 dunia tersebut kandas usai dikalahkan pemain Spanyol, Carolina Marin.

Bertanding di court 2 K. D. Jadhav Indoor Hall, Nozomi Okuhara sempat keteteran mengatasi mantan tunggal putri nomor 1 dunia tersebut hingga kalah di set pertama 13-21.

Baca Juga

Di gim kedua, Okuhara merebut dominasi permainan dan mampu unggul  setelah interval. Sayang, Marin bisa mengejar dan membalikkan keadaan sebelum menangi gim kedua 18-21.

Ini menjadi kekalahan cepat kedua yang dialami Nozomi Okuhara pada awal musim 2023. Pekan lalu, Okuhara juga kandas di babak pertama Malaysia Open 2023 usai kalah dari wakil China, Chen Yu Fei.

Wakil bulutangkis Jepang terakhir yang harus pulang lebih awal ialah pasangan ganda campuran Hiroki Midorikawa/Natsu Saito yang kalah dalam duel All Japan babak 32 besar India Masters 2023.

Baca Juga

Hiroki Midorikawa/Natsu Saito dikalahkan rekan senegaranya Yuki Kaneko/Misaki Matsutomo dalam dua set berdurasi 32 menit dengan skor akhir 21-17, 21-7.

Dengan hasil laga perdana babak 32 besar India Open 2023 , Yuki Kaneko/Misaki Matsutomo jadi satu-satunya wakil Jepang pertama yang lolos ke 16 besar turnamen ini.

Jepang sendiri masih memiliki sejumlah wakil yang akan bermain di hari kedua.  Di antaranya, sejumlah unggulan tunggal putra dan putri Kodai Naraoka, Kenta Nishimoto, Akane Yamaguchi, Aya Ohori.

Selain itu ada ganda putra Akira Koga/Taichi Saito, Keichiro Matsui/Yoshinori Takeuchi, ganda putri Rin Iwanaga/Kie Nakanishi, Yuki Fukushima/Sayaka Hirota, Nami Matsuyama/Chiharu Shida. Ada juga sejumlah pasangan ganda campuran, Yuta Watanabe/Arisa Higashino.

Baca Juga

Rekap hasil wakil Jepang di hari pertama babak 32 besar India Open 2023:

Kento Momota vs Rasmus Gemke: 15-21, 11-21.

Takuro Hoki/Hugo Kobayasi vs Kang Min-hyuk/Seo Seung-jae: 13-21, 18-21.

Nozomi Okuhara vs Carolina Marin: 13-21, 18-21

Yuki Kaneko/Misaki Matsutomo vs Hiroki Midorikawa/Natsu Saito, 21-17, 21-7

JepangKento MomotaNozomi OkuharaHasil PertandinganBulutangkisIndia OpenTakuro Hoki/Yugo KobayashiBerita Bulutangkis

Berita Terkini