x

Hasil Indonesia Masters 2023: Rubber Dramatis, Fajar/Rian Dibekuk Wakil China

Jumat, 27 Januari 2023 18:33 WIB
Penulis: Martini | Editor: Prio Hari Kristanto
Hasil pertandingan Indonesia Masters 2023, Fajar Alfian/Rian Ardianto harus kandas di tangan ganda China, Liu Yu Chen/Ou Xuan Yi.

INDOSPORT.COM - Hasil pertandingan Indonesia Masters 2023, Fajar Alfian/Rian Ardianto harus kandas di tangan ganda China, Liu Yu Chen/Ou Xuan Yi.

Bermain di Istora Senayan, Jakarta, Jumat (27/01/23), Fajar Alfian/Rian Ardianto kalah dalam pertarungan rubber game yang dramatis, skor 21-11, 13-21, 23-25.

Game pertama berhasil dibuka oleh Liu Yu Chen/Ou Xuan Yi dengan keunggulan 0-3. Beruntung Rian bisa melayangkan smash keras dan Fajar unggul saat adu drive. Skor 3-4.

Memanfaatkan kesalahan Ou Xuan Yi di depan net, Fajar/Rian berhasil mengimbangi di angka 5-5. Smash menyilang Fajar dan kontrol bola yang baik, Indonesia berbalik unggul 8-6.

Variasi serangan yang baik dari Rian Ardianto, membuat ganda China tidak berkutik. Indonesia mengukuhkan skor 11-6 di interval game pertama.

Baca Juga

Usai turun minum, Fajar/Rian mempertahankan tempo permainan dan wakil Indonesia melesat unggul 14-7 atas Liu Yu Chen/Ou Xuan Yi. 

Dalam sebuah rally panjang, Ou Xuan Yi gagal melakukan backhand smash karena hanya membentur net. Skor beranjak jadi 17-9.

Pengembalian Liu Yu Chen pun gagal menyeberangi net, Fajar/Rian menuntaskan game pertama dengan keunggulan telak 21-11.

Baca Juga

Berbeda dengan game kedua, Fajar/Rian lebih dulu mencuri poin 2-0, tetapi kemudian Liu Yu Chen/Ou Xuan Yi berhasil menyusul di angka 4-4.

Belajar dari kegagalan bermain cepat di game pertama, Liu Yu Chen/Ou Xuan Yi memilih untuk mengajak rally. Langkah itu rupanya efektif, wakil China memimpin 5-9.

Namun, mereka juga tak lepas dari kesalahan. Dua kali gagal mengembalikan bola, kesempatan Fajar/Rian menambah poin. Game kedua mencapai interval 8-11.

Baca Juga

1. Rubber Dramatis, Fajar/Rian Tumbang

Ganda putra Indonesia, Fajar Alfian/Muahammad Rian Ardianto, di Indoensia Masters 2023.

Game kedua berlanjut dengan sengit. Liu Yu Chen/Ou Xuan Yi, masih mendominasi. Apalagi Fajar Alfian/Rian Ardianto mulai kurang bersahabat dengan net. Skor melebar jadi 9-14.

Fajar/Rian akhirnya mengubah strategi, mencegat bola dari depan. Langkah ini efektif untuk mencuri poin, tapi tidak bisa bertahan lama, perlu variasi lain. Skor beranjak 11-15.

Kesalahan individual Rian saat terlalu rendah melayangkan smash, skor menjauh jadi 12-18. Setelah itu, Liu/Ou kembali ke strategi men-delay bola, dan berhasil menang 13-21.

Memasuki babak rubber, Fajar/Rian kembali mengawali laga dengan keunggulan 3-1, tetapi pertahanan Liu/Ou sangat rapat. Kesalahan minor Ou membawa skor jadi 5-2.

Nahas, placing dari Fajar membentur net dan berikutnya bola melebar membuat skor imbang 6-6.

Baca Juga

Kesalahan itu dibayar dengan placing berikutnya yang sangat ciamik dari Fajar. Wakil Indonesia memimpin 9-7. Rotasi yang baik dari Fajar/Rian menjaga keunggulan 10-8.

Setelah memimpin 11-9 di interval game ketiga, Fajar/Rian melihat celah dari Ou Xuan Yi, tetapi dalam situasi rally, duo Indonesia kesulitan rotasi. Skor semakin sengit 13-12.

Baca Juga

Dua kali Fajar/Rian meminta pergantian shuttlecock, tetapi tidak diizinkan oleh wasit. Seolah Dewi Fortuna tak berpihak pada keduanya, senar Fajar terputus. Skor imbang 14-14.

Ketika pasangan Indonesia kembali tersusul 16-16, Rian sempat meminta bantuan medis. Nahas, dua kesalahan beruntun darinya membuat ganda China berbalik unggul 18-19.

Istora bergelora ketika skor deuce 20-20, kemudian 23-23. Nahas, Fajar/Rian dua kali gagal mengembalikan bola. Skor akhir 23-25 untuk kemenangan Liu Yu Chen/Ou Xuan Yi.

Dengan demikian, pasangan ganda putra bulutangkis Fajar/Rian kandas di perempat final Indonesia Masters 2023.

Baca Juga
Indonesia MastersFajar Alfian/Muhammad Rian ArdiantoRian Ardianto/Fajar AlfianMuhammad Rian Ardianto/Fajar AlfianHasil PertandinganBulutangkisBerita BulutangkisIndonesia Masters 2023Indonesian Masters 2023Liu Yuchen/Ou Xuanyi

Berita Terkini