x

Bulutangkis Indonesia Melejit Nyaris Semua Sektor, Media China Cemas Jelang Olimpiade Paris

Sabtu, 11 Februari 2023 19:25 WIB
Penulis: Miranti | Editor: Indra Citra Sena
Jelang Olimpiade Paris 2024, media China dibuat cemas dengan kebangkitan bulutangkis Indonesia, dari Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin dan Gregoria Mariska.

INDOSPORT.COM – Jelang Olimpiade Paris 2024, media China dibuat cemas dengan kebangkitan bulutangkis Indonesia, dari Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin dan Gregoria Mariska.

Diketahui, di kompetisi di awal musim 2023, dalam ajang BWF World Tour, Indonesia menjadi negara pesaing terdekat China dalam tabel perolehan gelar.

Dari Malaysia Open (10-15 Januari), India Open (17-22 Januari), Indonesia Masters (24-29 Januari), dan Thailand Masters (31 Januari-5 Februari), Indonesia sukses meraih empat gelar juara.

Sementara China sukses meraih tujuh gelar juara. Di bawah China dan Indonesia, ada Jepang dengan tiga gelar juara, serta Korea Selatan dan Thailand dengan dua gelar.

Indonesia sendiri hanya lepas target gelar juara di India Open 2023 yang merupakan turnamen bulutangkis Super 750. Saat itu, tidak ada satu pun wakil Indonesia menapaki final.

Baca Juga

Namun di tiga turnamen lainnya, ada wakil Indonesia yang sukses bertahan sampai final, bahkan berujung menaiki podium satu.

Raja ganda putra, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, mempersembahkan gelar juara bagi Indonesia di Malaysia Open 2023. Di final, mereka tekuk pebulutangkis China, Liang Wei Keng/Wang Chang.

Kemudian Jonatan Christie juga sukses merengkuh gelar juara Indonesia Masters 2023 usai mengalahkan kompatriotnya sendiri di final, yakni Chico Aura Dwi Wardoyo.

Baca Juga

Kemudian ganda putra muda Indonesia, Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin menjadi bintang dengan menyumbang dua gelar juara untuk Tanah Air dari Indonesia Masters 2023 dan Thailand Masters 2023.

Gregoria Mariska, meskipun belum meraih gelar juara, namun sejak paruh kedua 2022 hingga awal 2023, penampilannya mengagumkan, termasuk saat menekuk ratu bulutangkis China, Chen Yu Fei dan He Bing Jiao.

Jelang Olimpiade Paris pada Juli 2024 mendatang, media China, Sohu, membuat ulasan kecemasan menghadapi kebangkitan lima sektor bulutangkis Indonesia. Seperti apa?

Baca Juga

1. Media China Singgung Prestasi Indonesia

Media China Singgung Prestasi Indonesia yang ancam Olimpiade Paris 2024.

Dalam headline beritanya pada Rabu (08/02/23), media China Sohu memberikan pujian kepada kekuatan bulutangkis Indonesia hingga berakhirnya kompetisi bulutangkis di Januari 2023.

Selain menyebut Leo Rolly Carnando dan Gregoria Mariska, media China tersebut juga mengagumi kebangkitan Jonatan Christie, Anthony Sinisuka Ginting, dan Apriyani Rahayu/Siti Fadia.

“Sejak awal musim lalu, kekuatan tim Indonesia terus meningkat. Ganda putra mereka masih memiliki keunggulan grup yang kuat,” tulis media Sohu.

“Ganda putra muda mereka, Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin mulai bangkit dengan memenangkan dua kejuaraan di Indonesia Masters dan Thailand Masters,” sambung media Sohu.

“Di tunggal putri, Gregoria Mariska membuat kejutan besar dengan mengalahkan Chen Yu Fei dan He Bingjiao, pemain utama tunggal putri China.”

Baca Juga

“Ganda putri Rahayu/Ramadhanti masih unggul. Tunggal putra Jonatan dan Ginting masih kuat; Mereka telah menjadi alwan utama China dalam siklus Olimpiade Paris,” tulis media Sohu.

Selain memuji melesatnya nyaris semua sektor bulutangkis Indonesia, media China tersebut juga menyoroti kekuatan India dan Korea Selatan yang bangkit perlahan, sementara Jepang terpuruk.

Baca Juga

Sementara China berbangga karena masih mendominasi perolehan gelar, termasuk dengan lahirnya sejumlah jawara dari pasangan baru.

Liang Wei Keng/Wang Chang, walaupun terdepak dari Fajar/Rian di final Malaysia Open 2023, namun capaian mereka sebagai pasangan yang terbentuk musim lalu, sangatlah fantastis.

Kekuatan inilah yang jadi gambaran media China untuk menebak peta persaingan bulutangkis jelang Olimpiade Paris pada Juli 2024 mendatang.

Baca Juga

Sumber: Sohu

IndonesiaOlimpiade 2024Gregoria MariskaBulutangkisLeo Rolly Carnando/Daniel MarthinBerita BulutangkisOlimpiade Paris 2024

Berita Terkini