x

PBSI Maklum Indonesia Kandas di BAMTC 2023, 'Salahkan' Venue Turnamen di Dubai

Sabtu, 18 Februari 2023 07:45 WIB
Penulis: Martini | Editor: Prio Hari Kristanto
Pasangan ganda putri Indonesia Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti di Badminton Asia Mixed Team Championships 2023. (Foto: PBSI)

INDOSPORT.COM - Kabid Binpres PP PBSI, Rionny Mainaky mengaku maklum saat tim Indonesia kandas di ajang Badminton Asia Mixed Team Championships 2023 Dubai.

Fajar Alfian dkk harus kandas di tangan Korea Selatan, pada babak perempat final Badminton Asia Mixed Team Championships 2023, Jumat (17/02/23).

Bermain di Dubai Exhibition Centre, skuad Indonesia awalnya menang lewat tunggal putra, Chico Aura Dwi Wardoyo. Namun setelah itu, Merah Putih kalah tiga kali beruntun.

Indonesia yang sebelumnya menjadi juara Grup C, harus mengakui keunggulan Korea Selatan dengan skor 1-3.

Atas hasil minor tersebut, Kabid Binpres PP PBSI, Rionny Mainaky pun menyampaikan permintaan maafnya kepada masyarakat Indonesia yang telah menantikan gelar.

Baca Juga

"Kami memohon maaf karena belum bisa memberikan prestasi seperti harapan masyarakat Indonesia," kata Rionny Mainaky.

Menurut Rionny, penampilan wakil Indonesia di turnamen Badminton Asia Mixed Team Championships 2023 tidak buruk. Hanya memang belum ada di level terbaiknya.

Baca Juga

"Secara umum, penampilan para pemain sebenarnya sudah baik. Tetapi performanya masing-masing belum yang terbaik. Belum berada di performa puncak," jelasnya.

Selain itu, lokasi pertandingan yang tidak biasa, yakni di Dubai, juga dinilai Rionny memengaruhi performa Apriyani Rahayu dkk.

"Kekalahan ini memang harus diterima. Main di Dubai itu tidak gampang, harus beradaptasi dengan bola, suasana, dan lapangan," sebut Rionny Mainaky lagi.

Baca Juga

1. Evaluasi untuk Piala Sudirman

Tunggal putri Indonesia Putri Kusuma Wardani di Badminton Asia Mixed Team Championships 2023. (Foto: PBSI)

Meski kecewa dengan kekalahan Indonesia di perempat final Badminton Asia Mixed Team Championships 2023, tetapi Rionny Mainaky meminta pemainnya untuk bangkit.

Sebab, ada banyak turnamen di depan mata, termasuk ajang bulutangkis beregu yang formatnya sama seperti BAMTC, yakni Piala Sudirman 2023, pada 14-21 Mei nanti.

"Saya meminta pemain harus lebih fokus lagi. Pelajaran pahit ini harus kita terima."

"Kegagalan hari ini harus menjadi bahan evaluasi. Kita harus belajar dari kegagalan untuk bangkit," lanjut Rionny Mainaky lagi.

"Kita harus bekerja lebih keras, berlatih lebih giat lagi, agar di perebutan Piala Sudirman nanti jangan sampai gagal lagi," tukas salah satu legenda bulutangkis itu.

Baca Juga

Berikut ini adalah rekap hasil pertandingan babak perempat final Badminton Asia Mixed Team Championships 2023, Jumat (17/02/23).

Chico Aura Dwi Wardoyo vs Lee Yun gyu 21-17, 21-16

Putri Kusuma Wardani vs Kim Ga Eun 17-21, 21-14, 12-21

Baca Juga

Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto vs Kim Won Ho vs Na Sung Seung 21-16, 13-21, 16-21

Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti vs Baek Ha Na/Lee So Hee 14-21, 9-21

Catatan: Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari tidak bermain karena Indonesia sudah dipastikan kalah 1-3 dari Korea Selatan.

Baca Juga
Korea SelatanPBSIDubaiRiony MainakyAsia Mixed Team ChampionshipsBulutangkisBerita BulutangkisRionny MainakyBadminton Asia Mixed Team Championship

Berita Terkini