x

Kisah Pitha Haningtyas Nyaris Angkat Kaki dari Pelatnas, Diselamatkan Rinov Rivaldy

Minggu, 26 Februari 2023 11:30 WIB
Penulis: Martini | Editor: Prio Hari Kristanto
Pebulu tangkis Pitha Haningtyas Mentari mengaku nyaris angkat kaki dari Pelatnas PBSI, tetapi tawaran Rinov Rivaldy menyelamatkan kariernya. (Foto: PBSI)

INDOSPORT.COM - Pebulutangkis Pitha Haningtyas Mentari mengaku nyaris angkat kaki dari Pelatnas PBSI. Namun, tawaran Rinov Rivaldy menyelamatkan kariernya.

Sebagaimana diketahui, Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari merupakan pasangan ganda campuran nomor satu di Pelatnas PBSI.

Saat ini Rinov/Pitha menduduki peringkat sembilan dunia. Ini merupakan pencapaian tertinggi bagi pasangan muda berusia 23 tahun tersebut.

Padahal, saat hadir menjadi bintang tamu di program Up Close yang tayang di Usee TV, Pitha Haningtyas Mentari mengaku nyaris menyerah dari Pelatnas dan ingin kuliah.

Alasannya, Pitha yang saat itu menjadi pebulu tangkis ganda putri junior, memiliki prestasi yang stagnan dan tertinggal dari rekan-rekan seumurannya.

Baca Juga

"Setelah AJC (Asian Junior Championship) ada Malaysia, di situ mulai merasa, aku masih bisa bertahan enggak ya? Masih bisa bersaing enggak ya? Karena yang barengan aku prestasinya bagus-bagus."

"Sebelum WJC, sekitar sebulan atau dua bulan, Ayah nanyain, di Pelatnas mau main bulutangkis aja fokus, atau mau sambil kuliah? Karena aku juga sudah lumayan banyak ngeluh," curhat Pitha Haningtyas.

Baca Juga

"Aku bilang, tunggu sampai akhir tahun ini, kalau enggak ada juara, ya sudah tahun depan daftar kuliah," imbuhnya lagi.

Setelah itu, Pitha Haningtyas Mentari mendapat tawaran tak terduga, untuk bermain di sektor ganda campuran.

Meski sempat mengira itu adalah candaan saja, tetapi akhirnya Pitha menerima untuk berpasangan dengan Rinov Rivaldy, debut di ajang World Junior Championship 2017.

Baca Juga

1. Rinov/Pitha Raih Gelar WJC 2017

Pasangan ganda campuran Indonesia Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari di podium Malaysia Open, Minggu (10/07/22). Foto: PBSI

Pitha Haningtyas Mentari curhat bagaimana pertama kali ia berpasangan dengan Rinov Rivaldy, langsung debut di turnamen besar, World Junior Championship (WJC) 2017.

"Partner sama Rinov itu dadakan banget. Rinov lagi di Singapura, ada pertandingan International Series kalau enggak salah," ungkap Pitha dalam program Up Close.

"Dia ngechat WhatsApp, kalau WJC main mixed mau enggak? Aku pikir dia bercanda, akhirnya aku bilang: kalo ada yang mau main sama gue, ayo, boleh aja," ujar Pitha.

Singkat cerita, pasangan Rinov/Pitha akhirnya terbentuk. Namun, saat itu Pitha mengaku masih berlatih bersama tim ganda putri.

Maka dari itu, pasangan Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari memiliki persiapan yang minim jelang World Junior Championship (WJC) 2017 yang dihelat di Yogyakarta.

Baca Juga

"Jadi latihan mungkin kalau ditotalin itu seminggu. Senin sampai Rabu aku latihan di Mixed (ganda campuran), lalu Kamis sampai Sabtu aku di ganda putri," kenang Pitha.

"Kebetulan di WJC aku nggak main beregu, jadi Rinov itu berangkat duluan, karena dia main beregu. Aku nggak ada latihan lagi sampai akhirnya H-1," curhat Pitha lagi.

Baca Juga

Menariknya, meski memiliki persiapan yang minim dan baru dipasangkan, Rinov/Pitha berhasil melenggang ke final WJC 2017.

Di babak final, Rinov/Pitha berhadapan dengan rekan senegara, Rehan Naufal Kusharjanto/Siti Fadia Silva Ramadhanti.

Rinov/Pitha berhasil mengalahkan Rehan/Fadia dengan skor 21-23, 21-15, 21-18. Sejak saat itu, mereka pun dipatenkan sebagai pasangan ganda campuran, hingga kini menjadi yang terbaik di Indonesia.

Baca Juga
PelatnasPelatnas CipayungWorld Junior ChampionshipsRinov RivaldyBWF World Junior Championships 2017BulutangkisRinov Rivaldy/Pitha HaningtyasBerita BulutangkisPitha Haningtyas Mentari

Berita Terkini