x

All England 2023: Persiapan Matang, Timnas Bulutangkis Indonesia Pastikan Tampil All Out

Selasa, 14 Maret 2023 09:20 WIB
Penulis: Miftahul Huda | Editor: Indra Citra Sena
Manajer Tim Bulutangkis Indonesia, Rionny Mainaky

INDOSPORT.COM - Tim Bulutangkis Indonesia menyatakan pihaknya siap tampil lepas di turnamen All England 2023 yang bakal digelar mulai Selasa (14/3/23) hingga Minggu (19/3/23).

Semangat tersebut tak luput dari persiapan matang yang ditunjukkan oleh Gregoria Mariska dkk. saat menjalani sesi latihan. 

Menjajal lapangan pertandingan Utilita Arena Birmingham pada Senin (13/3/23) pagi waktu setempat, Timnas Bulutangkis Indonesia secara bergantian menggunakan dua lapangan yang tersedia. 

Manajer Timnas Bulutangkis Indonesia, Rionny Mainaky menjelaskan bahwa para atlet dalam kondisi prima dan dipastika siap bertanding pada babak pertama All England 2023 di Birmingham, Inggris. 

"Semua sektor secara garis besar sudah bagus. Konsentrasi bagus, pergerakan juga bagus dan yang terpenting mereka dalam kondisi sehat," ungkap Rionny. 

Baca Juga

Lanjut Rionny, para atlet yang diterjunkan sudah sangat hafal dengan karakter arena All England, seperte pergerakan kok yang tidak terlalu cepat. 

Sehingga hal itu dinilai tidak perlu dikhawatirkan, selain itu Rionny mengungkapkan bahwa timnya sudah sangat tampil lepas pada gelaran All England 2023.

Baca Juga

"Seperti tahun-tahun sebelumnya, main di arena ini pasti shuttlecock tidak terlalu kencang jadi perlu kesabaran. Saya melihat anak-anak sudah siap tampil maksimal di pertandingan pertama," tuturnya.

Di lain pihak, wakil ganda putra Indonesia, Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin juga mengatakan hal yang senada. Jawara Daihatsu Indonesia Masters 2023 ini menjanjikan penampilan terbaiknya. 

Pada gelaran All England 2023, pasangan Leo/Daniel memang harus berjuang lebih keras, mengingat ia akan bertemu dengan wakil Malaysia Aaron Chia/Soh Wooi Yik.

Baca Juga

1. Persiapan Leo/Daniel dan Gregoria

Tunggal putri Indonesia, Gregoria Mariska.

Diketahui Aaron Chia/Soh Wooi Yik kini menempati unggulan kedua. Adapun rekor pertemuan juga tak memihak ke Leo/Daniel. Pasalnya, Leo/Daniel tertinggal 0-4 daru juara dunia 2022 tersebut. 

"Kami mencoba bermain maksimal dulu di sini. Optimis pasti mau juara. Semoga diberi kelancaran," ungkap Leo/Daniel. 

Dalam sesi latihan, keduanya sudah mulai mempelajari beberapa kendala yang berpotensi terjadi saat pertandingan dimulai. 

Seperti perubahan arah angin, selain itu keduanya juga sudah menyiapkan strategi khusus untuk menghadapi Aaron/Soh di babak pertama All England.

"Tadi tidak ada kendala di lapangan. Hanya mungkin antisipasi perubahan arah angin saja. Kalau hari ini belum ada angin, tapi tidak tahu besok saat pertandingan dimulai," ujarnya.

Baca Juga

"Lawan Aaron/Soh kami sudah persiapkan sejak latihan di Indonesia, sudah sama-sama tahu juga pola permainannya jadi nanti tinggal penerapan di lapangan."

Hal senada turut diungkapkan oleh wakil Indonesia kategori tunggal putri, Gregoria Mariska yang mengaku persiapannya sudah matang jelang laga pertama. Dia akan menantang wakil Denmark Line Hojmark Kjaersfeldt. 

Baca Juga

"Saya merasa tak ada perubahan yang signifikan dari All England sebelumnya, Kondisi lapangannya kurang lebih sama. Yang berbeda mungkin cuaca sekarang lebih dingin, jadi harus benar-benar maksimal pemanasannya," kata Gregoria.

"Persiapan sudah cukup bagus untuk menjalani babak pertama. Semoaga semua yang diinginkan bisa dikeluarkan dan semoga bisa menang," sambungnya.

Gregoria mengatakan kehadiran Indra Widjaja sebagai pelatih baru di tunggal putri membawa angin segar baginya di All England 2023. 

"Sementara program latihan masih banyak dipegang kak Herli (Djaenudin), tapi kemarin sebelum berangkat koh Indra (Widjaja) banyak kasih masukan dan tambahan-tambahan latihan. Itu sangat positif bagi saya," tutupnya.

Baca Juga
All EnglandGregoria MariskaBulutangkisLeo Rolly Carnando/Daniel MarthinBerita BulutangkisTim Bulutangkis Indonesia

Berita Terkini