x

Usai Putuskan Bela Kroasia, Tunggal Putra Asal Indonesia Ganas Langsung Naik Podium

Selasa, 21 Maret 2023 15:14 WIB
Penulis: Miranti | Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
Putuskan bela Kroasia usai dibuat sakit hati dengan PBSI, tunggal putra asal Indonesia, Aria Dinata, semringah naik podium runner-up di turnamen badminton Kuba.

INDOSPORT.COM – Putuskan bela Kroasia usai dibuat sakit hati dengan PBSI, tunggal putra asal Indonesia, Aria Dinata, semringah naik podium runner-up di turnamen badminton Kuba.

Sebagai informasi, Aria Dinata adalah pebulutangkis tunggal putra bulutangkis asal Indonesia yang lahir di Jakarta pada 12 Juli 2003.

Aria Dinata pernah dilatih khusus oleh mantan peraih medali perunggu Olimpiade Barcelona 1992, Hermawan Susanto, dan istrinya, Sarwendah Kusumawardhani.

Dilatih para tokoh legendaris, Aria Dinata sukses menembus persaingan dunia dengan beragam prestasi seperti juara Singapore Youth International Series 2017 dan  finalis Thailand International Series 2017.

Di antara persaingan tunggal putra Indonesia yang ketat, Aria Dinata membuat  klub Krosia, Hrvatski Badminton Saves, meminangnya beberapa waktu lalu.

Baca Juga

Aria Dinata pun melancong ke Kroasia di bawah bendera Indonesia untuk mengikuti beragam event bulutangkis Internasional.

Di balik menterengnya prestasi, Aria Dinata membuat sebuah curhatan menohok yang dilayangkan untuk PBSI pada November 2022 lalu.

Baca Juga

Saat itu, dia melayangkan kekecewaan pada regulasi PBSI yang dianggap membuatnya kesulitan untuk mendaftarkan beberapa turnamen.

Sedikit banyak karena hal itu, melatarbelakangi keputusan Aria Dinata untuk berpindah membela Kroasia mulai awal tahun 2023.

Curhat tunggal putra Aria Dinata sakit hati dengan PBSI, Sumber: instagram @dinataaria_07.

Terlepas dari panasnya konflik antara PBSI dengan Aria Dinata, atlet berusia 23 tahun tersebut saat ini sedang semringah menikmati kegacoran menaiki podium runner-up di turnamen Kuba.

Baca Juga

1. Naiki Podium Runner-up

Keberhasilan Aria Dinata menaiki podium runner-up.

Melansir laman BWF, Aria Dinata yang mengaku sebagai ‘korban’ regulasi baru PBSI, tercatat baru sekali ikut turnamen bulutangkis pada 2022, yakni Bulgarian International Championship.

Namun usai keputusannya membela Kroasia, per awal musim 2023, Aria Dinata tercatat sudah mengikuti tiga turnamen badminton di musim ini.

Tiga ajang tersebut adalah Yonex Estonian International 2023 (12-15 Januari), Uganda International Challenge 2023 (22-26 Februari), dan Portugal International 2023 (8-12 Maret).

Sayangnya, capaian Aria Dinata di dua turnamen 2023 itu belum terlalu menggembirakan lantaran beum sanggup lolos dari 16 besar.

Namun kini, Aria Dinata memberikan kabar gembira dengan keberhasilannya menembus final XXI Torneo Intermacional de Badminton Giraldilla de La Habana 2023.

Baca Juga

Turnamen bulutangkis di La Habana Kuba tersebut berlangsung pada 14 -19 Maret 2023, dan Aria Dinata berpasangan dengan Filip Spoljarec.

Duet Aria Dinata/Filip Spoljarec kalah dr Koon Fung Kelvin Ho/Samuel O’Brien Ricketts(Inggris/Jamaica) dengan skor akhir 18-21, 21-15, 16-21, sehingga harus puas sebagai runner-up.

Meski harus puas sebagai runner-up, namun ini adalah pencapaian membanggakan bagi Aria Dinata yang sedang merajut mimpi tinggi dalam karirnya sebagai pebulutangkis.

Baca Juga

Dia pun tak segan membagikan momen menggembirakan tersebut melalui instagram pribadinya yang langsung dibanjiri atensi followers.

“Medali pertama di Cuba Future Series 2023,” tulis instagram Aria Dinata pada Senin (20/03/23).

Tunggal putra asal Indonesia yang bela Kroasia sukses jadi runner-up XXI Torneo Intermacional de Badminton Giraldilla de La Habana 2023, Sumber: Instagram @dinataaria_07.

Terdekat, Aria Dinata akan melanjutkan petualangan dengan mengikuti Polish Open 2023 yang berlangsung pada 22-26 Maret.

Baca Juga

Sumber: instagram @dinataaria_07

Baca berita sepakbola dan olahraga lainnya di Google News

KroasiaIndonesiaPBSIBulutangkisBerita Bulutangkis

Berita Terkini