x

Gempar! Ratu Ganda Putri China Eks Rival Greysia/Apriyani Kirim Sinyal Pensiun Muda

Selasa, 4 April 2023 09:23 WIB
Penulis: Miranti | Editor: Nugrahenny Putri Untari
Gempar kabar ratu ganda putri China eks rival Greysia Polli/Apriyani Rahayu, Du Yue, isyaratkan pensiun muda. Foto: VCG/VCG via Getty Images.

INDOSPORT.COM – Gempar kabar ratu ganda putri China eks rival Greysia Polli/Apriyani Rahayu, Du Yue, isyaratkan pensiun muda usai gemilang menembus final Spain Masters 2023.

Pada Minggu (03/04/23), Du Yue, pebulutangkis ganda putri China itu secara resmi mengumumkan kata-kata perpisahan di media sosial weibo miliknya, yang mengerucut pada kekhawatiran dia akan pensiun muda.

“Saya menyaksikan matahari terbit di Bilbao. Tetap berharap di hatimu di matamu, mengejar cahaya, dan berjalan dalam cahaya. Akhir juga merupakan awal,” tulis Du Yue.

Dalam unggahan di weibo-nya, peraih medali perunggu Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2019 itu juga melampirkan total 16 foto yang berisikan momen dia menjalani turnamen di Eropa pada Maret lalu.

Curhatan perpisahan Du Yue usai jadi runner-up Spain Masters 2023, Weibo: Du Yue.

Rekan-rekannya di pelatnas Asosiasi Bulutangkis China (CBA) mengirimkan kata-kata pilu dalam unggahan perpisahan Du Yue usai Spain Masters 2023.

Baca Juga

Mereka di antaranya Xia Yu Ting, Chen Yu Fei, Jia Yi Fan, Huang Yaqiong, Liu Yu Chen, Chen Qing Chen, Wang Zhi Yi, Gao Fang Jie, bahkan legenda bulutangkis Zhao Yun Lei.

“Saya tidak tahu bagaimana mengatakan kata-kata yang bahagia dan mengharukan. Tetapi saya tahu bahwa setiap jalan dalam hidup semuanya benar, tak peduli jalan mana yang kau pilih,” tulis Chen Qing Chen.

Baca Juga

“Tak lagi bisa berjuang bersama. Saya berharap perjalanan yang lebih baik untukmu di masa depan,” tulis partnernya saat ini, He Ji Ting.

“Menjadi bahagia, sehat, kenyang, dan wangi adalah berkah terbaik, dan pasti itu akan menjadi kian baik saat kamu memulainya lagi. Pasti aku akan cemburu melihatmu nanti,” tulis Jia Yi Fan.

“Selamat beristirahat Du Yue! Jagalah makan dan minummu, bersenang-senanglah setiap hari,” tulis Huang Yaqiong untuk eks rival Greysia Polii/Apriyani Rahayu itu.

Baca Juga

1. Benarkah Pensiun?

Benarkah Du Yue pensiun dini? Foto: VCG/VCG via Getty Images.

Du Yue yang lahir pada 15 Februari 1998, pernah menempati ranking lima dunia ganda putri China saat masih berpasangan dengan Li Yinhui. Mereka juga kerap jadi rival sengit juara Olimpiade Tokyo, Greysia Polii/Apriyani Rahayu.

Sayangnya, duet mereka harus berakhir lantaran Li Yinhui harus pensiun dini karena pada pertengahan 2022 lalu karena mengalami masalah jantung.

Du Yue kemudian dipasangkan dengan Li Wen Mei dan menempati ranking 13 dunia. Capaian terbaiknya adalah menyabet perunggu Kejuaraan Asia 2022.

Duet itu lagi-lagi harus  berakhir karena keputusan Asosiasi Bulutangkis China untuk merombak beberapa pasangan di awal musim 2023.

Baca Juga

Du Yue pun dijajal berpasangan dengan Xia Yu Ting, Wang Yilyu, hingga He Ji Ting. Sampai akhirnya di Spain Masters 2023, Du Yue dipasangkan dengan Chen Fanghui di ganda putri dan He Ji Ting di ganda campuran.

Usai lelah berganti pasangan, duet Du Yue/Chen Fang Hui akhirnya bisa lolos ke final sebelum akhirnya dikalahkan kompatriotnya sendiri, Liu Shengsu/Tan Ning dengan skor akhir 8-21, 21-16, 18-21.

Capaian yang tidak buruk. Namun entah mengapa, Du Yue mengumumkan isyarat pensiun usai gemilang di Spain Masters 2023. 

Baca Juga

Tak ada alasan spesifik yang melatar belakangi tulisan pilunya di weibo. Namun seperti yang dikatakan atlet-atlet China di komentar weibo Du Yue, kesehatan dan kebahagiaan adalah hal terpenting saat ini.

Bisa jadi, di usianya ke-25, Du Yue ingin lebih menikmati hidupnya di luar bulutangkis, bidang yang dia sudah tekuni sedari kecil.

Isyarat Du Yue pensiun usai Spain Masters 2023 itu pun juga sedang ramai diberitakan oleh media China dan badminton lovers negaranya. Seperti Aiyuke yang menulis headline, "Pensiun Resmi? Du Yue: Akhir juga Merupakan Awal"

Baca Juga

Sumber: Weibo Du Yue

ChinaGreysia Polii/Apriyani RahayuBulutangkisBerita BulutangkisDu Yue/Li YinhuiAsosiasi Bulutangkis China (CBA)Spain Masters

Berita Terkini