x

Kabar Gembira! Usai Dihantam Cedera, Eks Partner Huang Dongping Comeback di Asian Games

Rabu, 5 April 2023 17:35 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Peraih medali emas Olimpiade, Wang Yilyu, mengumumkan akan ambil bagian di ajang Asian Games 2022 yang digelar tahun ini. Bakal berduet dengan siapa nantinya?.

INDOSPORT.COM – Peraih medali emas Olimpiade dari China, Wang Yilyu, mengumumkan akan ambil bagian di ajang Asian Games 2022 yang digelar tahun ini. Bakal berduet dengan siapa nantinya?

Kabar tersebut diungkapkan oleh sebuah media lokal China, Sohu, menyusul viralnya rumor bahwa pemain ganda putri Du Yue memutuskan pensiun usai jadi juara Spain Masters 2023.

Wang Yilyu dan Du Yue diketahui sempat menjalin kemitraan dengan tampil di ajang Indonesia Masters 2023 untuk pertama kalinya.

Beberapa hari yang lalu, seorang blogger domestik terkenal mengabarkan bahwa Wang Yilyu dan Du Yue akan mundur dari tim nasional. Menurut kabar terbaru, baik Wang Yilyu maupun Du Yue telah resmi menanggapi rumor tentang pensiun,” tulis Sohu.

Masih dari Sohu, Wang Yilyu dalam wawancara terbarunya mengungkapkan saat ini dirinya tengah bersiap untuk kembali beraksi di lapangan.

Baca Juga

Wang Yilyu akan unjuk gigi di ajang Asian Games 2022 yang akan diselenggarakan di Hangzhou pada 23 September 2023 hingga 8 Oktober 2023 mendatang.

Wang Yilyu menyebutkan dalam wawancara terbaru bahwa dia saat ini dalam kondisi pemulihan. Tujuannya adalah untuk mencapai puncak Asian Games berikutnya yang diadakan di Hangzhou,” tulis Sohu.

Asian Games sejatinya dihelat tahun lalu namun China masih fokus pada penanganan kasus COVID-19 yang melonjak di paruh awal 2022, sehingga membuat pesta ini ditunda setahun.

Baca Juga

Meski demikian, masih belum bisa dipastikan dengan siapa nantinya Wang Yilyu akan bermitra di sektor ganda campuran pada acara multi-olahraga empat tahunan tersebut.

Berpasangan dengan Huang Dongping tampaknya semakin tidak mungkin mengingat sang pemain dengan  on fire bersama Feng Yanzhe.

Sementara jika bersama Du Yue, pemain satu ini baru saja mengungkapkan di akun media sosialnya bahwa dia ingin beristirahat selama jangka waktu tertentu.

Baca Juga

1. Asian Games, Comeback Paling Realistis?

Praveen Jordan dan Melati Daeva saat satu podium dengan Wang Yilyu dan Huang Dongping

Mengingat kualifikasi Olimpiade 2024 akan dimulai pada Mei 2023 mendatang, Wang Yilyu dan Du Yue nampaknya tidak mungkin mengejar tiket menuju Paris.

Sohu meyakini Asian Games merupakan target yang realistis bagi Wang Yilyu dan Du Yue mengingat usia mereka sudah dianggap sebagai pebulutangkis veteran di China.  

Saya menemukan bahwa jika saya melewatkan beberapa turnamen berikutnya, race poin Olimpiade yang akan dimulai pada bulan Mei juga akan terpengaruh. Karena itu, harapan mereka untuk mengikuti Olimpiade sudah tipis. Jika prediksi benar, mereka bisa memilih Asian Games sebagai turnamen penutup kariernya,” lanjut Sohu.

Wang Yilyu tercatat terakhir kali tampil di ajang Indonesia Masters 2023. Kala itu, dia menggandeng pemain spesialis ganda putri, Du Yue, dan berhasil mencapai babak perempat final.

Di sisi lain, Huang Dong Ping, yang merupakan pasangan asli Wang Yilyu, sukses di turnamen BWF Super 500 tersebut dengan menjadi juara bersama Feng Yanzhe.

Baca Juga

Lain dengan Huang Dongping,  Wang Yilyu justru terpaksa menepi dari lapangan karena mengalami sehingga dia butuh waktu untuk pemulihan.

Situasi ini berujung akhir dari kemitraan Wang Yilyu dengan Huang Dongping. Diketahui, keduanya pernah berjasa menggondol medali emas ganda campuran Olimpiade Tokyo 2020.

Huang Dong Ping masih menggandeng pasangan barunya, Feng Yanzhe. Mereka melanjutkan kesuksesan dengan menyabet gelar Thailand Masters dan German Open.

Baca Juga

Di sisi lain, Du Yue pernah menempati ranking  lima dunia ganda putri saat berpasangan dengan Li Yinhui. Di ganda campuran, Du Yue berpasangan dengan He Ji Ting dan pernah menempati ranking 13.

Dia dicerai dengan He Ji Ting dan dibongkar pasang dengan sejumlah pasangan. Dari Wang Yilyu, Xia Yu Ting, hingga Cheng Fanghui. 

Harapan ke Olimpiade 2024 pun terasa berat mengingat sejumlah kompatriotnya di pelatnas Asosiasi Bulutangkis China juga punya pencapaian menawan.

Baca Juga

Sumber: Media China, Sohu

Asian GamesChinaOlimpiade Tokyo 2020Wang Yilyu/Huang DongpingBulutangkisBerita Bulutangkis

Berita Terkini