x

BAC 2023: Runtuhkan Peraih Medali Olimpiade, Ana/Tiwi Umbar Kunci ke 8 Besar

Kamis, 27 April 2023 18:11 WIB
Penulis: Miranti | Editor: Indra Citra Sena
Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi umbar kunci ke perempat final BAC 2023 usai pulangkan peraih medali Olimpiade, Kim So-yeong/Kong Hee–yong.

INDOSPORT.COM - Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi umbar kunci ke perempat final BAC 2023 usai pulangkan peraih medali Olimpiade, Kim So-yeong/Kong Hee–yong.

Ana/Tiwi, sukses memberikan kejutan dengan menumbangkan unggulan ketiga asal Korea Selatan, Kim So-yeong/Kong Hee-yong di babak 16 besar Badminton Asia Championships 2023 (BAC).

Bertanding di Sheikh Rashid bin Hamdan Indoor Hall, Dubai, Kamis (27/4/23), Ana/Tiwi, sapaan akrab pebulutangkis Indonesia itu menang dua gim langsung dengan skor akhir 21-16 dan 21-16.

Menghadapi peraih medali perunggu OIimpiade 2020 Tokyo, Ana/Tiwi sungguh tak gentar sejak awal partandingan. Bahkan mereka sempat unggul jauh 12-3.

Meskipun sempat tersusul bahkan skor menjadi imbang 14-14, Ana/Tiwi mampu tampil tenang dan mengamankan gim pertama.

Baca Juga

Memasuki gim kedua, Ana/Tiwi dalam posisi mengejar setelah Kim So-yeong/Kong Hee –yong menunjukkan sinyal kebangkitan.

Namun siapa sangka, Ana/Tiwi yang pantang menyerah, mampu meraih enam poin beruntun dan berhasil berbalik unggul menjadi 12-10.

Baca Juga

Di sisi lain, Kim So-yeong/Kong Hee–yong melakukan beberapa kesalahan sendiri. Hal yang pada akhirnya dimanfaatkan Ana/Tiwi untuk mengunci kemenangan 21-16 di gim kedua.

Usai memastikan diri lolos ke perempat final Badminton Asia Championships 2023 (BAC), Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi mengumbar kunci keberhasilan mereka di lapangan.

“Memang dari sebelum masuk lapangan kami sudah mempersiapkan untuk tidak ikut pola permainan mereka. Kami banyak melakukan variasi tekanan, kadang kencang tapi ada juga memperlambat,” ujar Febriana dalam rilis resmi PBSI.

Baca Juga

1. Tidak Ada Persiapan Istimewa

Ditanya soal persiapan khusus, Ana/Tiwi mengaku tidak ada persiapan khusus saat menghadapi Kim So-yeong/Kong Hee-yong.

Dalam rilis resmi PBSI, Amalia Cahaya Pratiwi menambahkan jika dia dan Febriana sempat terbawa pola permainan lawannya, Kim So-yeong/Kong Hee-yong, utamanya di gim kedua.

Namun ganda putri Indonesia itu kemudian berbenah sampai akhirnya bisa keluar dari tekanan dan mengendalikan permainan.

“Di gim kedua awal kami mulai terbawa pola permainan mereka, kami banyak buang poin dari kesalahan sendiri. Setelah itu, kami coba lebih tenang lagi, membalikkan pola permainan seperti di gim pertama,” Amalia menambahkan.

Ditanya soal persiapan khusus, Ana/Tiwi mengaku tidak ada persiapan khusus saat menghadapi Kim So-yeong/Kong Hee-yong.

“Tidak ada persiapan yang istimewa sih untuk pertandingan ini. Seperti pertandingan yang lain saja tapi semalam saya melihat video pertandingan mereka dan tidur lebih awal saja,” jawab Febriana.

Baca Juga

Sementara secara keseluruhan, Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi mengaku puas dengan penampilan mereka hari ini di Badminton Asia Championships 2023 (BAC).

“Hari ini puas dengan permainan kami tapi harus terus ditingkatkan dan tetap waspada juga fokus untuk pertandingan selanjutnya,” ujar Febriana.

Baca Juga

“Kami tadi bermain lebih lepas, tidak memikirkan beban karena kan lawan juga di atas kami. Alhamdulillah hari ini bisa menang lawan mereka,” sambung Amalia.

Selanjutnya di babak perempat final Badminton Asia Championships 2023 (BAC), Ana/Tiwi akan jumpa wakil Thailand, Jongkolphan Kittitharakul/Rawinda Prajongjai.

“Ini kemenangan yang penting buat kami. Kami merasa di sini permainan kami mulai keluar sepenuhnya. Semoga di pertandingan selanjutnya kami bisa terus konsisten,” tutup Amalia.

Baca Juga

Sumber: PBSI

Badminton Asia ChampionshipsBulutangkisKim So-yeong/Kong Hee-yongBerita BulutangkisFebriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi

Berita Terkini