x

Lolos 8 Besar BAC 2023, Fajar/Rian Tak Mau Gegabah Lengkapi Gelar Super 1000

Jumat, 28 April 2023 09:04 WIB
Penulis: Martini | Editor: Prio Hari Kristanto
Pasangan ganda putra andalan Indonesia, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, memastikan diri lolos delapan besar Badminton Asia Championships 2023. (Foto: PBSI)

INDOSPORT.COM - Pasangan ganda putra andalan Indonesia, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto memastikan diri lolos delapan besar Badminton Asia Championships 2023.

Kepastian ini didapat usai Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto menjegal ganda putra asal Chinese Taipei, Lee Jhe-Huei/Yang Po-Hsuan di babak 16 besar.

Bertanding di Al-Nasr Club, Dubai, Kamis (27/04/23) malam lalu, Fajar/Rian berhasil menang atas ganda Chinese Taipei dua game langsung, dengan skor 21-14, 21-12.

Meski menang mudah, Fajar/Rian mengaku masih banyak evaluasi yang harus mereka perbaiki jika ingin mengejar podium juara Badminton Asia Championships 2023. 

"Pertama-tama, saya mengucap syukur alhamdulillah diberikan kelancaran dalam pertandingan hari ini," ungkap Fajar Alfian.

Baca Juga

"Kami memang menang, tapi masih ada kesalahan-kesalahan yang dibuat dari kami berdua, harus diperbaiki agar pertandingan selanjutnya bisa lebih baik lagi," imbuhnya.

"Saya merasa permainan saya belum betul-betul baik, tadi juga merasa kaki saya kurang cepat, berapa kali ada ketinggalan dengan bola lawan," ungkap ganda putra nomor satu dunia itu.

Baca Juga

Sementara menurut Rian Ardianto, tak hanya mereka yang merasakan tekanan, pasangan Chinese Taipei juga kesulitan beradaptasi dengan situasi di lapangan.

"Kami melihat pasangan Chinese Taipei sulit untuk mengontrol shuttlecock yang agak kencang dan agak susah diatur, jadi mereka banyak melakukan kesalahan-kesalahan sendiri."

Maka dari itu, salah satu faktor yang membuat Fajar/Rian melaju ke perempat final BAC 2023 adalah keberuntungan saja.

Baca Juga

1. Fajar/Rian Mau Konsisten Sampai Olimpiade

Pasangan ganda putra Indonesia, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto lolos perempat final Badminton Asia Championships (BAC) 2023. (Foto: PBSI)

Sebagai pasangan ganda putra nomor satu dunia, Fajar Alfian/M. Rian Ardianto enggan memasang target muluk untuk menjuarai Badminton Asia Championships 2023.

Fajar Alfian/Rian Ardianto sebelumnya memang sudah menjuarai Malaysia Open 2023 dan All England 2023, yang notabene adalah turnamen level Super 1000.

Tetapi tujuan utama mereka bukan gelar juara BAC 2023, melainkan konsistensi saat nanti sudah mulai perhitungan poin menuju Olimpiade Paris 2024.

"Kami tidak memikirkan tentang kemenangan di All England dan Malaysia Open, misalnya harus juara di sini karena di dua turnamen itu sama levelnya dengan di sini, yaitu Super 1000."

"Kami hanya mau bermain bagus dan semoga hasilnya juga bagus," tegas Fajar Alfian, dilansir dari rilis resmi PP PBSI.

Baca Juga

"Kami mau lebih fokus menyiapkan diri sendiri, memperbaiki kekurangan, agar nanti saat mulai Race to Olympics kami sudah siap secara mental, fisik dan lainnya," sahut Rian.

Pada babak perempat final Badminton Asia Championships (BAC) 2023, Fajar/Rian akan menghadapi pasangan asal Malaysia, Ong Yew Sin/Teo Ee Yi, hari ini, Jumat (28/04/23).

Baca Juga

Laga ini akan menjadi pertemuan ke-11 bagi kedua pasangan, sejak tahun 2018 lalu.

Meski Fajar/Rian telah memenangkan tujuh pertemuan atas Ong Yew Sin/Teo Ee Yi, namun mereka masih terus mempelajari gaya bermain pasangan Malaysia tersebut.

"Kami terus mempelajari kekuatan lawan ya, dan pasti mereka juga melakukan hal yang sama," pungkas Rian Ardianto.

Baca Juga
Fajar Alfian/Muhammad Rian ArdiantoRian Ardianto/Fajar AlfianMuhammad Rian Ardianto/Fajar AlfianBadminton Asia ChampionshipsBulutangkisTeo Ee Yi/Ong Yew SinBerita BulutangkisLee Jhe-Huei/Yang Po HsuanLee Jhe-Huei/Yang Po-Hsuan

Berita Terkini