x

Hasil Lengkap Tenis Indonesia di SEA Games 2023: Juara Umum dan Panen Medali!

Minggu, 14 Mei 2023 17:46 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Tenis putri Indonesia saat raih emas SEA Games 2023. Foto: NOC Indonesia.

INDOSPORT.COM - Tim tenis Indonesia mencatatkan hasil yang apik di SEA Games 2023 yakni menjadi juara umum dan meraih medali di seluruh event yang diikuti.

Di SEA Games 2023, cabang olahraga tenis memainkan tujuh event termasuk men’s singles dan doubles serta women’s singles dan doubles.

Lalu tidak ketinggalan pula partai beregu putra dan putri, serta ganda campuran. Hasilnya? Tim tenis Indonesia berhasil tampil dominan dengan tampil di lima final.

Pertandingan tenis di SEA Games 2023 memasuki hari terakhir pelaksanaan pada Minggu (14/05/23). Seperti apa rapor tim Indonesia?

Beregu Putri (Emas)

Tim tenis beregu putri Indonesia berhasil menyumbang medali emas untuk Indonesia usai menekuk Thailand di final pada 9 Mei lalu.

Baca Juga

Priska Madelyn dan Aldila Sutjiadi menjadi wakil di sektor tunggal, sedangkan Beatrice Gumulya/Jessy Rompies di sektor ganda.

Keberhasilan tim beregu putri Indonesia meraih medali emas di cabor tenis ini pun membuka keran medali emas yang sudah tertutup selama 18 tahun.

Baca Juga

"Senang banget sih ya, kita sudah lama banget beregu tim Indonesia enggak pernah dapat emas," kata Jessy Rompies dalam rilis yang diterima INDOSPORT.COM.

"Kali ini bisa dapat emas tuh rasanya bangga banget pastinya. (Medali emas ini) buat Indonesia," tambahnya lagi.

Sebagai informasi, Indonesia terakhir kali meraih medali emas dari tenis beregu putri di SEA Games 2005.

Baca Juga

1. Christopher Rungkat dan Aldila Sutjiadi Emas

Christopher Rungkat/Aldila Sutjiadi kembali raih emas di SEA Games. Foto: Tennis Indonesia/Dwi Ari Setyadi.

Beregu Putra (Perunggu)

Akan tetapi, raihan medali emas beregu putri di SEA Games 2023 yang historis tersebut, sayangnya tidak dibarengi keberhasilan tim putra.

Meski begitu, tim beregu putra Indonesia tetap berhasil menggondol medali, yakni perunggu setelah gagal menahan laju Vietnam di semifinal.

Muhammad Rifqi Fitriadi, Christopher Rungkat, David Agung Susanto, dan Anthony Barki takluk dari Hoang Nam Ly dkk pada 8 Mei.

Ganda Campuran (Emas dan Perunggu)

Pasangan Christopher Rungkat dan Aldila Sutjiadi meraih medali emas di sektor ganda campuran usai menumbangkan lawan dari Thailand, Pruchya Isaro/Peangtarn Plipuech.

Mereka menang lewat tiga set dengan skor 2-6, 6-4, 10-5, pada 13 Mei kemarin. Keberhasilan ini pun menambah panjang catatan positif Christopher/Aldila di ajang SEA Games.

Baca Juga

Sebelumnya, ganda campuran andalan Indonesia di cabor tenis ini juga memenangkan emas di SEA Games 2021 Vietnam.

Saat itu lawan yang dihadapi pun sama, yakni Pruchya Isaro, namun dengan pasangan yang berbeda, Patcharin Cheapchandej.

Sementara itu, sebelumnya pasangan David Agung Susanto/Beatrice Gumulya meraih perunggu usai gagal menjegal Thailand di semifinal.

Baca Juga

Ganda Putri (Perak dan Perunggu)

Tim tenis Indonesia di sektor ganda putri juga berhasil menginjakkan kaki di final, namun sayangnya gagal meraih emas usai takluk di tangan Thailand.

Pasangan Aldila Sutjiadi dan Jesse Rompies harus mengakui keunggulan Luksika Kumkhum/Peangtarn Plipuech lewat dua set 4-6, 6-7.

Pertandingan final ganda putri tenis SEA Games antara Indonesia vs Thailand ini dihelar pada Minggu tanggal 14 Mei. Pada 13 Mei, Beatrice Gumulya/Fitriana Sabrina juga meraih perunggu.

Baca Juga

2. Indonesia Juara Umum

Priska Madelyn Nugroho juga raih medali emas di SEA Games 2023. Foto: Petrus Manus Da'Yerimon/INDOSPORT.

Ganda Putra (Perak)

Tidak berbeda dari ganda putri, tim tenis Indonesia di sektor ini juga meraih medali perak usai takluk dari Filipina pada 13 Mei kemarin.

Christopher Rungkat/Nathan Anthony Barki dikalahkan ganda putra Filipina, Francis Casey Belderol Alcantara/Ruben Antonio Gonzales lewat tiga set.

Tunggal Putri (Emas)

Kabar baik dari cabor tenis kembali dipersembahkan Priska Madelyn yang berhasil meraih emas usai mengalahkan pemain Thailand Lanlana Tararudee, pada 13 Mei.

Keberhasilan Priska Madelyn meraih emas di sektor tunggal putri pun sebanding dengan perjuangan dan jalan terjal yang ia lalui di SEA Games 2023.

Salah satunya adalah cuaca di Kamboja yang panas, hingga membuatnya dan Lanlana Tararudee harus bertanding di bawah paparan matahari yang terik.

Tidak hanya dehidrasi, pemain Thailand juga terlihat lemas saat seremoni pengalungan medali hingga harus mendapat penanganan medis.

Meski begitu, manajer tim Indonesia yakni Suharyadi memastikan bahwa dehidrasi adalah hal yang wajar dalam tenis, dan kondisi Priska Madelyn baik-baik saja.

Tunggal Putra (Emas)

Final tunggal putra tenis SEA Games 2023 menghadirkan Hoang Nam Ly (Vietnam) melawan wakil Indonesia, Muhammad Rifqi Fitriadi, pada 14 Mei.

Indonesia pun berhasil menambah medali emas pada laga pamungkas cabor tenis SEA Games 2023 hari ini.

Dengan demikian, Indonesia menjadi juara umum cabor tenis SEA Games 2023 dengan raihan empat medali emas, dua perak, dan tiga perunggu dari tujuh event yang dipertandingkan.

Sumber: cambodia2023.com

Christopher RungkatAldila SutjiadiTenisPriska Madelyn NugrohoBerita TenisMuhammad Rifqi FitriandiNathan Anthony BarkiSEA Games 2023Christopher Rungkat/Aldila Sutjiadi

Berita Terkini