x

Punya Alasan Mulia, Lee Chong Wei Tolak Pimpin Akademi Bulutangkis Malaysia

Sabtu, 20 Mei 2023 20:40 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Prio Hari Kristanto
Legenda tunggal putra, Lee Chong Wei menolak untuk menjadi CEO Akademi Badminton Malaysia (ABM).

INDOSPORT.COM – Legenda tunggal putra, Lee Chong Wei menolak untuk menjadi CEO Akademi Badminton Malaysia (ABM).

Sebagaimana diketahui sebelumnya Michelle Chai selaku CEO ABM memutuskan mundur dari jabatannya pada Senin (08/05/23).

Keputusan Michelle Chai mundur karena tim beregu putri Malaysia babak belur dan kalah telak 0-3 dari Filipina di SEA Games 2023.

Kekalahan ini tentunya sangat buruk bagi tim beregu putri Malaysia yang terbilang punya reputasi jauh lebih apik ketimbang Filipina di bulutangkis.

Hingga saat ini belum ada yang menempati posisi CEO ABM, tetapi Lee Chong Wei selaku legenda bulutangkis di Negeri Jiran sempat mendapatkan tawaran tersebut.

Baca Juga

Meski demikian, dirinya masih menolak karena belum memikirkan untuk mengganti posisi Michelle Chai untuk menduduki jabatan tersebut.

Meski menolak, tetapi Lee tetap memiliki alasan mulia yakni mengatakan bahwa dirinya akan selalu membantu Asosiasi Bulutangkis Malaysia (BAM) untuk membantu meningkatkan performa para pemain nasional.

Baca Juga

“Bagi saya ini bukan waktunya, Saya melakukan semuanya jika BAM membutuhkan bantuan, maka saya akan membantu,” ucap Lee Chong Wei, dilansir dari Bernama.

Tak hanya itu, Lee juga bahkan mengatakan dirinya hanya mampu melakukannya paruh waktu, tidak bisa menjadi penasihat secara penuh, tetapi diriya akan tetap membantu BAM.

“Jika menjadi paruh waktu sebagai seorang penasihat itu tidak masalah, tapi saya tidak bisa melakukannya secara penuh. Namun apapun itu, saya akan selalu bersama BAM,” tukas Lee Chong Wei.

Baca Juga

1. Michelle Chai Putuskan Resign

Legenda tunggal putra, Lee Chong Wei menolak untuk menjadi CEO Akademi Badminton Malaysia (ABM).

Keputusan Michelle Chai untuk resign dari ABM ialah karena bentuk tanggung jawab atas kinerja loyo yang diperlihatkan tim putri usai kalah 0-3 dari tim kejutan Filipina.

“ABM dapat mengonfirmasi hari ini bahwa sebagai tanggung jawab atas kurangnya hasil baru-baru ini (di SEA Games) yang melibatkan pemain (muda) Malaysia, Michelle Chai, telah mengajukan pengunduran dirinya sebagai Chief Executive Officer ABM.” tulis pernyataan tersebut.

Michelle Chai sendiri juga sempat mengatakan bahwa jajaran pelatih juga harus intropeksi diri selepas hasil buruk di SEA Games 2023.

“Saya bertanggung jawab penuh atas kekalahan ini. Saya pun merasa sakit dengan kekalahan ini, memahami kemarahan dan kekecewaan para penggemar maupun yang bukan penggemar.”

“Jelas jika ada kekurangan, para pemain muda ini masih butuh banyak bimbingan senior. Tapi pertanyaannya, apakah jangan-jangan kami yang kurang baik?”

Baca Juga

“Kami tidak bisa beralasan bahwa pemain kami masih muda. Kalau seperti itu, kami pun bisa saja menggunakannya (alasan) jika menghadapi China atau tim unggulan lainnya,” tegas Michelle Chai

Selain itu, juga terdapat kejutan lainnya yakni ABM mengonfirmasi bahwa direktur berkinerja tinggi Dr.Tim Jones juga telah dibebastugaskan dari jabatannya dengan segera.

Baca Juga

Di sisi lain, bulutangkis Indonesia keluar sebagai juara umum di SEA Games 2023 usai mengemas lima emas, di mana empat emas dari nomor individu dan satu emas lainnya dari beregu putra.

Sisa medali lainnya ialah meraih tiga medali perak dan tiga perunggu. Ini berarti, Indonesia berhasil membawa pulang 11 medali sekaligus di bulutangkis SEA Games.

Baca Juga
Lee Chong WeiAsosiasi Bulutangkis Malaysia (BAM)Berita Bulutangkis

Berita Terkini