x

Hasil Malaysia Masters 2023: Heroik Lawan Prannoy, Adinata Retired Diadang Cedera

Sabtu, 27 Mei 2023 16:59 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Indra Citra Sena
Tunggal putra Indonesa, Christian Adinata, terpaksa retired dan tersingkir dari semifinal Malaysia Masters 2023 usai alami cedera horor saat melawan Prannoy HS. (Foto: PBSI)

INDOSPORT.COM - Tunggal putra Indonesia, Christian Adinata, memutuskan retired, sehingga tersingkir dari Malaysia Masters 2023 usai mengalami cedera horor saat melawan wakil India, Prannoy HS.

Bertanding di Axiata Arena, Sabtu (27/05/23), Christian Adinata ketiban apes di turnamen bulutangkis Malaysia Masters 2023 usai menyatakan retired atau mundur.

Hal ini dikarenakan Christian Adinata mengalami cedera di bagian lutut saat menjalani gim pertama. Alhasil, Adinata memutuskan mundur dengan skor 17-19 yang berdurasi 27 menit.

Hasil ini cukup mengejutkan mengingat Adinata sempat menunjukkan momen kebangkitan setelah sempat tertinggal jauh melawan Prannoy.

Meski demikian, laga ini tetap menarik mengingat Adinata baru berhasil menjebol ranking BWF 40 besar tunggal putra dunia, sedangkan Prannoy HS saat ini menduduki peringkat 9 dunia.

Baca Juga

Di final Malaysia Masters 2023,  HS Prannoy akan bertemu dengan pemenang antara Li Chun-yi (Chinese Taipei) dan Weng Hongyang (China).

Merunut jalannya pertandingan, Christian Adinata bak mesin kurang panas di awal gim pertama. Adinata tertinggal jauh 0-6, 1-8, hingga 4-11 dari Prannoy hingga interval gim.

Baca Juga

Usai turun minum, Adinata mencoba mengeluarkan kemampuannya seperti babak-babak sebelumnya. Namun, Prannoy masih terlalu perkasa untuk dilawan.

Alhasil, setelah berusaha Beberapa kali pukulan Adinata berhasil dimatikan Prannoy hanya dalam sekali percobaan. Kedudukan pun kini masih berjarak 4-12 untuk keunggulan wakil India tersebut.

Christian Adinata berkali-kali dibuat jatuh bangun dengan variasi serangan Prannoy. Meski demikian, beberapa kali smash dan defence mampu menyelamatkan poin krusial.

Baca Juga

1. Christian Adinata Terkapar

Tunggal putra Indonesia, Christian Adinata di Malaysia Master 2023. (Foto: PBSI)

Enam angka beruntun berhasil diperoleh Adinata secara heroik untuk mengejar ketertinggalan. Kedudukan menjadi 10-14 sebelum smash kerasnnya menyangkut net.

Adiata semakin mengejar ketertinggalan dengan beberapa smash keras. Challenge gagal dari Prannoy membuat angka bertambah untuk Adinata menjadi 15-15.

Kejar-kejaran skor berlangsung sengit. Naas, di angka 17-19 untuk keunggulan Prannoy, Adinata mengalami kaki terpelintir saat jumping smash hingga dia mengerang kesakitan.

Tim medis akhirnya didatangkan untuk mengecek kondisi Adinata. Bahkan, Coach Irwanyah sampai turun ke lapangan untuk memastikan kondisi anak didiknya.

Alhasil, Christian Adinata memutuskan retired karena tidak mampu melanjutkan permainan melihat cedera di kakinya cukup parah.

Baca Juga

Adinata juga tampak menangis antara menahan sakit dan menyesal tidak bisa melanjutkan permainan. Dia meninggalkan lapangan dengan bantuan kursi roda.

Seluruh penonton di Axiata Arena memberi tepuk tanga untuk mengapresiasi Adinata atas perjuangan hingga menembus semifinal Malaysia Open 2023.

Baca Juga

Hasil ini membuat Christian Adinata mengubur mimpinya menembus final Malaysia Masters 2023, sementara Prannoy dinyatakan menang dengan skor di gim pertama 17-19.

Dengan demikian, Indonesia baru bisa meloloskan satu wakilnya ke final Malaysia Masters yakni lewat tunggal putri Gregoria Mariska.

Satu harapan Indonesia tersisa di nomor ganda putra, yakni lewat Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin yang akan menantang Man Wei Chong/Kai Wun Tee dari Malaysia.

Baca Juga
Hasil PertandinganBulutangkisBerita BulutangkisChristian AdinataPrannoy Haseena Sunil KumarMalaysia Masters

Berita Terkini