x

Catat Sejarah, Liu/Ou Bikin Fajar/Rian Nyaris Lengser dari Puncak Ranking BWF?

Minggu, 28 Mei 2023 12:23 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Ganda putra China, Liu Yuchen/Ou Xuan Yi berhasil mencatatkan sejarah baru karena bakal menyusul Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto di puncak ranking BWF.

INDOSPORT.COM - Ganda putra China, Liu Yuchen/Ou Xuanyi berhasil mencatatkan sejarah baru karena bakal menyusul Fajar Alfian/Rian Ardianto di puncak ranking BWF.

Meski tak berpartisipasi di ajang Malaysia Masters 2023 yang berlangsung pada 24-28 Mei pekan ini,  nyatanya Liu/Ou mampu mencatatkan sejarah.

Menurut informasi dari Badminton Eropa di Twitter, pasangan China itu bakal naik peringkat ke posisi kedua di ranking BWF.

Hal ini terjadi karena Aaron Chia/Soh Wooi Yik tidak mampu mempertahankan poinnya usai terdepak di perempat final ajang Super 500 tersebut.

Selain itu perubahan ranking ini bakal terjadi jika poin dari Malaysia Masters 2022 tahun lalu di hapus, sehingga posisi Liu Yuchen/Ou Xuanyi yang kini ada di peringkat ketiga naik satu strip ke posisi kedua.

Baca Juga

Liu/Ou akan mengantongi 77.808 poin, selisih sedikit dari Aaron/Wooi Yik yang mengantongi 77.094 poin jika poin pada turnamen Malaysia Masters musim lalu dihapus.

Pencapaian ini pun menjadi sejarah dalam karier Liu/Ou, karena menjadi peringkat tertinggi dalam karier mereka.

Baca Juga

Padahal Liu/Ou baru saja dipasangkan sebagai pemain ganda putra pada 2022, namun mereka berhasil menjadi juara di Indonesia Open, Australian Open hingga BWF World Tour Finals 2022.

Performa tajam Liu/Ou tentu bisa saja menjadi sinyal bahaya bagi ganda putra Indonesia, termasuk Fajar Alfian/Rian Ardianto.

Pasalnya, Liu Yuchen/Ou Xuan Yi akan menyusul Fajar/Rian di posisi teratas ranking BWF.

Baca Juga

1. Liu/Ou Jadi Ancaman Besar Fajar/Rian di Ranking BWF

Pasangan ganda putra Indonesia, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto. (Foto: PBSI)

Sejatinya posisi Fajar Alfian/Rian Ardianto sebagai ganda putra nomor 1 dunia di ranking BWF masih tergolong aman.

Sebab, saat ini Fajar/Rian mengantongi 96.979 poin di posisi puncak, jarak yang cukup jauh dari Liu Yuchen/Ou Xuanyi yang akan meraih 77.808 poin jika poin di Malaysia Masters tahun lalu dihapus.

Meski demikian, Badminton Lovers (BL) menilai bahwa ini adalah tanda bahaya bagi Fajar/Rian di posisi puncak.

Pasalnya, belum ada setahun debut, namun Liu/Ou mampu melesat ke peringkat kedua di ranking mendatang.

Bahkan Liu/Ou juga mampu melengserkan Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan yang kini turun ke posisi keenam, usai tak mengikuti ajang Piala Sudirman 2023.

Baca Juga

Padahal sebelumnya Ahsan/Hendra telah lama menduduki posisi kedua atau pun ketiga dalam beberapa tahun terakhir.

Sebelumnya Fajar/Rian gagal menambah pundi-pundi poinnya usai tersingkir di babak awal Malaysia Masters 2023.

Baca Juga

Saat itu pasangan berjuluk FajRi tersebut kalah dari non unggulan asal Korea, Kang Min Hyuk/Seo Seung Jae di babak pertama

Sementara itu, Fajar/Rian sendiri bakal absen di ajang Thailand Open 2023 yang berlangsung pada 30 Mei hingga 4 Juni pekan depan.

Baca Juga

Sumber: Twitter Badminton Eropa

Fajar Alfian/Muhammad Rian ArdiantoBulutangkisBerita BulutangkisLiu Yu Chen/Ou Xuan YiRanking BWF

Berita Terkini